Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

8 pemakan alga terbaik untuk aquascape

8 pemakan alga terbaik untuk aquascapeKetahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

TerSurat.com Yogyakarta –  Algae di aquascape pasti akan muncul dan banyak aquascape pemula yang akan kewalahan dengan keberadaan algae yang merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan aquascape. Sebelumnya, kami membahas secara mendalam jenis-jenis alga dan cara mengatasinya. melanjutkan pembahasan tentang cara menghilangkan alga secara alami pada aquascape dengan menggunakan fauna pemakan alga seperti ikan aquascape scavenger sudah saya rencanakan dari kemarin, siput pemakan alga dan udang pemakan alga. Berikut pembahasannya

Baca juga : Jarang di ketahui ini lah beberapa Ikan pembersih akuarium!!!

Pemakan alga terbaik untuk aquascape

  • SAE (pemakan ganggang siam)

SAE merupakan jenis ikan pemakan alga terbaik, bahkan manusia sering menggunakan ikan ini sebagai pembersih aquascape, dan paling umum digunakan oleh aquascappers. Karena ikan ini sangat sibuk membersihkan, mereka sangat suka memakan alga. Alga yang menempel di daun dimakan oleh ikan ini. Tetapi setelah ganggang habis, beri makan pelet ikan, cacing, atau sayuran itu jika Anda tidak bisa – alga itu mungkin memakan lumut. Selain itu ikan ini bersahabat dengan ikan lain sehingga sangat cocok digunakan dalam sebuah aquascape.

  • CAE (pemakan ganggang Cina)

CAE berwarna kekuningan dan sering disebut sebagai pemakan ganggang lemon. Ikan ini juga sangat pandai membersihkan alga. Bahkan ikan ini suka memakan sisa makanan yang ada di daunnya. untuk membersihkan alga secara alami dan hasilnya sangat memuaskan Saya juga menggunakan Cae juga loh. Namun ikan ini akan berhenti bekerja saat sudah dewasa. Jadi belilah ikan Cae kecil. Hindari ikan kecil karena cae sedikit mengabaikan ikan kecil, tapi jangan memakannya kenapa paling banyak mengikuti mereka.

  • Otocinclus
Baca Juga  Inilah Pentingnya Membina Hubungan Ayah Dan Anak, Ketahui Manfaatnya

Otocinclus merupakan salah satu jenis ikan lele yang suka memakan alga, terutama alga coklat (diatom) dan alga hijau. Ikan ini berasal dari Brazil dan untuk mendapatkan ikan ini biasanya harus didatangkan. Makanya, tidak heran jika ikan ini dijual dengan harga yang lumayan mahal. Meski demikian, kami tidak akan menyesalinya, karena ikan ini sangat cocok untuk pembasmi alga secara alami dan bersahabat dengan ikan lain.

  • Udang Amano

Udang yang ditemukan oleh suhu aquascaper di dunia adalah Takashi Amano, oleh karena itu udang ini disebut udang Amano. Udang ini termasuk salah satu pemakan alga terbaik karena nafsu makannya yang besar. Udang ini memakan sisa makanan dan kotoran ikan di substrat dan daunnya  tidak hanya hanya memakan alga, tapi juga. Sebuah aquascape dengan banyak lanskap yang keras seperti akar sangat cocok untuk tempat tinggal karena berfungsi sebagai tempat persembunyian. Hal yang perlu diperhatikan saat memasukkan udang bukanlah ikan yang suka memakan fauna kecil seperti udang ini. Lebih baik ditempatkan dengan ikan ramah seperti tetras.

  • Udang ceri merah (RCS)

RCS berwarna merah dan semakin tua warna merahnya. Udang jenis ini juga sangat cocok digunakan di aquascape sebagai pemakan alga alami, untuk makan sisa makanan, dan untuk makan kotoran ikan. Secara keseluruhan hampir sama dengan Udang Amano, namun RCS ini lebih mudah dikembangbiakkan jadi masukkan sekitar 10 ekor karena akan mendapat banyak seiring berjalannya waktu.

  1. Kerang tanduk

Siput tanduk atau sering disebut “ketan” merupakan salah satu jenis bekicot yang dapat kita manfaatkan sebagai fauna pemakan alga alami. Bentuknya sama dengan bekicot biasa, namun terdapat tanduk di punggung dan biasanya siput ini bervariasi, ada yang berwarna coklat, kuning, ada juga yang berpola. Oleh karena itu, tidak hanya cocok digunakan sebagai fauna pemakan alga, tetapi juga sebagai ornamen

Baca Juga  Langkah Sederhana Menumbuhkan Ikan Koi untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *