Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

Penyakit yang biasanya menyerang ikan hias dan cara pengobatannya

Penyakit yang biasanya menyerang ikan hias dan cara pengobatannyaKetahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

TerSurat.com Yogyakarta – Seringkali dalam hobby koi terjadi gangguan dalam konservasi ikan hias yang disebabkan oleh berbagai jenis hama dan penyakit.Seringkali, kurangnya pengetahuan dan keterlambatan penanggulangan atau kesalahan dalam pemberian obat-obatan menyebabkan kematian ikan hias.

Baca Juga : Manfaat yang Anda dapatkan dari Aquarium ikan hias dalam ruangan

Secara umum penyakit ikan hias dapat dibedakan menjadi tiga jenis penyebab yaitu parasit, bakteri dan virus, selain itu ikan hias juga sering terkena stress terutama pada ikan hias yang mudah stress seperti ikan koi.Dari semua penyebab penyakit ikan hias, salah satu penyebabnya adalah virus yang paling berbahaya. Jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat hanya dalam beberapa hari dan dapat berubah menjadi wabah yang menyebabkan kematian massal pada orang yang terinfeksi. Ikan hias tidak segera dikarantina dan ditempatkan.

Saat merawat ikan hias yang sakit sebaiknya kita kenali dulu jenis penyakit dan penyebabnya, agar dapat memberikan obat dengan baik sesuai dengan penyakit yang diderita.Pemberian obat yang salah dapat berakibat fatal pada ikan hias bahkan kematian pada ikan hias.

Berikut beberapa jenis penyakit yang umumnya menyerang ikan hias:

Luka pada tubuh ikan – diasapi (ULCER)

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh tingkah laku ikan hias itu sendiri, biasanya karena stress, misal: B. saat mencoba melompat atau menabrak ornamen kolam / akuarium, yang menyebabkan cedera.

Ini juga dapat memiliki konsekuensi lain, mis. B. Gatal akibat kutu sehingga ikan bergesekan dengan tubuh yang dapat mengakibatkan luka.

Baca Juga  Begini cara meredakan gangguan kecemasan yang dapat membuat rileks, makanan kah?

Ada kalanya luka yang mengeluarkan nanah (lendir berwarna putih susu kekuningan) atau lendir lainnya disebabkan oleh infeksi sistemik, yang biasanya juga disertai dengan berbagai efek penyakit lainnya.

Pencegahan:

  • Hindari penggunaan ornamen kolam dengan permukaan kasar / tajam
  • Untuk ikan baru, sebaiknya pengaturan suhu terlebih dahulu ke lokasi baru dengan cara merendamnya dalam kantong plastik di lingkungan baru.

Pengobatan:

Perendaman ikan hias dengan GESUND BL 250 selama 45-60 menit dalam wadah terpisah (sesuai petunjuk pengemasan) dilakukan setiap hari selama 1-2 hari atau sesuai kebutuhan khusus ikan yang lukanya minimal mengalir keluar sampai nanahnya keluar. tidak terlihat.

Sangat disarankan untuk menempatkan kesehatan yang aman dalam wadah karantina. Setelah pengobatan, gunakan biotik yang sehat untuk memulihkan sistem pencernaan.

Untuk luka yang lebih kecil dan nanahnya belum terkuras, pengobatannya cukup dengan menggunakan sihir biru GESUND

catatan:

  • Jangan menggunakan media filter kimiawi selama proses perawatan, mis. B. karbon, cincin keramik, batu zeloid, dll.
  • Penggunaan filter biologis tidak menjadi masalah untuk perawatan, tetapi dapat merusak sistem filter biologis.

SKALA INFLASI – DROPTION

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, penyakit ini biasanya terjadi karena lingkungan yang merugikan, dan lingkungan tersebut tercemar oleh sisa makanan atau sisa metabolisme.

Pencegahan:

Hindari ikan dari ikan lain yang terinfeksi, gunakan filtrasi yang baik, atau perawatan rutin perangkat filter dan lingkungan sesuai dengan kapasitas perangkat filter.

Tanda-tanda penyakit ini

  • Shed diangkat dan akhirnya ditarik
  • Sisik yang terinfeksi biasanya muncul sebagai duri piramidal
  • Biasanya menyerang timbangan lalu menyebar ke seluruh tubuh.

Pengobatan:

Dapat menggunakan GESUND blue magic dengan dosis 1 g untuk 400 liter air untuk ikan yang telah terinfeksi parah dengan dosis 1 g untuk 200 liter air selama 1-2 hari atau sampai tanda fisiknya tampak sudah pulih.

Baca Juga  5 tanaman hias yang bisa menyerap kelembapan di kamar mandi

Penambahan GESUND safe sangat dianjurkan, terutama untuk ikan yang terinfeksi berat

Setelah selesai proses pengobatan, tambahkan biotik SEHAT

catatan:

  • Jangan menggunakan media filter kimiawi selama proses perawatan, mis. B. karbon, cincin keramik, batu zeloid, dll.
  • Penggunaan filter biologis tidak menjadi masalah untuk perawatan, tetapi dapat merusak sistem filter biologis.

Penyakit lumpur

Penyakit ini biasanya menyerang ikan karena sistem penyaringan yang tidak memadai atau perubahan air yang terlambat. Biasanya terjadi akibat pemberian makan yang berlebihan, terutama makanan tinggi protein, iritasi kulit ikan, dan munculnya bakteri yang menginfeksi pembuluh darah.

Pencegahan:

Gunakan sistem filtrasi dan verm yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *