Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

Jarang di ketahui ini lah beberapa Ikan pembersih akuarium!!!

Jarang di ketahui ini lah beberapa Ikan pembersih akuarium!!!Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

TerSurat.com Yogyakarta – Jika memiliki akuarium, secara alami lama kelamaan air menjadi keruh dan banyak lumut serta kotoran tumbuh di dinding kaca akuarium. Untuk mengatasinya, Anda perlu membersihkan akuarium secara rutin agar akuarium tetap bersih.

Namun, Anda juga dapat menambahkan berbagai jenis ikan yang dapat membantu membersihkan akuarium dari lumut dan kotoran. Namun, tidak semua ikan dapat melakukan ini, hanya jenis ikan yang dapat membersihkan kaca dan kotoran akuarium. Penasaran pasti ikan yang mana? Tenang di bawah Like Fish akan membahas daftar lengkap pembersih feses untuk akuarium.Jenis pembersih kaca akuarium ikan dari lumut, alga dan kontaminan lainnya

Baca juga : Berapa lama ikan koi bisa bertahan tanpa oksigen ?

  1. CAE Ikan (Chinesse Algae Eater)

Ikan ini banyak ditemukan pada ikan herbivora atau herbivora, ikan jenis ini juga sangat suka memakan lumut dan kotoran. Akuarium. Namun ikan ini juga dapat mengganggu dan memakan ikan lain yang berukuran lebih kecil. Sebaiknya pisahkan ikan ini jika ukurannya lebih besar dari ikan hias yang ada di akuarium. Untuk harga ikan ini masih terbilang murah yaitu sekitar Rp 5.000 per ekor.

  1. Ikan SAE (Siamese algae eater)

Selain ikan SAE, ikan jenis ini juga sangat populer untuk membersihkan ikan dan memakan algae serta kontaminan lainnya di dalam akuarium.

Berbeda dengan ikan CAE yang dapat menyerang ikan kecil lainnya, ikan ini dapat bercampur dengan ikan hias kecil lainnya. SAE tidak hanya pemakan lumut, ia juga memakan cacing pipih yang mengganggu di dalam akuarium, yang dapat mempengaruhi kesehatan ikan.Untuk jenis ikan pemakan alga harganya tidak jauh berbeda dengan ikan CAE. Harga ikan ini sekitar Rp 7.500.

  1. Ikan OTO (Otocinclus Affinis)
Baca Juga  Kupas vitamin pada daging sapi dengan seksama, vitamin apa dari sayuran?

Jenis ikan pemakan lumut ini lebih kecil dari kedua ikan yang disebutkan di atas dan tingginya hanya sekitar dua inci. Namun meski ukurannya kecil, ternyata cabai rawit tergolong kecil.

Tentunya ikan ini sangat direkomendasikan sebagai pembersih akuarium.Karena ikan ini sangat lincah untuk membersihkan akuarium dari kotoran yang membandel dan hidup di dalamnya, Ikan OTO juga cinta damai, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai jenis ikan hias untuk akuarium. Namun cukup sulit mendapatkannya karena harganya yang lumayan mahal.Harga ikan ini Rp 35.000, bahkan ada yang menjualnya dengan harga yang lebih mahal karena memang ikan ini sulit didapat.

  1. Ikan Corydoras

Ikan ini cukup unik, dalam bahasa Yunani Corydoras artinya: Cory artinya helm dan Doras artinya kulit. Ikan ini merupakan ikan yang termasuk dalam famili lele, subfamili Coradinae.

Nah ikan yang satu ini juga sangat cocok sebagai ikan pembersih akuarium, karena ikan ini suka memakan lumut dan ganggang, dan biasanya memakan sisa-sisa ikan lain yang ada di dasar akuarium. Ukurannya yang cukup kecil tentunya sangat cocok ditempatkan di akuarium bersama berbagai jenis ikan hias lainnya, dan tidak mengganggu karena sangat sepi. Untuk harga ikan kecil ini berkisar Rp 5.000 untuk jenis biasa, karena jenis ikan ini cukup banyak ada juga yang harganya berkisar Rp 20.000.

  1. Ikan Pleco (Bristlenose plecos)

Di Indonesia ikan ini sering disebut dengan broomfish. Ikan ini sangat terkenal sebagai ikan yang dapat memakan kotoran dan sangat membantu dalam menjaga kebersihan akuarium.

Ada yang aktif dan ada yang pasif merupakan Sifat ikan pleco sangat beragam. pastikan tidak sembarangan dipadukan dengan ikan kecil yang peka terhadap lingkungan jika ingin menggunakan ikan ini.

Baca Juga  TikTok dan cara kerjanya di dunia media sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *