Apa itu Kopi Single Origin dan apa bedanya dengan kopi Blend

Apa itu Kopi Single Origin dan apa bedanya dengan kopi Blend ?

Yogyakarta, tersurat.com – Minum kopi bukan hanya tentang jenis dan cara penyeduhannya saja. Belakangan ini, penikmat kopi semakin penasaran dengan asal muasal sebuah produk kopi dan keistimewaannya.

Tidak heran jika kafe dan produsen kopi menanggapi hal ini dengan serius dan menawarkan kopi kepada pelanggan mereka dari satu sumber tertentu. Tapi apa sebenarnya kopi single origin itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, baca ulasan berikut !

Baca Juga : Bisnis di dunia Kopi dengan Modal Minim ? Berikut Daftarnya

Mengenal Kopi Single Origin

Pengertian Kopi Single Origin dan apa bedanya dengan Kopi Blend ?

Sebelum berbicara tentang kopi single origin, perlu Kamu ketahui bahwa produk kopi secara garis besar dibagi menjadi dua area yaitu kopi blend dan kopi single origin. Seperti namanya, produk kopi blend dibuat dengan cara memadukan berbagai jenis biji kopi. Tujuan utamanya adalah, antara lain, untuk menciptakan profil tubuh dan rasa tertentu pada produk akhir kopi sesuai dengan yang diinginkan.

Bagi penikmat kopi yang lebih penasaran dengan budaya tertentu, Kopi Single origin bisa menjadi sebuah jawaban. Berbeda dengan kopi blend atau kopi campuran, Kopi Single origin hanya berasal dari satu sumber. Sumber dalam hal ini bisa jadi daerah yang sama, perkebunan kopi yang sama atau bahkan panen yang sama!

Minat akan Single Origin yang Mulai Tumbuh Bersama The Third Wave of Coffee

Di awal artikel, Kamu sudah punya gambaran kenapa penikmat kopi ditawarkan Single Origin. Namun tahukah Kamu bahwa budaya minum kopi seolah terbagi menjadi tiga gelombang? Nah, popularitas kopi dengan asal muasal lahir dengan berlalunya gelombang ketiga.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengontrol Emosi Agar Tidak Melukai Diri Sendiri

Pada 1960-an, gelombang pertama dimulai dengan peningkatan minat yang dramatis pada kopi. Hal ini juga memicu gelombang kedua dimana produsen kopi merespon minat tersebut dengan memproduksi kopi dalam jumlah besar.

Tapi sekarang gelombang ketiga sudah berlangsung. Pecinta kopi tidak hanya tertarik dengan jenis kopi yang mereka minum. Mereka juga ingin mengetahui lebih banyak tentang dari mana biji kopi tersebut berasal. Dengan cara ini Kamu mendapatkan gambaran tentang budaya ngopi di daerah asal kopi.

Single Origin Coffee memiliki rasa yang konsisten

Selain itu biji kopi memiliki rasa yang seragam disetiap kemasannya karena hanya berasal dari satu sumber. Alasannya, rasa kopi bergantung pada berbagai faktor, seperti kualitas tanah dan cara menanam kopi. Dengan metode dan asal yang sama, penikmat kopi tidak perlu khawatir kopinya akan berbeda dari sebelumnya.

Kopi Single Origin di Indonesia

Menurut Organisasi Kopi Internasional, Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Dari tahun 2016 hingga 2017, Indonesia menduduki peringkat ke-4 dalam daftar negara penghasil kopi dan peringkat ke-4 dalam daftar negara pengekspor kopi. Produksi kopi ini tidak hanya dinikmati masyarakat Indonesia sendiri tetapi juga diekspor ke hampir seluruh negara yang ada di berbagai penjuru dunia.

Jika tidak ingin melewatkan cita rasa kopi lokalnya, Kamu bisa mendapatkannya dari kopi single origin asli Indonesia. Beberapa contohnya adalah kopi Malabar dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kopi Gayo dari Aceh, kopi Toraja dari Sulawesi Selatan, kopi Mandailing dari Sumatera Utara dan masih banyak jenis lainnya.

Itu tadi ulasan tentang kopi dengan asal muasal yang perlu Kamu ketahui. Pada dasarnya menikmati kopi dari satu sumber merupakan cara untuk mengenal dan mengapresiasi budaya asal biji kopi tersebut.

Baca Juga  Jangan di larang, Atur Waktu yang baik Bermain Hp Untuk anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *