Tanaman Hidroponik

Cara menanam hidroponik Hemat Biaya Mengganti Pralon dengan botol bekas

Cara menanam hidroponik Hemat Biaya Mengganti Pralon dengan botol bekasTanaman Hidroponik

TerSurat.com Yogyakarta – Sayuran merupakan salah satu bahan makanan pokok yang kita semua butuhkan untuk pangan. Ini karena sayur mayur mengandung zat yang sangat berguna bagi tubuh, termasuk vitamin dan mineral, guna menjaga kesehatan tubuh manusia. Ibu rumah tangga selalu membeli sayuran dari penjual sayur atau pasar modern dan tradisional, namun terkadang ibu rumah tangga merasa terhalang. Apakah sayuran yang Anda beli aman untuk dimakan?

Baca juga: Mengapa Anda harus memilih hidroponik sebagai hobi berikut 5 Alasannya,

Hal ini dikarenakan banyaknya pestisida yang digunakan mulai dari masa tanam hingga pengobatan. Kandungan pestisida dapat mempengaruhi sistem organ tubuh. Tapi jangan khawatir karena kita bisa membuat penanaman hidroponik dengan botol bekas menghasilkan sayuran yang sehat dan segar di rumah, yang akan kita bahas pada artikel ini.

Cara menanam hidroponik

Menanam hidroponik adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk menanam sayuran Anda sendiri. Ini karena mereka hanya menggunakan botol bekas yang tidak digunakan di rumah. Bahkan dengan cara hidroponik murah ini anda bisa mendapatkan sayuran yang masih segar dan bebas pestisida yang dapat membahayakan tubuh dan keluarga. Cara menanam hidroponik di rumah menggunakan botol bekas sangat cocok untuk anda yang tidak memiliki lahan yang luas di rumah anda. Untuk menanam sayuran secara hidroponik, gunakan cara ini. Artikel tersebut menyatakan bahwa dengan menggunakan hidroponik sederhana ini, kita tidak memerlukan biaya dimuka yang besar untuk membeli kit lengkap untuk sistem hidroponik.

Hidriponik umumnya dikenal dari bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, melainkan bercocok tanam dengan air sebagai media tanamnya. Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menerapkan sistem tanam dengan botol hidroponik bekas. Ada dua jenis pertanian botol bekas di rumah, sistem botol berdiri dan botol horizontal. Kedua cara menanam hidroponik botol di rumah yang Anda butuhkan hanyalah alat dan bahan yang terdiri dari alat dan bahan yang terdiri dari imut, gelas plastik bekas, botol bekas, arang kupas, bibit sayur hidroponik, paku, dan nutrisi tanaman hidroponik.

Cara menanam hidroponik dengan botol berdiri

Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan standing bottle, langkah pertama dalam menanam hidroponik dengan standing bottle di rumah adalah dengan membelah botol menjadi dua yaitu bagian atas dan bawah. Buat lubang di tutup botol bersama dengan bagian atas botol dan saluran di bagian bawah botol. Ini untuk sistem hidroponik untuk menjaga penyerapan air dan sirkulasi udara. Selanjutnya, masukkan bagian atas dan kemudian bagian bawah dengan tutup di bagian bawah. Botol bawah berfungsi sebagai wadah air dengan larutan nutrisi hidroponik, sedangkan bagian atas digunakan untuk menanam sayuran hidroponik dengan arang kupas.

Cara menanam hidroponik dengan botol horizontal

Model kedua adalah hidroponik dengan botol bekas menggunakan metode botol horizontal. Botol yang digunakan harus berukuran lebih besar dibandingkan gelas plastik untuk memudahkan penyerapan air mineral yang terbuat dari nutrisi hidroponik. Langkah pertama menanam hidroponik dengan botol horizontal di rumah adalah dengan meletakkan botol besar dalam posisi horizontal (horizontal). Selanjutnya buat 2 lubang pada botol seukuran gelas plastik. Kedua lubang tersebut digunakan sebagai gelas plastik dengan tanaman hidroponik. Oleh karena itu, Anda harus mengoreksi ukuran kedua lubang tersebut apakah sudah dimuat atau belum. Langkah selanjutnya adalah mengebor lubang kecil di bagian atas botol yang akan dibuat horizontal dan berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara. Cara menanam hidroponik di rumah, kemudian ambil gelas plastik dengan lubang kecil di samping dan di bagian bawah. Lubang ini berfungsi sebagai tempat penanaman akar tanaman hidroponik. Setelah itu masukkan kaca berlubang atas dan bawah ke dalam lubang besar pada botol besar setelah berhasil memasukkannya. Isi toples dengan arang kupas dan bibit tanaman hidroponik.

Untuk langkah eksperimental, Anda harus memulai dalam skala kecil terlebih dahulu untuk meminimalkan kesalahan.Setelah bereksperimen dengan skala kecil baru, coba kembangkan dalam skala besar dengan memperbanyak jumlah sayuran hidroponik di rumah Anda. Beberapa jenis sayuran yang secara umum dapat dibudidayakan secara hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *