Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

Apakah Anda ingin mengetahui resiko-resiko bisnis ikan mas dalam bisnis ikan mas berikut ini?

Ketahui resiko-resiko bisnis ikan mas Sebelum malakukan bisnis ikan mas berikut ini?Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

TerSurat.com Yogyakarta – Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan tubuh yang pipih dan lembut. Ikan mas sudah ada sejak 475 SM. Dibesarkan di Cina. Ikan mas dipelihara di Indonesia sekitar tahun 1920. Ikan mas punt dan majalaya adalah hasil seleksi buatan Indonesia. Sejauh ini sudah ada 10 ekor ikan mas yang dapat dikenali dari ciri morfologinya.

Baca Juga : Prospek Usaha Ikan Hias, Musiman atau Akan Langgeng?

Meskipun tingkat permintaan pasar lokal untuk ikan mas dan ikan air tawar lainnya terus naik dan turun, angka rata-rata penjualan menunjukkan bahwa hal itu meningkat dari tahun ke tahun. Apabila pasar ikan mas lokal terlihat lesu, maka akan berdampak besar pada harga jual baik di tingkat petani maupun di tingkat grosir di pasar ikan. Apalagi jual benih ikan mas hampir tidak ada masalah, prospeknya cukup bagus. Selain faktor pendukung dan permintaan yang potensial terhadap produk perikanan untuk pasar lokal, sektor perikanan merupakan salah satu peluang usaha terbaik.

Keunggulan ikan mas antara lain adalah ketersediaan protein hewani dan sebagai ikan hias. Budidaya ikan mas berkembang pesat di tambak umum, persawahan, waduk, sungai berair deras, dan sebagian di keramba di perairan umum. Sentra produksi ikan mas tersebut adalah: Ciamis, Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor, Garut, Bandung, Cianjur, Purwakarta

Ikan mas merupakan ikan air tawar utama yang memiliki konsumen tetap yang besar, terutama di Jawa, Sumatera Utara, Barat dan Selatan, serta Sulawesi Utara. Peningkatan penduduk Indonesia yang signifikan setiap tahun berarti peningkatan yang signifikan pada konsumen ikan mas tradisional. Terlepas dari produksi yang dihasilkan, akan terus diserap oleh permintaan pasar yang sangat besar. Dengan kata lain, ceruk pasar ikan mas masih sangat terbuka bagi pemain baru yang ingin terjun ke budidaya ikan mas.

Baca Juga  Ketahui Pentingnya Hak Merek Dagang Untuk Perusahaan Anda Dan Cara Mendaftarkannya

Ikan mas merupakan menu khusus restoran dengan nuansa etnik tertentu (sunda) yang sudah menyebar hingga kota-kota besar di tanah air. Demikian juga ikan mas merupakan ikan utama saat memancing. Perkembangan kedua jenis usaha ini baik secara langsung maupun tidak akan menambah jumlah konsumen baru.

Resiko bisnis

Risiko mematikan yang muncul dalam usaha jaring apung adalah kematian massal yang menumpuk di dasar perairan. Selama penguraian kotoran, oksigen dikeluarkan dari lapisan dasar dan mengandung banyak zat beracun, khususnya gas amonia dan metana. Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, lapisan bawah waduk teraduk dan naik ke permukaan, mengubah kualitas air yang tidak dapat ditoleransi oleh ikan mas. Saat ini, pemerintah memiliki peraturan tentang perizinan usaha dan saran waktu tanam yang walaupun tidak sepenuhnya menghindari risiko di atas, namun tetap menurunkan angka kematian / kerugian.

Dari sisi ekonomi, fluktuasi harga terutama harga pakan dan harga jual ikan seringkali tidak terkontrol dengan baik. Jatuhnya nilai tukar rupiah seringkali langsung diikuti dengan kenaikan harga pakan. Namun, ketika nilai tukar kembali normal, umpan ini akan sulit untuk turun kembali. Keadaan ini dari waktu ke waktu mengurangi margin operasi bahkan menyebabkan kerugian.

Dalam hal manajemen budidaya, risiko budidaya ikan gurame dengan jaring apung adalah sebagai berikut. ::

  1. Saat ini belum ada standarisasi benih. Kualitas benih yang masih buruk menyebabkan pertumbuhan dan efisiensi pakan yang buruk.
  2. Kematian ikan akibat penanganan benih yang buruk sehingga menyebabkan benih menjadi stres dan mati.
  3. Masih ada wabah penyakit.

Pada tahun 1980 terjadi wabah penyakit bakterial, yang terulang kembali pada tahun 2002 dengan penyakit virus. Meski dua insiden ini terjadi di sejumlah kecil perusahaan di jaring apung, kejadian tersebut memang terjadi

Baca Juga  Tertarik dengan Bisnis Barbershop? 7 tips memulai bisnis barbershop yang perlu kamu pahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *