aquascape tutorial

Mengungkap Hambatan Teratas Untuk Bisnis Aquascaping (Masalah Teknis)

Mengungkap Hambatan Teratas Untuk Bisnis Aquascaping (Masalah Teknis)aquascape tutorial

TerSurat.com Yogyakarta – Banyak penghobi yang kesulitan menjaga ekosistem akuariumnya. Pertumbuhan tanaman yang buruk dan pertumbuhan alga yang masif adalah alasannya. Karena itu, banyak penghobi yang tidak menyukai tanaman di akuarium malah menyerah.

Paragraf di atas adalah kutipan dari buku berjudul Ecology of the Planted Aquarium oleh Diana L. Walstad, seorang ahli mikrobiologi yang juga dikenal di dunia aquascape. Bukunya juga menjelaskan bahwa sering kali penghobi atau toko retail gagal menanam tanaman di akuarium karena praktik yang salah.

Baca Juga : Bisnis Aquascape Dengan Modal Tipis Untung Berlapis Bengini caranya!!

Wendy Kurniawan sependapat dengan Walstad tentang pentingnya tanaman untuk aquascaping. Wendy yang juga memiliki toko retail bernama Aquajaya mengatakan, ekosistem aquascape perlu mendukung pertumbuhan tanaman. Bukan sekedar dekorasi yang bagus dan menarik.

jika mengalami fotosintesis yang baik maka Tanaman dalam aquascape dapat tumbuh dengan baik. Menurut Wendy, hal ini membutuhkan unsur-unsur seperti parameter air, unsur hara, CO2 dan rasio cahaya yang seimbang. Jenis tanaman yang berbeda memiliki jenis perawatan yang berbeda pula. Wendy membuat analogi dengan banyaknya kebutuhan hidup manusia.

“Dosis seimbang tergantung tanamannya. Sama seperti manusia, ada orang yang kurus, jadi sedikit. Ada yang gemuk, jadi butuh banyak. Kebutuhannya berbeda-beda,” kata Wendy

“Padahal ada tanaman yang butuh sedikit dan banyak cahaya. Ada yang butuh sedikit dan banyak CO2. Ada yang butuh parameter pH air agak asam, ada yang sedikit basa (basa). Oleh karena itu, parameter air dan spesifikasi akuarium. disesuaikan dengan tanaman yang akan kita pasang di akuarium, ”lanjutnya.

Pemilihan tumbuhan juga dipengaruhi oleh fauna yang akan digunakan dalam aquascape, meskipun ikan air tawar memiliki umur yang hampir sama dari segi parameter air yaitu pada pH 6 sampai 7.

Baca Juga  7 alasan seseorang memiliki segudang skill yang belum tentu menjamin kesuksesan

Terkecuali spesies ikan yang hidup pada suhu tinggi. Seperti ikan pipih bernama Discus. Ikan yang hidup di Amazon biasanya hidup pada suhu di atas 28 derajat Celcius. Kasus cichlid lainnya berasal dari perairan Danau Tanganyika dan Malawi, Afrika. Ikan ini membutuhkan air yang lebih basa pH antara 8 dan 9. Menurut Wendy, sebenarnya agak sulit menggabungkan tanaman air tawar dan ikan cichlid. Karena tanaman air tawar biasanya optimal pada nilai pH 6 sampai 7.

Memelihara aquascape memang tidak sembarangan. Cahaya juga penting sebagai bahan bakar energi dalam ekosistem. Aldino Rafiq menjelaskan, kekuatan lampu harus diimbangi dengan CO2.

“Aquascape itu seperti memanggang ayam. Kalau apinya terlalu besar dan oli sedikit hasilnya kurang bagus. Watt lampu di aquascape juga perlu diimbangi. Misalnya menggunakan watt lampu 320 watt tapi tanpa CO2 , “kata Aldino,

Salah satu aquascaper dari Happy Fish Indonesia juga mengatakan bahwa aquascape membutuhkan perawatan yang rutin. Apalagi sebelum aquascape matang setelah tiga bulan.

Karena jika terdapat alga pada aquascape, hal ini menandakan adanya ketidakseimbangan dari unsur-unsur tersebut. Menurut Aldino, hal tersebut bukan hal yang baik karena alga dapat mempengaruhi estetika. Selain itu, alga juga dapat mempengaruhi kesehatan tanaman karena dapat bersaing satu sama lain dalam menyerap unsur hara.

“Pemeliharaan perlu sering dilakukan. Masalahnya adalah organik dari kotoran ikan menumpuk dan metabolisme tanaman menumpuk lebih cepat. Saya biasanya melakukan akuarium 60 sentimeter seminggu sekali. Jika ukurannya 8″, 2 hingga 3 kali a Minggu. Seringkali. Karena semakin kecil volume airnya, parameternya semakin cepat berubah, “kata Aldino.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *