koleksi tanaman hias

6 Tanaman Hias Langka dan Menarik untuk Dikoleksi

6 Tanaman Hias Langka dan Menarik untuk Dikoleksikoleksi tanaman hias

TerSurat.com Yogyakarta  Mengoleksi tanaman hias masih menjadi tren saat ini, bahkan banyak pedagang tanaman hias pinggir jalan yang memamerkan koleksi tanamannya.

Baca Juga : 5 tanaman hias terlaris di pasar lokal dan internasional

Tanaman yang dijual juga beragam. Jenis dan harga bisa berkisar hingga jutaan rupiah, bahkan tanaman langka pun jarang ditemukan. Berikut 10 tanaman hias langka yang jarang Anda temui yang dirangkum oleh Rural Sprout:

  • Panen kantong pertama

Tanaman karnivora asal Filipina ini juga dikenal sebagai tanaman kantong semar pemakan serangga. Mereka memiliki perangkap berbentuk lubang memanjang yang menjuntai dari tanaman merambat yang menempel di daun hijau mereka.

Jika serangga tidak sengaja hinggap di tanaman kantong semar, ia nantinya akan tenggelam dalam cairan di kantong kantong semar. Kemudian serangga dicerna oleh enzim.

Merawat tanaman Picther atau semarbag cukup sederhana, mendapatkan banyak sinar matahari dan menjaga kelembaban tetap terjaga. Karena tanaman ini menyerap nutrisinya sendiri, gunakan tanah ringan yaitu setengah lumut sphagnum dan setengah perlit.

Simpan tanaman ini di luar di musim panas. Namun, saat musim dingin tiba, biarkan dia di dalam rumah dan beri dia makan setiap bulan. jangkrik hidup, cacing atau pelet ikan.

  • Tanaman ikan mas / Columnea gloriosa

Tanaman hias langka berikutnya adalah Columnea gloriosa. Tanaman yang meliliki daunnya berwarna hijau tua ini merambat dan menjuntai. Disebut tanaman ikan mas karena memiliki bunga berwarna jingga yang menyerupai ikan mas kecil.

Baca Juga  Manfaat tanaman hias yang sangat jarang diketahui oleh publik

Columnea gloriosa berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Tanaman ini menyukai sinar matahari langsung dan suhu lembab. Karena sifat epifitnya, tanaman ikan mas sangat cocok untuk tanah kasar dan lumut sphagnum.

  • Mangkuk lavender / Kalanchoe fedtschenkoi compacta

Tanaman ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Bryophyllum fedteschenkoi. Kerang lavender karena daunnya yang tegak maka disebut tanaman langka, berdaging, berwarna krem ​​dan hijau, dan ujungnya yang bergigi.

Tanaman hias langka ini memiliki karakter daun yang menarik. Daunnya menjadi merah jika terkena sinar matahari langsung.

  • Gurun Mawar 

Adenium obesum adalah sejenis tanaman sukulen yang berasal dari Afrika dan dikenal sebagai mawar gurun. Dengan batang tegak, daun hijau kasar, dan bunga berbentuk tabung, mawar gurun dapat dipangkas dengan gaya bonsai.

Mawar gurun sangat mudah dirawat, membutuhkan sedikit air dan banyak sinar matahari.

  • Madagascar Palm / Pachypodium Lamerei

Meski tampak seperti persilangan antara pohon palem dan kaktus, palem Madagaskar sebenarnya merupakan jenis tanaman sukulen dalam keluarga dogbane.

Telapak tangan Madagaskar tumbuh dengan batang berduri berwarna keperakan dan dapat tumbuh setinggi 20 kaki di alam liar. Namun, tanaman akan kerdil jika dirawat di dalam ruangan.

Merawat tanaman palem Madagaskar terdiri dari memaparkannya ke sinar matahari langsung dan sedikit air. Gunakan tanah yang dikeringkan dengan baik seperti tanah kaktus dan beri pupuk dengan formula nitrogen rendah setiap lima minggu.

  • Echinopsis / Echinopsis calochlora

Echinopis calochlora tumbuh di tanah berbatu di Amerika Selatan. Tanaman ini membutuhkan tanah liat ringan yang dilapisi dengan kerikil atau cangkang yang dihancurkan.

Seperti tanaman kaktus lainnya, Anda perlu memaparkan tanaman ini ke sinar matahari langsung dan air.

Baca Juga  Menjual sayuran hidroponik tidaklah sulit, Begini caranya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *