kumpulan tanaman herbal

Inilah tumbuhan herbal yang bisa menambah stamina

Inilah tumbuhan herbal yang bisa menambah staminakumpulan tanaman herbal

TerSurat.com  Yogyakarta –  Banyak orang yang gemar mengkonsumsi tumbuhan herbal untuk meningkatkan stamina, baik dalam bentuk jamu, teh, maupun obat tradisional. Manakah dari berbagai tumbuhan herbal di Indonesia yang terbukti memperkuat daya tahan tubuh?

Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi COVID-19 harus dilakukan guna mengurangi risiko tertular penyakit ini. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengonsumsi tumbuhan herbal. Dengan mengonsumsi tanaman herbal secara rutin tentunya yang sudah terbukti juga secara ilmiah dapat meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh Anda.

Baca juga: Pentingnya Mengenal Kembali Jenis Obat Tradisional pada Masa Pandemik Covid-19

Pemilihan tanaman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh

  • 3 tumbuhan herbal berikut terbukti mampu meningkatkan stamina agar tidak mudah sakit:

1. Meniran

Meniran atau Phyllanthus niruri telah digunakan sebagai obat tradisional berbagai penyakit di banyak negara. Ada beberapa senyawa kimia, di antaranya phyllanthin dan tanin.

Senyawa tersebut telah terbukti berperan sebagai antioksidan, antimikroba, antidiabetik, dan antikanker, sehingga dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan stamina. Faktanya, penelitian juga menunjukkan bahwa ramuan ini efektif dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan yang lemah.

2. Moringa pergi

Terdapat banyak senyawa dan nutrisi penting dalam daun kelor yang juga efektif untuk meningkatkan kekebalan dan mencegah infeksi, di antaranya adalah flavonoid, antrakuinon, dan vitamin C.Kandungan vitamin C dalam daun kelor bahkan tujuh kali lebih tinggi dibandingkan dengan Jeruk.

3. Kunyit

Baca Juga  Peningkatan imunitas selama puasa Ramadhan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jamu

Pada kunyit mengandung bahan aktif yang disebut kurkumin. Senyawa yang membuat warna kuning alami ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan sistem absorpsi tubuh kita. Selain itu kurkumin juga memiliki khasiat anti inflamasi dan berguna dalam meningkatkan stamina.

Seperti halnya daun meniran dan daun kelor, kunyit juga kaya akan antioksidan yang berguna dalam melawan radikal bebas agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  • Cara lain untuk meningkatkan stamina

Selain dengan mengkonsumsi meniran, daun kelor, dan kunyit, ada beberapa cara untuk meningkatkan stamina:

  1. Olah raga secara teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan stamina Anda. Berolahraga melancarkan peredaran sel darah putih sehingga tubuh dapat mengenali penyakit dengan lebih cepat.

  1. Makan makanan sehat

Untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat, seseorang perlu membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Contoh makanan yang bisa meningkatkan stamina antara lain brokoli, bayam, yogurt, pepaya, kiwi, kerang, dan daging tanpa lemak.

  1. Cukup tidur

Saat tidur, tubuh melepaskan protein yang digunakan untuk melawan infeksi. Makanya, kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan Anda. Jadi sesuaikan pola tidur Anda dengan baik agar kekebalan tubuh Anda tetap terjaga.

  1. Kelola stres dengan baik

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, kadar hormon kortisol yang tinggi bisa menurunkan stamina. Jadi, selalu usahakan untuk mengendalikan stres, seperti bermeditasi atau bersantai saat beban pikiran menumpuk.Gunakan cara-cara di atas agar kesehatan Anda tetap terjaga. Untuk memanfaatkan meniran, daun kelor, dan kunyit dalam meningkatkan stamina, ketiga jamu ini bisa Anda masukkan ke dalam makanan atau makanan yang akan Anda konsumsi.Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen herbal yang tersedia bebas di apotek. Namun, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga  Masih bau mulut walaupun rajin menyikat gigi? 5 faktor penyebab bau mulut tak kunjung hilang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *