Bisnis di dunia Kopi dengan Modal Minim, Berikut Daftarnya

Bisnis di dunia Kopi dengan Modal Minim ? Berikut Daftarnya

Yogyakarta, Tersurat.com – Kopi tidak hanya sebatas minuman nikmat yang akhirnya menjadi hobi. Kini banyak penikmat kopi yang menjadikan hobinya untuk menambah penghasilan.

Bagaimana bisa? Tentu saja saya bisa. Banyak orang sukses memulai bisnisnya melalui hobi. Dengan maraknya industri kopi belakangan ini, banyak yang awalnya hanyalah peminum kopi yang sudah lama tertarik untuk menjalankan bisnis di dunia kopi.

Sayangnya, sebelum perang banyak yang merasa kalah karena tersandung modal besar. Sekalipun Kamu tahu bahwa tidak hanya harus mengeluarkan banyak modal untuk memulai bisnis di dunia kopi, tetapi Kamu juga harus berhati-hati untuk melihat peluang.

Ingin mengenal ide bisnis di dunia kopi tanpa modal yang menguras kantong Kamu? Berikut adalah beberapa Ide usaha kopi

Baca Juga : Perbedaan mendasar antara kopi arabika & robusta

Ide Usaha di dunia Kopi

Bisnis Cold Brew

Kamu bisa memanfaatkan trend cold brew atau cold brew coffee dengan membuat merek minuman dingin Anda sendiri. Kamu tidak membutuhkan kedai kopi atau kedai kopi besar. Yang Kamu butuhkan hanyalah pengetahuan tentang cara menjual melalui media sosial yang terbukti sangatlah efektif.Modalnya? Yang Kamu butuhkan hanyalah cold brewer yang harganya antara dua ratus ribu (seperti teko kopi Hario Mizudashi) dan jutaan (Dutch Lab).

Ada beberapa alat pembuat cold brew atau cold drip yang bisa Kamu pilih sesuai kantong dan kebutuhan. Beberapa pemili bisnis cold brew bahkan menggunakan tuang manual brewery untuk meracik kopi mereka. Selain menggunakan alat pembuatan bir, Kamu juga perlu bereksperimen dengan beberapa biji kopi yang cocok dengan merek minuman dingin Kamu.

Baca Juga  Untuk pelanggan setia, ketahui 5 cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan

Dalam hal ini, disarankan untuk bertanya kepada ahlinya. Jangan lupa memikirkan botol dan kemasan yang menarik agar orang semakin menarik untuk membeli. Bagaimana? Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal kan.

Penjual biji kopi

Untuk bisnis yang satu ini sangat mungkin tidak mengeluarkan modal sedikitpun. Yang Kamu butuhkan hanyalah koneksi ke roaster, pabrik kopi, dan petani kopi. Apa yang kamu butuhkan? Yang Kamu butuhkan hanyalah menjual biji kopi kembali ke orang yang berbeda (baik kedai kopi atau individu) dari mereka.

Tentunya, Kamu akan mendapat untung besar karena Kamu akan membeli benih dengan harga lebih rendah daripada langsung. Sebelum menjual, Kamu hanya perlu memilih benih mana yang terbaik dan paling laku. Jika memungkinkan, Kamu cukup mengganti nama biji kopi tersebut dengan merek Kamu sendiri. Dengan cara ini tentunya Kamu dapat dengan mudah melakukan jual beli biji kopi dengan modal kecil.

Kedai kopi manual

Meski sederhana, bukan berarti kafe yang akan Kamu bangun berkualitas buruk. Kedai kopi bukan hanya tentang mesin espresso mahal, sofa mewah, dan tempat mewah dengan ratusan juta rupiah di ibu kota. Jika Kamu memang berniat untuk membuat kedai kopi, kamu bisa membuatnya dengan alat seduh manual. Yang jelas semua kebutuhan alat tidak akan membuat kamu mengeluarkan modal yang besar.

Untuk membuat espresso, Kamu bisa membeli Rok Presso atau Bellman sebagai penggantinya. Tidak membutuhkan listrik, bukan? Juga sediakan full manual brew seperti V60, Chemex, Aeropress dan lain-lain. Kamu juga tidak perlu menjual menu berat, karena kafe Kamu memang didedikasikan untuk menu kopi seperti kedai kopi khusus. Lihat? Siapa bilang membangun kedai kopi selalu mahal?

Baca Juga  Tips Dan Resep Jualan Takoyaki Anti Gagal

Coffee Truk

Gerobak kopi atau lebih kerennya disebut coffee truck nampaknya masih langka di Indonesia. Di luar negeri sendiri (terutama di Eropa, Amerika dan Australia) ini adalah hal yang lumrah. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal minim. Tentukan dulu menu kopi yang ingin dijual, apakah hanya cold brew atau minuman kopi panas lainnya.

Setelah Kamu tentukan, saatnya membangun gerobak yang bisa dikendarai dengan sepeda motor atau sepeda. Buatlah desain semenarik mungkin dan terlihat mencolok dari kejauhan. Bisnis gerobak kopi dipastikan akan sangat diminati karena masih sedikit pelaku usahanya. Yang pasti agar bisnis coffee truck kamu sukses, kamu harus pintar dalam melayani konsumen.

Nah itu lah beberapa contoh Usaha di bidang kopi dengan modal minim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *