Cara membuat aquascape sederhana dan mudah untuk pemula

Cara membuat aquascape sederhana dan mudah untuk pemula

Yogyakarta, Tersurat.com – Tentunya sangat menyenangkan jika bisa melihat hijaunya alam setiap hari. Apalagi jika Anda bisa mengekspresikan pemandangan alam ini di rumah Anda. Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghadirkan kesejukan alami ke rumah Anda adalah dengan membuat aquascape. Para pecinta akuarium tentunya sudah mengenal istilah ini.

Aquascape Fish adalah seni mendekorasi lanskap aquarium. Uniknya, aquascape ini tidak hanya menempatkan tumbuhan bawah air, bebatuan atau pepohonan, tetapi juga membutuhkan estetika seni, kesabaran dan kesabaran yang tinggi.
Kelihatannya sederhana, namun sudah diadakannya kompetisi tingkat internasional, banyak ditemukannya aktivitas aquascape yang diminati oleh banyak orang. Salah satunya adalah The International Aquatic Plant Layout Contest (IAPLC).

Langkah-langkah sederhana membuat aquascape

Bahan membuat aquascape

Cara membuat aquascape pertama Anda untuk pemula adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain: Filter aquarium, lampu, pasir kuarsa, pupuk dasar atau cair, tanaman, ikan, CO2. dan bebatuan. Setelah semua bahan atau komponen siap, Anda bisa dengan mudah membuat aquascape.

Membuat aquascape

Jika Anda ingin membuat aquascape kecil, Anda bisa menyiapkan akuarium kecil. Tetapi jika Anda membuat akuarium besar agar terlihat lebih menarik, itu lebih baik. Setelah mengecek ukuran akuarium, taburkan pasir halus setinggi sekitar 2-3 cm di bagian bawah atau sesuaikan dengan keinginan dan buat aquascape berikutnya.

Jenis pasir yang digunakan adalah karbon aktif di tengah pasir silika. Karbon aktif bertindak untuk menyerap zat berbahaya dari bawah air saat membuat aquascape. Lakukan seperti ada semacam lubang di tengah pasir dan pinggirannya agak tinggi.

Baca Juga  Cara menghemat waktu memasak menus special yang mahal
Beri pupuk

Setelah pasir diletakkan, letakkan pula pupuk pada pasir cekung yang telah diatur sebelumnya agar pupuk tidak tampak jika dilihat dari samping. Jika ditambahkan pupuk, maka harus diamplas lagi agar pupuk terlihat rapi.

Pupuk aquascape hanya untuk tanaman berakar saja. Jika Anda menggunakan jenis tanaman air yang dapat menyerap unsur hara dari daunnya, Anda dapat menghemat biaya dengan menghilangkan pupuk ini. Itulah langkah ketiga cara membuat aquascape untuk pemula.

Membuat hardscape

Cara membuat aquascape untuk pemula selanjutnya adalah dengan membuat hardscape. Ini tentang menambahkan dekorasi berupa bebatuan dan pepohonan yang telah Anda siapkan untuk membentuk aquascape yang indah dan menarik.

Penempatan hardscape ini tentunya tidak boleh diartikan sembarangan. Saat menambahkan tanaman, perlu menempatkan pohon dan batu dengan benar agar hasil yang diinginkan tercapai. Jika ingin membuat efek kedalaman, Anda bisa membuat pasir di bagian belakang lebih tinggi dari bagian depan.

Beri tanaman

Anda sebenarnya bisa melakukan langkah penanaman ini sebelum akuarium Anda penuh dengan air. Namun, lebih baik mengisi seperempat tangki dengan air terlebih dahulu. Gunakan filter dan alat khusus untuk masuk ke dalam air secara bertahap agar tidak merusak dekorasi atau pupuk pasir tempat suplai air dipasang.

Penanaman pemula untuk membuat aquascape, Anda hanya bisa memasang fasilitas seperti outlet filter, memasang diffuser CO2, serta memasang lighting. Saat semuanya sudah siap, jangan mengutamakan hewan untuk mengisi aquascape ini terlebih dahulu.

Jika Anda langsung menaruh hewan di aquascape, akan berisiko mati karena mengandung amonia dalam jumlah tinggi di dalam air. Dianjurkan untuk menunggu minimal 2 minggu agar kandungan amonia di dalam air menghilang. Ikan hias kecil itu bisa kamu taruh di aquascape setelah 2 minggu. So, tunggu apalagi! Cobalah untuk membuat aquascape, bisa jadi peluang bisnis loh.

Baca Juga  Momok menakutkan memasak didepan orang banyak, siapa takut !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *