koleksi tanaman hias

Berbagai Jenis Tanaman Hias Yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Jenis Tanaman Hias Yang Perlu Anda Ketahuikoleksi tanaman hias

TerSurat.com Yogyakarta – Tanaman hias bisa dibilang cantik. Anda bisa mengenalinya dari bunga, daun, bentuk tanaman secara keseluruhan, dan bau yang dihasilkan. Berikut beberapa jenis tanaman hias beserta contohnya, diantaranya:

Baca juga: Berikut Merupakan Garis besar kategori atau jenis tanaman hias!!!!

  1. Bunga hias

karena keindahannya Jenis tanaman hias yang satu ini paling digemari. Bunga tanaman berwarna-warni dan memiliki aroma bunga alami yang memiliki efek menenangkan dan menyenangkan.

Contoh bunga yang ditanam untuk tanaman hias antara lain:

  • Bunga anggrek memiliki jenis dan varietas yang berbeda-beda, mencapai 6.000 jenis. Bunga anggrek sangat digemari para pecinta tumbuhan di Indonesia. Beberapa jenis anggrek yang populer di Indonesia antara lain anggrek hitam, anggrek kalajengking, anggrek bulan, anggrek kebutan, anggrek kumis, anggrek sendok, anggrek gemerlap, dan masih banyak lagi jenis lainnya.
  • Bunga kembang sepatu, bunga ini banyak ditanam di pekarangan rumah dan menjadi favorit karena perawatannya yang relatif mudah. Bahkan orang yang tidak memiliki pengalaman berkebun pun bisa menanam bunga kembang sepatu. Bunga ini memiliki ragam warna mulai dari merah, putih, kuning, pink, dan ungu.
  • Amarilis, bunga putih dengan semburat merah atau oranye, sangat indah, terutama karena warnanya yang kontras dengan daun hijaunya. Bunga amarilis dapat ditanam di dalam ruangan dalam pot atau di taman, tetapi paling baik jika mendapatkan cukup sinar matahari.
  • Bunga Bougenville adalah salah satu jenis bunga yang populer di Indonesia karena warnanya yang berbeda-beda. Selain itu, perawatan bunga Bougenville juga mudah dilakukan. Bunga ini sering juga disebut bunga kertas karena tekstur kelopaknya yang tipis seperti kertas.
  • Bunga teratai hanya tumbuh di permukaan air yang tenang ini dan terbagi menjadi 50 spesies yang tersebar di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Bunga teratai bisa tumbuh di air berbasis lumpur.
  1. Pohon cemara

Pohon cemara tergolong tanaman hias karena bentuk tanamannya yang indah dengan jenis yang berbeda-beda. Ada yang ditanam sesuai ukuran aslinya di halaman rumah, sedangkan yang lain bisa dibuat bonsai berukuran kerdil untuk diletakkan di dalam ruangan.

Beberapa jenis pohon cemara yang dikenal adalah:

  • Pinus inoki, juga digunakan sebagai tanaman bonsai yang dapat ditanam di pekarangan rumah dan. Pinus inoki biasanya digunakan sebagai pembatas taman di pekarangan rumah. Untuk mengubahnya menjadi bonsai, diperlukan keterampilan menanam dan merawat tertentu. Harga jual Bonsanya lebih tinggi dari ukuran aslinya.
  • Wind Pine, jenis pinus ini unik karena daunnya yang tipis sehingga terlihat seperti pinus. Ukuran daunnya juga lebih panjang. Warnanya yang hijau muda hampir menyerupai rerumputan.
  • Pinus perak, dinamakan demikian karena daunnya berwarna keperakan saat terkena sinar matahari. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian maksimal 1 meter.
  1. Kaktus hias

Selain sebagai bunga hias , kaktus memiliki Bentuk dan jenis kaktus sangat bervariasi oleh karena itu tanaman hias jenis ini  merupakan salah satu jenis tanaman hias yang juga memiliki banyak penggemar. sehingga banyak pecinta tanaman yang terpana karena tidak ada kaktus yang sama. Segala bentuk unik dan menarik untuk dikoleksi.

Berikut beberapa jenis kaktus yang populer, di antaranya:

  • Careus Tetragonus, bentuk kaktus asal Amerika Serikat yang ditumpuk dan menyerupai kastil. Jenis kaktus ini paling umum dalam film animasi atau Hollywood. Careus Tetragonus dapat tumbuh hingga setinggi 2 meter.
  • Kaktus Parodia adalah jenis kaktus dengan bunga di atasnya. Bunganya beraneka warna dan mekar dengan warna merah, merah muda dan kuning. Duri kaktus ini mengisi bagian bawah tanaman sehingga tekstur dan bentuknya menyerupai bola runcing. Kaktus Parodia disukai karena mudah dirawat dan tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari.
  • Kaktus ariocarpus cocok untuk orang yang ingin memelihara kaktus jenis ini dengan sedikit duri. Ariocarpus unik karena menyerupai prisma. Selain itu, bunga ungu pun tumbuh. Tanaman ini tidak berbahaya untuk ditempatkan di dalam rumah karena jika duri disentuh tidak ada salahnya.
  1. Telapak tangan hias

Kelapa sawit sering digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah. Daun dan bentuk pohonnya menyerupai pohon kelapa, hanya saja berukuran lebih kecil. Ada berbagai jenis pohon aren, beberapa jenis memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

  • Telapak botol, dinamakan demikian karena batangnya membesar di bagian bawah sehingga menyerupai botol. Tidak seperti kebanyakan pohon palem, batang dari telapak botol berukuran besar. Ini membuatnya unik dan populer di kalangan banyak pecinta tanaman. Telapak botol dari Mauritius ini bisa ditanam di halaman atau di pot berbentuk bonsai.
  • Palm Raja atau dalam bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *