Mata sering lelah saat seharian di depan komputer Berikut 8 Tips Sederhana Untuk mencegahnya

Mata sering lelah saat seharian di depan komputer ? Berikut 8 Tips Sederhana Untuk mencegahnya

Yogyakarta, Tersurat.com – Mata lelah setelah menatap layar komputer sudah menjadi santapan sehari-hari bagi sebagian besar pekerja kantoran. Tidak hanya membuat tidak nyaman, keluhan kesehatan ini juga dapat menyebabkan produktivitas kerja menurun. Nah, berikut beberapa tips sederhana yang bisa Kamu lakukan untuk mencegah mata lelah

Baca Juga : 4 Cara Sederhana Mengobati mata lelah

Tips mencegah mata lelah akibat seharian di depan komputer

Rutin melakukan Cek Mata

Rutin melakukan cek mata ke dokter mata merupakan langkah awal dalam mencegah dan mengobati mata lelah, yang disebabkan oleh berkeliaran di depan layar komputer sepanjang hari.

Menurut National Institute for Safety and Health at Work (NIOSH), orang harus menjalani pemeriksaan mata sebelum mulai menggunakan komputer, dan kemudian secara rutin setahun sekali setelah itu.

Atur pencahayaan yang sesuai

Kelelahan mata sering kali disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang, baik dari sinar matahari luar yang masuk melalui jendela maupun dari pencahayaan kantor yang berlebihan. Oleh karena itu, Kamu harus selalu memicingkan mata saat bekerja. Jika memungkinkan, cat dinding Kamu lebih gelap dengan hasil akhir matte.

Kurangi cahaya luar dengan menutup tirai dan kurangi cahaya dalam dengan menggunakan lebih sedikit lampu atau gunakan lampu intensitas rendah.

Sesuaikan kontras Komputer

Pantulan pada dinding dan layar komputer Kamu juga dapat menyebabkan CVS. Sesuaikan kecerahan layar sehingga kira-kira sesuai dengan kecerahan di ruangan Kamu bekerja. Pertimbangkan memasang layar anti-glare di monitor Kamu.

Jika Kamu masih menggunakan monitor komputer berbentuk tabung Kamu harus menggantinya layar LCD. Layar LCD lebih aman untuk mata dan biasanya memiliki lapisan anti-glare, sedangkan layar CRT lebih mudah menyebabkan CVS.

Selain itu, sesuaikan ukuran teks dan warna untuk meningkatkan kenyamanan mata Kamu, terutama saat membaca atau membuat dokumen yang panjang. Biasanya, teks hitam dengan latar belakang putih adalah kombinasi yang paling baik.

Berkediplah lebih sering

Kedipan sangat penting saat Kamu bekerja dengan komputer karena akan melembabkan mata untuk menghindari kekeringan dan iritasi mata. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja dengan komputer lebih jarang berkedip (sekitar sepertiga dari kecepatan biasanya), yang membuat Kamu berisiko mengalami mata kering. Untuk mengurangi risiko ini, cobalah berlatih: setiap 20 menit, berkedip sangat pelan 10 kali dengan mata tertutup.

Latih mata Kamu

Untuk mengurangi risiko kelelahan mata saat fokus pada layar komputer sepanjang waktu, alihkan pandangan dari komputer Kamu setiap 20 menit dan tatap objek yang jauh (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Atau lebih sering disebut “aturan 20-20-20”. Melihat jauh dapat mengendurkan otot mata dan mengurangi kelelahan mata.

Pejamkan mata sejenak

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh NIOS, cara efektif untuk mengatasi mata lelah adalah dengan menutup mata sejenak. Kamu juga dapat melanjutkan 4 peregangan ringan selama 5 menit selama hari kerja. Berdiri dan luangkan waktu sejenak untuk jalan-jalan, rileks dan putar kaki dan lengan sambil berdiri sambil memutar bahu dan punggung untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot. Jika istirahat makan siang Kamu memungkinkan, cobalah tidur sebentar.

Ubah tempat kerja Kamu

Saat Kamu perlu melihat bolak-balik antara kertas dan layar komputer Kamu, letakkan halaman tertulis di sebelah monitor. Jika Kamu berencana menggunakan lampu meja, pastikan cahayanya tidak mengarah ke mata atau layar komputer Kamu.

Selain itu, Kamu perlu membawa tempat kerja dan kursi ke ketinggian yang sesuai untuk menjaga postur tubuh Kamu saat menggunakan komputer. Pilih furnitur ergonomis sehingga Kamu dapat memposisikan layar komputer Kamu 50-60 cm dari mata Kamu. Bagian tengah layar Kamu a harus berada sekitar 10-15 derajat di bawah mata Kamu untuk posisi kepala dan leher yang nyaman.

Kenakan kacamata komputer

Jika Kamu memakai kacamata, pilih kacamata dengan lapisan anti reflective (AR). Lapisan AR mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang dipantulkan dari bagian depan dan belakang lensa kacamata Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *