koleksi tanaman hias

Jika Anda ingin memulai hobi merawat tanaman hias, ini adalah panduan pemula

Jika Anda ingin memulai hobi merawat tanaman hias, ini adalah panduan pemulakoleksi tanaman hias

TerSurat.com Yogyakarta Perlu diketahui bahwa merawat tanaman hias berbeda dengan merawat tanaman lainnya. Agar tanaman hias bisa tumbuh subur dan indah Diperlukan beberapa teknik dan pengetahuan tentang tanaman tersebut.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Yang Populer Dengan Harga Fantastis

Di bawah ini adalah beberapa tips dan dasar tentang menanam tanaman hias untuk pemula.

1. Pilih jenis tanaman hias yang sesuai dengan trend

Jenis tanaman memiliki banyak ragam dan jenis, dan tidak semuanya sedang tren. Ada baiknya melihat kembali tren saat ini. Hal ini penting terutama bagi Anda yang ingin menjadikan tanaman hias sebagai bisnis. Pilih jenis tanaman hias sesuai trend yang ada. Pasalnya, permintaan dan harga jual akan sangat mempengaruhi kebutuhan pasar di kawasan ini.

Maka dari itu, mulailah belajar dan belajar tentang berbagai jenis tanaman hias yang digandrungi banyak orang. Jika tidak ingin mengikuti trend, Anda juga bisa memilih tanaman hias timeless yang memiliki daya tarik yang langgeng. Misalnya sukulen dan tanaman taman.

2. Pilih jenis tanaman hias yang sesuai dengan kebutuhan sinar matahari

Tanaman hias merupakan jenis tumbuhan yang sensitif. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti jumlah cahaya, kelembapan, dan penempatan tanaman hias. Seperti halnya menanam tanaman lain, tanaman hias juga membutuhkan sinar matahari. Namun, kebutuhan setiap tanaman akan sinar matahari juga berbeda-beda, ada yang suka keteduhan dan ada yang suka berjemur. Anda juga perlu memahami kondisi paparan sinar matahari di rumah sebelum memilih tanaman hias. Sesuaikan kebutuhan sinar matahari dengan “Capture” yang tersedia di rumah. Cahaya redup

Intensitas cahaya rendah biasanya identik dengan tempat-tempat di mana terdapat lebih sedikit sinar matahari, apartemen atau rumah desa yang dikelilingi gedung-gedung tinggi. Ada beberapa jenis tanaman hias yang cocok ditanam pada kondisi minim cahaya, seperti tanaman hias seperti bambu, lily perdamaian, dan tanaman laba-laba.

  • Cahaya sedang

Jika rumah Anda memiliki pencahayaan sedang maka tanaman hias yang bisa ditanam adalah tanaman Begonia, Alocasia, hingga Wijaya Kusuma. Untuk tanaman hias ini cara menanam yang paling cocok karena suhunya tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

 

  • Cahaya terang

Nah, kategori tanaman yang membutuhkan cahaya terang ini memiliki kelebihan tersendiri karena banyak tanaman hias yang betah dan mendapat sinar matahari yang cukup.

Tanaman hias bisa Anda tanam dengan menggunakan jenis yang sedang tren yaitu succulents seperti kaktus, asparagus pakis, dan pohon ara.

3. Pilih wadah tanaman hias yang cocok

Tanaman hias memang identik dengan dekorasi yang berbeda-beda, mulai dari tanaman hingga wadah yang dimilikinya. Tak heran jika pot atau mug menjadi pilihan unik.

dengan memilih wadah yang sesuai dengan ciri tanaman merupakan salah satu  cara menanam tanaman hias yang tepat. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil, sesuaikan propertinya. Ini mempengaruhi kelembaban dan pertumbuhan akar tanaman. Pot yang terlalu kecil akan menghambat pertumbuhan akar dan jika kokoh akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

4. Kontrol Manajemen Pemeliharaan yang Licin

Saat merawat tanaman hias, sirami dan pupuk, dengan hati-hati mengganti tanah. Lakukan penyiraman secara rutin minimal dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Selain itu, gunakan air bersih untuk menuangkan bagian tanaman pada daun dan “memandikan” dari debu kotor ke bakteri. Kemudian lakukan pemupukan yang memadai. Pupuk berperan sebagai nutrisi tambahan, vitamin dan penunjang pertumbuhan bagi tanaman. Lakukan pemupukan dengan menambahkan unsur NPK yang merupakan unsur dasar yang dibutuhkan tanaman.

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti tanah baru yang sangat subur dan dilengkapi dengan pupuk yang maksimal. Kenali tanaman Anda, terutama tentang kebutuhan airnya, apakah mereka membutuhkan banyak atau sedikit air. Kelembaban yang diterima tanaman sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

5. Teknik pemotongan estetika

Cara menanam tanaman hias yang juga perlu dipahami adalah teknik mendekorasi tanaman. Tanaman hias memiliki nilai jual yang tinggi jika bentuknya lucu dan estetis. Bergantung pada berbagai sumber, gunakan gunting tajam agar pemilik tanaman memiliki efek yang kuat dan pertumbuhan yang baik. Juga, pahami jika tanaman hias memiliki kuncup atau bunga, dan pangkas setelah berbunga. Namun, untuk tanaman hias tanpa tunas atau bunga, tanaman tersebut harus segera dipangkas pada awal musim tanam. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memotong daun atau bunga yang mati agar tidak melewati kekeringan atau sesuatu yang serupa dengan bagian tanaman lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *