Tanaman Hidroponik

8 jenis media tanam hidroponik terbaik untuk menggantikan tanah Biarkan tanaman menjadi subur!

8 jenis media tanam hidroponik terbaik untuk menggantikan tanah Biarkan tanaman menjadi subur!Tanaman Hidroponik

TerSurat.com Yogyakarta – Ingin berkebun dengan sistem hidroponik? Sebelum memulai, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu jenis media tumbuh hidroponik apa yang terbaik untuk Anda. Ini penting agar tanaman bisa tumbuh subur tanpa menggunakan tanah.

Baca juga : Mau menanam tanaman tapi terhalang lahan sempit ??? Inilah solusinya !!

Berkebun sekarang dapat dilakukan dengan media tanam non-tanah. Cara ini dikenal luas sebagai sistem hidroponik Friends 99. Cara ini tentunya akan sangat membantu warga kota yang ingin berkebun namun tidak memiliki cukup lahan. Anda dapat menggunakan banyak media untuk tujuan ini.

Berikut penjelasan lengkap jenis-jenis media tanam hidroponik pengganti tanah!

Jenis media tumbuh hidroponik terbaik

3.Media Tanam Hidroponik Rockwool

Media rock wool yaitu kombinasi batuan basal, kapur dan batubara melalui proses peleburan dari suhu yang dipanaskan hingga meleleh.

Media ini biasanya digunakan untuk sistem hidroponik rakit apung dan merupakan salah satu jenis media terbaik.Alasannya adalah, karena sifatnya, wol batu dapat menyimpan air dan udara secara seimbang.Media ini sangat dianjurkan untuk sayuran buah seperti tomat, cabai, sayur pakcoi, dan lainnya yang berukuran besar dan membutuhkan waktu lama untuk ditanam.

Perhatikan, bagaimanapun, bahwa pH biasanya tinggi, antara 7,8 dan 8,02.Anda perlu mengobatinya secara khusus sebelum menggunakannya sebagai media tanam.

2. Batubara sekam

Berikutnya adalah media tanam arang sekam, yang banyak digunakan untuk menanam anggrek.

Batubara shell mengandung protein kasar, kelembaban, abu, serat kasar, karbon, oksigen, karbohidrat, hidrogen dan silikon.Hal ini menyebabkan penggunaannya dikatakan lebih efisien dari pada media tanam tanah.Arang tempurung biasanya juga tidak mahal, jadi mudah ditemukan.Kamu bahkan bisa membuat arang batok sendiri di rumah, Teman 99.

3. Media pertumbuhan kerikil untuk teknik NFT

menggunakan kerikil sebagai media tumbuh merupakan salah satu jenis teknik  Sistem hidroponik NFT .Media ini efektif membantu dalam distribusi hara dan udara sehingga pertumbuhan akar tanaman tidak terhambat.Pasalnya, pori-pori kerikilnya besar dan banyak sehingga mudah basah.Namun, permukaannya juga mudah mengering, jadi Anda perlu menyiramnya secara teratur.

4. Media Tanam Hidroponik Kopopeat

Media tanam terbaik berikutnya untuk pengganti tanah adalah kelapa atau batok kelapa. Anda bisa memanfaatkannya untuk menanam sayuran kecil seperti bawang merah hidroponik.

Tahukah Anda bahwa kelapa kelapa memiliki kemampuan untuk menyimpan dan menahan banjir? Selain itu, bahan ini mengandung magnesium, fosfor, kalsium, kalium dan natrium. Senyawa ini dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Namun, ketahuilah bahwa bahan ini tidak akan dapat mengalirkan air secara efektif. Jadi harus mencampurnya dengan media lain.

5. Media tumbuh hidrogel untuk tanaman hias

Untuk tanaman hias dalam ruangan disarankan menggunakan hidrogel sebagai media tanamnya. Media yang terbuat dari kristal polimer memiliki daya serap yang baik. Selain itu, hidrogel secara perlahan dapat memecah nutrisi dan larutan air sesuai dengan kebutuhan tanaman. Hidrogel juga cocok untuk mengawetkan bunga potong agar tidak cepat layu.

6. Spons untuk media tanam hidroponik

Tahukah Anda kalau spons juga bisa digunakan sebagai media tanam hidroponik? Kemampuannya menyerap air sangat bagus, dan massa aslinya ringan. Namun bahan ini hanya cocok untuk tanaman dengan fase pertumbuhan yang pendek. Pasalnya, strukturnya mudah hancur sehingga tidak bisa bertahan lama.

7.Media tanam perlite sebagai pengganti tanah

Mereka yang sedang mencoba sistem hidroponik bisa menggunakan perlite. Perlite adalah zat anorganik yang terbuat dari batuan kuarsa. Bahan ini memiliki kemampuan menyimpan nutrisi dalam jumlah besar. Sistem drainase cukup baik untuk mengalirkan air ke tanaman. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih tanaman hidroponik yang tepat untuk ditanam dengan media ini.

8.Batu bata dan ubin rusak

Anda juga bisa menggunakan pecahan batu bata dan ubin sebagai media tanam hidroponik. Material ini memiliki kemampuan drainase yang baik dan struktur yang kuat sehingga pertumbuhan akar dapat dipertahankan.

Namun kandungan nutrisinya sangat rendah. Anda perlu menambahkan pupuk hidroponik dan memadukannya dengan media tanam agar efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *