kumpulan tanaman herbal

Pentingnya Mengenal Kembali Jenis Obat Tradisional pada Masa Pandemik Covid-19

Pentingnya Mengenal Kembali Jenis Obat Tradisional pada Masa Pandemik Covid-19
kumpulan tanaman herbal

TerSurat.com  Yogyakarta –  Obat tradisional adalah sebuah perpaduan beberapa unsur meliputi ramuan jamu, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dari bahan tersebut yang telah digunakan untuk pengobatan secara turun temurun dan dapat digunakan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Jamu termasuk obat tradisional yang terbuat dari ramuan atau ramuan tumbuhan, hewan atau mineral, serta olahan atau campurannya yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Sediaan galenik merupakan hasil ekstraksi simplisia dari tumbuhan atau hewan.

Baca juga: Peningkatan imunitas selama puasa Ramadhan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jamu

1. Penyebaran obat tradisional:

Obat tradisional dibedakan menjadi tiga kelompok tergantung jenisnya. dan setiap kelompok ditandai dengan simbol yang tertulis di kemasan; yaitu sebagai berikut:

1. herbal

Itu ditandai dengan ikon pohon hijau. Jamu adalah jamu tradisional atau obat tumbuhan tradisional yang disediakan secara tradisional, misalnya dalam bentuk bubuk seduh, pil dan cairan, yang berisi semua bahan jamu penyusun jamu dan yang digunakan secara tradisional.

Obat herbal telah digunakan secara turun-temurun, bahkan mungkin ratusan tahun, dan telah terbukti secara langsung aman dan bermanfaat untuk tujuan kesehatan tertentu. Manfaat jamu adalah untuk kesehatan, misalnya kunyit asam, jahe manis; Menambah nafsu makan, misalnya jahe, nasi kencur.

2. Obat herbal berbasis ilmiah:

Itu ditandai dengan simbol tiga bintang. Produk jamu terstandar adalah produk obat alam yang keamanan dan efektivitasnya telah dibuktikan secara ilmiah melalui uji praklinis dan bahan bakunya telah terstandar. Obat herbal terstandar adalah obat tradisional yang disajikan dari ekstrak atau ekstrak bahan alam berupa tumbuhan obat, hewan, atau mineral. Selain proses produksi dengan teknologi canggih, jenis ini umumnya telah didukung oleh bukti ilmiah berupa kajian praklinis seperti

  • Standar bahan berkhasiat
  • standar pembuatan ekstrak tumbuhan obat
  • standar pembuatan obat tradisional higienis
  • pengujian toksisitas akut dan kronis
Baca Juga  Suka ikan nila? Berikut 4 manfaat konsumsi ikan nila (ikan tilapia)

2. Fitofarmaka (pengobatan herbal klinis)

Itu ditandai dengan simbol seperti embun beku atau salju berwarna hijau. Phyto-Pharmacy adalah sediaan obat dengan bahan alami yang keamanan dan efektivitasnya telah dibuktikan secara ilmiah dalam studi praklinis dan klinis. Bahan baku dan produk jadi distandarisasi. Fitofarmaka adalah salah satu bentuk obat tradisional yang terbuat dari bahan alami, yang dapat disamakan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang terstandarisasi, yang didukung oleh temuan ilmiah dan studi klinis pada manusia. Dengan adanya uji klinis akan semakin meyakinkan bagi profesi kedokteran untuk menggunakan jamu di fasilitas pelayanan kesehatan.

Menghindari hal-hal yang tidak diharapkan dengan memperhatikan informasi tentang obat tradisional, biasanya berupa surat yang memuat keterangan tentang obat tersebut; dan setidaknya harus berisi

  1. Nama produk.
  2. Nama dan alamat pabrik / importir.
  3. Nomor Pendaftaran / Nomor Otorisasi Penjualan.
  4. Nomor batch / kode produksi.
  5. Tanggal kedaluwarsa.
  6. Net.
  7. Komposisi.
  8. Peringatan / Tindakan Pencegahan.
  9. Metode penyimpanan.
  10. Penggunaan dan penggunaan dalam bahasa Indonesia.

3. Tindakan Pencegahan Untuk Menghindari Bahaya Penggunaan Obat Tradisional:

  • Menggunakan obat tradisional yang sudah memiliki nomor izin edar BPOM.
  • Jangan gunakan obat tradisional dengan obat kimia (resep medis).
  • Jika mengonsumsi obat tradisional langsung berefek, patut dicurigai ada bahan tambahan pada bahan kimia obat yang dilarang digunakan pada obat tradisional.
  • Selalu periksa tanggal kedaluwarsa.
  • Kunjungi situs Badan POM (www.pom.go.id) untuk mempelajari lebih lanjut tentang obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat di bagian Peringatan Umum.
  • Perhatikan informasi “Peringatan / Tindakan Pencegahan”. Jangan meminum obat tradisional jika terdapat efek samping yang rawan terhadap kondisi kesehatan Anda.
  • Bacalah aturan pakai sebelum minum jamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *