Jangan lakukan ini saat sahur! Bisa menguras energi saat puasa

Jangan lakukan ini saat sahur! Bisa menguras energi saat puasa

Yogyakarta, Tersurat.com – Makan makanan yang tepat saat berpuasa adalah kunci untuk menjaga vitalitas saat berpuasa. Asupan makanan yang tidak memadai dioptimalkan untuk mengurangi energi dan dapat dengan mudah membuat perut Anda kelaparan.

Baca Juga : 6 tips sederhana untuk menghilangkan kecemasan yang berlebihan

Banyak orang kurang memperhatikan kebutuhan akan makanan yang perlu mereka konsumsi. Mereka secara tidak sengaja memutuskan untuk memakan makanan tersebut. Beberapa jenis makanan dan minuman ini berkisar dari karbohidrat olahan hingga berbagai camilan berminyak. Menelan makanan ini alih-alih untuk memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkannya malah justru bisa berdampak negatif pada tubuh.

Beberapa sumber menunjukkan bahwa tanpa disadari sejumlah makanan dapat menguras energi yang cukup untuk bertahan 13 jam. Penting juga untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman untuk menjaga hidrasi. Selama bulan puasa, sangat disarankan untuk makan makanan yang kaya protein, serat, kalsium dan vitamin. Banyak dari makanan tersebut yang tanpa disadari dapat mengkonsumsi energi di siang hari saat dikonsumsi saat sahur. Laporan kesehatan menunjukkan bahwa ada beberapa makanan yang bisa menguras banyak energi saat dikonsumsi pada waktu sahur.

Hal yang dapat menguras energi

Olahan karbohidrat

Jenis makanan ini hanya bertahan 3-4 jam. Setelah itu, Anda akan lapar kembali dan kehilangan energi. Jangan mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung gula atau tepung, seperti donat dan croissant.

Petai

Mengkonsumsi petai sama halnya dengan jengkol, juga memiliki aroma yang tidak sedap. Tapi banyak orang Indonesia yang sangat menyukainya. Biasanya digunakan sebagai lalapan dalam sambal. Beberapa orang membuat petai untuk melengkapi berbagai jenis hidangan, yang diolah dan diaplikasikan. Namun, sebaiknya hindari memakan petai saat sahur, karena Anda mungkin akan mengalami bau mulut saat berpuasa.

Baca Juga  7 Khasiat cokelat dan tips mengkonsumsinya dengan aman

Gula

Makanan dengan kandungan gula tinggi lebih disukai banyak orang di pagi hari. Namun sayang, kehadiran gula ini hanya menambah energi hanya sebentar dan malah habis nantinya. Hindari makanan manis saat sedang sahur. Makanan dan minuman tunggal dalam berbagai bentuk, seperti permen, minuman berenergi, dan minuman ringan, adalah jenis yang harus dihindari di sahur ya.

Gorengan

Makanan yang digoreng tinggi lemak sangat sulit dicerna tubuh. Makanan gorengan membutuhkan lebih banyak energi untuk pencernaan dan melelahkan tubuh sehingga dapat cepat kehilangan energi. Makan gorengan dan makanan berminyak bisa menyebabkan kantuk. So, jangan makan ini saat sahur karena dapat menyebabkan energy terkuras dan berkurang.

Daging

Daging tanpa lemak mirip dengan gorengan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Daging tanpa lemak tinggi membuat tubuh membutuhkan banyak energi dari tubuh untuk mencerna. Apabila dikonsumsi saat sahur, makanan tersebut justru dapat mengonsumsi energi yang lebih banyak di siang hari.

Kopi

Kopi merupakan salah satu yang wajib dihindari saat sahur. Pasalnya, dorongan energi yang diberikan oleh kafein dapat meningkatkan energi dengan cepat, tetapi kemudian dapat menurun drastis. Minuman ini juga memiliki efek diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi. Ini membuat leher Anda lebih mudah kering selama puasa siang hari.

Makanan rendah zat besi

Hindari makanan rendah zat besi pada waktu sahur. Sebaliknya, disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi agar Anda tidak merasa lelah atau lesu saat berpuasa. Mengonsumsi makanan rendah zat besi sebenarnya dapat sepenuhnya menyerap nutrisi dari makanan tersebut. Kehadiran zat besi diperlukan tubuh untuk menyerap energi dari makanan. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti bayam dan kacang-kacangan. Hindari makanan rendah zat besi saat sahur. Makan makanan yang tepat saat sahur bisa menjadi kunci untuk menjaga kelancaran puasa Anda.

Baca Juga  Berbagai macam manfaat jahe, bisa mencegah banyak penyakit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *