koi top !

Ikan koi manakah yang paling mahal dan mengapa harganya sangat mahal?

Ikan koi manakah yang paling mahal dan mengapa harganya sangat mahal?koi top !

TerSurat.com Yogyakarta – Seekor koi setinggi 57 cm yang disebut Naga Hitam dikatakan baru-baru ini memecahkan rekor penjualan Koi. Ikan betina berumur 2 tahun ini dilelang seharga 26 juta yen atau setara dengan Rp. 2,68 miliar di Momotaro Farm di Okayama, Jepang.

Baca Juga : Berapa lama ikan koi bisa bertahan tanpa oksigen ?

Lalu apa yang membuat harga ikan koi mahal? Ada beberapa faktor diantaranya:

  1. Peternak

Dipercaya bahwa beberapa breeder yang berpengalaman dalam membuat koi koi kualitas tinggi dan champion memiliki breeder yang baik. Nah, brand image inilah yang meningkatkan harga jual ikan Koi Anda. Di Jepang misalnya, ada Momotaro Farm yang dikenal sebagai peternakan terbesar dan sudah banyak berpengalaman dalam menghasilkan ikan Koi berkualitas tinggi.

Nah, tidak ada salahnya memulai belajar beternak ikan koi, apalagi jika lingkungan mendukung.

  1. Kondisi ikan (faktor genetik, tubuh dan pola)

Faktor genetik sebagaimana disebutkan pada poin 1 dapat diartikan bahwa indukan super berpeluang besar untuk menghasilkan benih koi super juga.

Tubuh yang ideal untuk ikan koi adalah bentuk tubuh seperti torpedo, massa tubuh proporsional dari depan ke belakang, dan tidak ada ketidaksempurnaan sama sekali.

  1. Faktor pola

Untuk koi yang dianggap sangat estetis, pola yang rapi menjadi standar dalam penilaian koi Jepang. Seiring waktu, pola ini akan menjadi lebih menarik.

Jika anda berminat membudidayakan ikan koi ada baiknya mendapatkan informasi tentang perawatan ikan koi terlebih dahulu, baik melalui internet, majalah, maupun dari komunitas pecinta dan peminat ikan koi.

Baca Juga  Tahukah kamu cara merawat ikan hias, beda sama ikan di kolam biasa loh !!

Ikan Chagoi

Ikan koi chagoi merupakan salah satu jenis ikan koi dengan harga paling murah. Yang istimewa dari ikan jenis ini adalah kombinasi warna abu-abu dengan lapisan tipis kuning keemasan tanpa pola yang unik. Harga ikan jenis ini Rp 200.000 – Rp 400.000.

Ikan Tancho Koi

Ikan Tanco Koi biasanya memiliki warna dasar putih dan kepala bawang berwarna orange. Ikan Koi unik ini harganya Rp 700.000 – Rp 1.000.000.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Karena warnanya saja, ciri khas dari ikan Koi ini yaitu memiliki warna dasar putih pada badannya dan terdapat bercak-bercak hitam. Ikan Koi Shiro Utsuri ini harganya Rp 700.000 – Rp 800.000.

Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan koi jenis ini memiliki warna tubuh yang khas yaitu oranye kekuningan dengan bintik-bintik hitam. Ikan Koi ini harganya Rp 850.000 – Rp 900.000.

Ikan Koi Pembunuh Kumpay

Pembunuh Kumpay juga dikenal sebagai kupu-kupu Koi. Ini karena siripnya yang panjang dan cantik seperti kupu-kupu. Tak heran jika koi jenis ini harganya cukup mahal. Harga ikan cantik ini Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

Ikan Koi Ochiba Shigure

Ikan Koi Ochiba Shigure memiliki ciri khas warna dasar putih muda yang dipadukan dengan warna oranye muda atau hiasan. Harga Koi ini Rp 200.000 – Rp 300.000.

Ikan Koi Kumonryu

Ikan kumonryu memiliki ciri khas warna dasar putih dan corak hitam pada tubuhnya yang terlihat misterius. Harga ikan jenis ini Rp 600.000 – Rp 700.000.

Ikan Koi Shusui

Ikan Koi Shusui memiliki pola yang sangat unik. Memiliki ciri corak hitam di bagian punggung yang membentuk seperti tulang punggung. Harga ikan Shusui Koi adalah Rp 400.000 – Rp 500.000.

Baca Juga  4 jenis ikan hias air tawar langka dan cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *