koleksi tanaman hias

Tidur sering di gigit nyamuk? tenang ada 10 Tanaman hias yang  tidak di sukai nyamuk loh

Tidur sering di gigit nyamuk? tenang ada 10 Tanaman hias yang  tidak di sukai nyamuk lohkoleksi tanaman hias

Nyamuk merupakan serangga yang sering mengganggu manusia. Serangga ini dapat menularkan penyakit berbahaya seperti malaria dan demam berdarah.

Untuk menghilangkannya secara alami, Anda bisa mencoba meletakkan tanaman indoor pengusir serangga. Tanaman ini memancarkan aroma khas yang dapat mengusir nyamuk.

Baca juga: Tahukah kalian 5 tanaman hias yang bisa dicangkok

Berikut 10 tanaman yang tidak disukai nyamuk yang cocok untuk teras rumah Anda.

  1. Lavender

Banyak produk berbahan lavender digunakan sebagai pengusir nyamuk. Mungkin sebagian dari kita menyukai aroma lavender, baik itu dari lotion atau semprotan pengusir serangga.

Di sisi lain, nyamuk tidak menyukai bau tanaman lavender. Makanya, Anda bisa menanam lavender atau meletakkannya di halaman atau jendela rumah untuk mengusir nyamuk dan menjadikannya sebagai hiasan.

  1. Bunga kotoran ayam

Mungkin tanaman ini asing di telinga Anda, namun faktanya tanaman marigold atau bunga kotoran ayam sangat efektif untuk mengusir nyamuk karena memiliki bau yang khas.

Marigold mengandung pyrethrum, senyawa yang digunakan dalam banyak pengusir serangga. Tanaman ini menyukai sinar matahari dan tanah yang subur.

Marigold memiliki bunga kuning cerah yang indah saat mekar. Selain mengusir nyamuk, bunga kotoran ayam juga bisa mengusir serangga pemburu tanaman tomat.

  1. Sereh

Serai atau yang lebih dikenal dengan daun serai merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan untuk mencium bau makanan.

Namun, Anda harus tahu bahwa serai mengandung serai yang tidak disukai nyamuk. Anda bisa menanamnya dalam pot di taman.

  1. Catnip

Catnip, atau lebih sering disebut catnip, sangat populer atau dapat menarik perhatian kucing dan kupu-kupu. Kucing suka menggosok dan berguling-guling di sekitar tanaman ini.

Baca Juga  3 Manfaat Luar Biasa Angkak, Beras Merah Buatan China

Catnip tidak hanya aman, tetapi juga mengandung nepetalakton, yang efektif mengusir nyamuk dan serangga.

  1. Tanaman kemangi

Basil atau kemangi merupakan tanaman yang digunakan sebagai bumbu penyegar dari daun, bunga, dan bijinya.

Aroma daun kemangi cukup kuat bagi serangga untuk mengusir gangster dari nyamuk, lalat, dan kecoak.

Jadi Anda bisa menanamnya di pot berukuran kecil atau sedang dan meletakkannya di taman Anda atau di sudut rumah Anda untuk mengendalikan populasi nyamuk.

 

  1. Geranium

Geranium termasuk tanaman atau semak abadi dari keluarga Geraniaceae. Geranium memiliki aroma yang mirip dengan lemon dan serai, membuatnya menjadi minyak untuk wewangian, sabun, dan salep.

Selain itu aromanya yang kuat sangat tidak sedap bagi nyamuk.

Manfaat lain dari menanam geranium adalah bentuknya yang indah dan tersedia dalam berbagai warna seperti putih, merah muda, merah, dan ungu, membuatnya cocok untuk dekorasi rumah.

  1. Peppermint

Tanaman selanjutnya yang tidak disukai nyamuk adalah peppermint. Aroma tanaman ini dapat mengusir nyamuk secara signifikan dibandingkan dengan bau kimianya yang menyengat.

Selain itu, larutan minyak peppermint dapat membunuh larva nyamuk dalam waktu 24 jam setelah terpapar larutan tersebut.

  1. Zodia

Dalam bahasa ilmiah, Zodia disebut dengan Evodia suaveolens. Tanaman ini telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua sebagai obat nyamuk dan serangga.

Tanaman zodia mengeluarkan aroma khas saat daunnya bergesekan satu sama lain. Bau yang berasal dari usapan daun ini bisa mengusir nyamuk.

Selain itu, masyarakat Papua menggosokkan daun ini ke seluruh tubuh agar tercium seperti zodi dan mencegah digigit nyamuk.

Zodia adalah tumbuhan endemik Papua, tapi sekarang sudah dibudidayakan jadi kita sudah mulai menemukannya di berbagai tempat.

  1. Kecombrang
Baca Juga  7 tipsnya agar tetap semangat dan sehat saat berpuasa

kecombrang atau kincung merupakan salah satu tanaman yang sangat di benci oleh nyamuk. Sama seperti tanaman pengusir nyamuk lainnya, kecombrang memiliki bau yang tidak disukai nyamuk, terutama nyamuk demam berdarah.

Di daerah beriklim tropis, bunga Kecombrang ini tumbuh sepanjang tahun. Kecombrang digunakan tidak hanya sebagai lotion anti nyamuk, tetapi juga sebagai kreasi menu khas Indonesia.

  1. Rosemary

Tanaman terakhir yang tidak disukai nyamuk adalah rosemary. Anda juga bisa membawa rosemary ke api atau kompor untuk mengeluarkan aromanya.

Selain tanaman hias yang menarik Tanaman ini juga tergolong sebagai tanaman herba beraroma kayu yang menyejukan .  Anda bisa memotongnya menjadi berbagai macam bentuk sebagai hiasan yang bagus.

Anda juga bisa menggunakan rosemary sebagai agen penyedap rasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *