Jangan terburu-buru, inilah waktu dan jenis olahraga yang baik saat puasa

Jangan terburu-buru, inilah waktu dan jenis olahraga yang baik saat puasa

Yogyakarta, Tersurat.com – Berolahraga saat puasa adalah suatu keharusan bagi semua Muslim yang berperilaku baik. Tanpa alasan, ada beberapa olahraga yang direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan. Beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan saat puasa adalah sebagai berikut.

    Baca Juga : 7 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat yang Lebih Baik Dilakukan Pada Malam Hari

Olahraga ringan Saat Puasa

1.Olahraga jalan cepat
Jalan Cepat adalah olahraga alternatif yang baik karena membantu Anda menyeimbangkan tubuh saat berpuasa. Anda juga bisa melakukan aktivitas ini bersama teman dan kerabat. Saat berpuasa, cukup beraktivitas sekitar 30 menit sehari pada sore hari.

2.Treadmill
Olahraga selama puasa yang memiliki banyak manfaat, membantu metabolisme lebih cepat, dan membantu detoksifikasi tubuh. Sangat menyenangkan menjalankan peralatan olahraga di rumah, jadi Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan aktivitas apapun.

3.Jogging
Jogging dapat memaksimalkan kalori dan meningkatkan endorfin tubuh Anda. Namun, juga sebagai pilih yang intensitasnya ringan untuk mencegah dehidrasi berlebihan. Waktu jogging yang tepat adalah setelah pagi hari atau sebelum berpuasa, dan tubuh Anda masih menyimpan banyak energi.

4.Yoga
Setelah melewati hari yang sibuk, Anda dapat menstabilkan pikiran dan memasok oksigen ke otak Anda. Keuntungan lain dari yoga adalah ketenangan, nyaman, dan membantu membuat perbedaan. Jenis olahraga ini tidak signifikan dan tidak menimbulkan risiko berbahaya. Untuk pengalaman maksimal, pilih kamar yang tenang jauh dari kerepotan.

5.Renang
Selain bersepeda, olahraga lain yang memungkinkan adalah berenang. Berenang sekitar 360 hingga 400 kali selama kurang lebih 30 menit, tergantung jenis olahraga yang dapat membakar kalori dengan baik. Namun, puasa itu sendiri dapat dinonaktifkan dengan hati-hati untuk mencegah air masuk ke mulut, hidung, telinga, dan lubang lainnya.

Baca Juga  Apa itu Olahraga Kardio? Berikut pengertian dan manfaat Olahraga kardio

6.Sepeda
Bersepeda merupakan langkah alternatif yang baik yang bisa dilakukan di pagi hari saat udara masih segar dan menyegarkan. Anda dapat menggunakan semua jenis sepeda yang Anda miliki untuk melakukan jenis olahraga ini. Bersepeda dapat membantu membakar 300-350 kalori selama sekitar 45 menit.

7.Lakukan naik turun tangga
Pada kenyataannya, naik turun tangga menunjukkan bahwa aktivitas tersebut dapat menyebabkan dehidrasi berlebihan jika tidak dilakukan dengan cara yang benar. Namun, jika Anda naik turun selama 10 menit, Anda akan membakar 178 kalori. Ingat, jangan berlebihan ya.

8.Bowling
Andalkan kekuatan tangan Anda adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga. Bowling membantu Anda menjadi lebih rileks dan sehat. Cara ini juga tergolong kegiatan waktu tidak terasa sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Inilah beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan saat puasa. Tidak perlu melakukan olahraga saat puasa, cukup lakukan olahraga simpel ini juga akan membantu Anda untuk tetap sehat kok. Terpenting adalah Anda tetap menjaga kondisi tubuh Anda dengan pola hidup yang sehat.

Waktu terbaik berolahraga

Pada kesempatannya, seorang ahli Fakultas Olahraga Klinis Departemen Ilmu Kedokteran Fisika dan Rehabilitasi Medik di Universitas Padjadjaran mengatakan senam saat puasa sangat baik. Namun, tentunya Anda harus memilih waktu yang tepat setelah fajar, sebelum matahari terbenam, dan sebelum tidur.

Penentuan waktu didasarkan pada kondisi tubuh yang dalam kondisi optimal yaitu kondisi tubuh yang sedang atau akan menerima nutrisi. Jika Anda melihat rasa haus, itu akan digantikan oleh kemampuan tubuh untuk menahan air, yaitu respons renin-angiotensin-aldosteron.

Memilih waktu yang tidak tepat dan berlebihan dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan hipoglikemia (jumlah per pukulan menurun tajam) hingga ambang batas laktat. Untuk mengatasi masalah ini, pilih jenis olahraga yang dapat membakar lemak paling baik.

Baca Juga  Gaya renang manakah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *