4 Obat herbal yang ampuh meredakan batuk

4 Obat herbal yang ampuh meredakan batuk

Yogyakarta, Tersurat.com – Batuk, penyakit yang bisa diderita semua orang. Apakah kamu sedang batuk sekarang? 4 obat herbal ini ampuh meredakan batuk. Batuk termasuk penyakit yang bisa menyerang siapa saja dari segala usia dan jenis kelamin. Batuk disebabkan oleh sejumlah penyebab, termasuk infeksi virus atau bakteri, alergi, dan peningkatan asam lambung.

Pada umumnya seseorang yang batuk akan merasa tidak nyaman pada malam hari. Karena pada malam hari, batuk semakin parah dan Anda tidak bisa tidur. Biasanya, pasien mengkonsumsi obat batuk kimia yang banyak dijual di apotik dan toko retail modern untuk mengobati penyakitnya.

Bagi sebagian orang, mereka suka mengonsumsi jamu untuk mengobati batuk. Seperti yang Anda ketahui, ada cukup banyak variasi obat batuk herbal yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Obat herbal. Berikut beberapa obat herbal untuk mengobati batuk yang bisa dibuat sendiri di rumah agar bahannya mudah ditemukan.

Obat Alami untuk Meredakan Batuk

Serai

Tentunya serai sudah populer di dunia pengobatan herbal sejak jaman dahulu kala. Serai mengandung minyak esensial dan antioksidan. Membuat obat batuk herbal dari serai sangat sederhana, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan dan cara: 600 gram serai (kering) dan air secukupnya

Cuci serai kering. Kemudian Anda perlu merebusnya dengan air secukupnya sampai serai mendidih. Selanjutnya minum serai saat sudah hangat.

Daun sirih

Daun sirih dikenal sebagai ramuan berkhasiat untuk merawat area pada wanita. Daun sirih juga baik digunakan untuk menghentikan mimisan. Bagaimanapun, daun sirih ternyata bermanfaat sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengobati batuk. Bahan dan cara meracik daun sirih untuk mengobati batuk adalah sebagai berikut.

Bahan dan cara: 4 lembar daun sirih dan 2 gelas air

Cuci daun sirih hingga bersih. Kemudian daun sirih direbus hingga mendidih. Setelah itu dinginkan air rebusan daun sirih tersebut. Kumur menggunakan air daun sirih yang sudah dingin. Anda perlu rutin berkumur dengan air dari daun sirih hingga batuknya sembuh.

Kencur

Kencur mengandung sineol, asam paraeumarin, asam anisat, gom, pati, dan mineral. Kencur merupakan ekspektoran yang dapat menyembuhkan batuk dan mengeluarkan dahak. Berikut adalah cara membuat obat herbal dari bahan kencur.

Bahan dan cara: Kencur (Parut) 15 gram dan 20 ml air

Bersihkan kencur lalu diparut. Setelah di parut, beri air. Saat Anda memeras kencur, Anda bisa menambahkan air untuk mendapatkan sekitar 50 ml air kencur lagi. Minumlah air kencur 2 kali sehari. Secara khusus, anak-anak minum 1 sendok makan dua kali sehari. Lakukan meminum obat herbal ini selama 14 hari.

Temulawak

Temulawak diketahui memiliki khasiat anti inflamasi dan antibiotik. Selain itu, temulawak mengandung bahan aktif seperti germacrene, xanthorrhizol, betha curcumena, dan sebagainya. Di sisi lain, temulawak mengandung vitamin C yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Cara membuat jamu ini sangat sederhana. Berikut akan dijelaskan cara membuat jamu temulawak yang sederhana dan simpel.

Bahan dan cara: Temulawak sebesar 1 jari, jeruk nipis 1/4 buah, 2 sendok makan madu, dan 1 cangkir air

Cuci temulawak dan jeruk nipis sampai bersih. Kemudian potong temulawak dan biarkan saja hingga mendidih. Ayak irisan temulawak dan tambahkan air jeruk nipis serta madu ke dalam air untuk memasak air temulawak. Cukup minum dua kali sehari dengan dosis 1/2 gelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *