Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

Ingin Memelihara Ikan Tanpa Tambahan Oksigen?

Ingin Memelihara Ikan Tanpa Tambahan Oksigen?Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

TerSurat.com Yogyakarta – Saat kita membeli akuarium ada beberapa aksesori yang juga perlu dibeli agar mereka tidak mudah mati, termasuk pompa oksigen.  Tidak sedikit pencinta ikan yang menanyakan, apakah ikan hias ini ada yang bisa hidup lama tanpa pompa oksigen atau aerator ini? Ternyata cukup banyak jenis ikan hias air tawar yang tidak perlu tambahan oksigen. Nah, berikut ini adalah beberapa di antaranya sebagai referensi Anda.

Baca Juga : 5 tips membeli ikan hias agar tidak tertipu

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang ini memiliki ekor dan sirip yang lebar dan mengembang dengan warna-warni cerah dan terlihat sangat cantik. Oleh karena ikan ini tidak mudah mati dan pemeliharaanya mudah,  maka banyak dipelihara  sebagai latihan memelihara dan merawat ikan hias.

Ikan Cupang yang bersifat agresif ini bisa hidup di air yang sedikit saja. Selain itu jenis ikan hias air tawar ini tetap bisa bertahan tanpa tambahan oksigen. Oleh karenanya, ikan ini bisa hidup di ukuran akuarium sebesar toples. Meskipun demikian, Anda tetap harus merawatnya dengan baik, dengan memberi makan teratur dan menjaga agar tidak stres.

2. Ikan Molly

Ikan Molly sering disebut sebagai ikan balon karena perut ikan ini saat dewasa buncit seperti balon, menyerupai ikan mas koki. Dengan harga yang cukup murah serta memiliki corak warna yang beragam, ikan Molly balon ini banyak diburu penggemar ikan hias.

Ikan Molly Balon cukup mudah dipelihara di akuarium dan tidak perlu perawatan yang intensif, bahkan tidak perlu tambahan oksigen. Ikan ini memiliki kekebalan tubuh yang tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, Ikan Molly memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik saat beradaptasi dengan lingkungannya.

Baca Juga  Limbah ternak membantu kesejahteraan para petani di Bali

3. Ikan Komet

Ikan Komet merupakan jenis ikan hias air tawar yang sungguh indah, tubuhnya ramping dengan warna merah menyala atau putih perak yang mengkilap. Ikan Komet ini memiliki ekor yang panjang dan melambai-lambai saat berenang ini memang mirip dengan  ikan koi karena satu famili.

Meski cantik ikan ini harganya murah dan perawatannya mudah. Siapa pun bisa merawat ikan ini karena pakannya mudah dan tidak rewel. Ikan Komet juga tahan dan kuat, sehingga  Anda tidak perlu menggunakan tambahan oksigen.

4. Ikan Koki

Ikan Koki yang banyak jenisnya ini postur tubuhnya  sangat lucu karena berbentuk bulat dan pendek. Oleh karenanya ikan ini seolah kesulitan saat berenang dan terlihat lucu. Namun, kabar baiknya ikan mas Koki ini merupakan ikan hias yang mudah dipelihara dan tahan.

Oleh karenanya ikan Koki bisa hidup di akuarium yang tanpa dipasang aerator atau penambah oksigen. Tentunya, asal perawatan pakan dan air tempat hidup dijaga dan tambahan lagi jangan dicampur dengan Ikan Komet yang suka menyerang ikan lain.

5.Ikan Nila Hias

Jangan salah, ikan Nila bukan hanya jenis ikan yang bisa dimakan, melainkan ada juga ikan Nila hias. Ikan Nila hias ini memiliki keindahan corak tubuh dan warna yang beragam sehingga enak dipandang. Ikan Nila yang harganya murah ini pun mudah dikembangbiakkan.

Oleh karena ketahanannya yang tinggi, ikan Nila bahkan bisa hidup  di kolam tanpa bantuan aerator atau penambah oksigen. Hanya saja pisahkan Ikan Nila ini dengan Ikan lainnya, karena Ikan Nila termasuk jenis ikan hias air tawar predator yang menyerang ikan jenis lain yang lebih kecil.

6.Ikan Lele Hias

Sama seperti Ikan Nila, Ikan Lele memiliki varian yang bisa dipelihara sebagai ikan hias akuarium. Ikan Lele Hias ini memiliki warna yang berbeda dari ikan Lele biasa, karena terdapat totol-totol merah muda dan merah tua  dengan kombinasi warna putih bening. Ikan Lele hias ini kuat dan tahan, sehingga bisa dipelihara tanpa bantuan oksigen tambahan.

Baca Juga  Tips memutihkan gigi dengan kulit pisang

7.Ikan Sapu-Sapu

Ikan Sapu-Sapu yang berwarna hitam monoton memang kurang dilirik bahkan dijuluki ikan monster. Namun, jangan salah ikan sapu-sapu hias memiliki warna yang beraneka ragam bahkan ada yang garis-garis hitam putih yang cantik sehingga tidak kalah indah dengan ikan hias lainnya.

Ikan Sapu-Sapu sangat mudah diperoleh di sungai dan kali dan biasanya difungsikan sebagai pembersih kolam dan akuarium. Oleh karenanya ikan yang suka mendekam di dasar kolam atau akuarium ini, mampu bertahan hidup tanpa oksigen tambahan. Bahkan, ikan ini bisa hidup di air yang tercemar limbah yang kotor dan beracun.

Nah, itulah ke-7 jenis  ikan hias air tawar yang bisa Anda pelihara tanpa bantuan aerator. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus tetap menjaga air akuarium selalu jernih, dengan menggantinya  secara teratur. Perhatikan pula pakannya dengan memberikannya setiap hari sekali dengan cara ditebarkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *