Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

Prospek Usaha Ikan Hias, Musiman atau Akan Langgeng?

Prospek Usaha Ikan Hias, Musiman atau Akan Langgeng?Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

TerSurat.com Yogyakarta – Siapa yang tidak suka melihat ikan warna-warni berenang di sekitar sungai atau lautan? Namun untuk melihat keindahan ini kita harus melakukan perjalanan ke sungai, lautan, atau akuarium, dan memiliki ikan hias sebagai hewan peliharaan bisa menjadi masalah bagi sebagian orang.

Baca Juga : Dengan modal Rp 130.000, Rendi Berpenghasilan Rp 6 juta

Peneliti ikan Gema Wahyudewantoro dari Pusat Penelitian Biologi LIPI mengatakan tren ikan hias dari waktu ke waktu relatif stabil karena memiliki penggemarnya sendiri, meski memang terlihat sedang naik daun.Di Indonesia, ikan cupang merupakan primadona pecinta ikan hias. Ikan yang dulunya dikenal sebagai ikan aduan ini tidak hanya mudah berkembang biak, tetapi juga cepat beradaptasi dengan berbagai lingkungan air tawar. “Ikan cupang relatif mudah dirawat dan dirawat, sehingga trend di kalangan pembudidaya ikan di sini adalah memiliki trik membuat kombinasi warna,” ujarnya beberapa waktu lalu, seperti terungkap di akun Facebook LIPI, Kamis (5/11).

Menurutnya, cupang di seluruh dunia ada 73 spesies, dengan 52 spesies tersebar di perairan umum di Indonesia. Salah satu jenis ikan cupang yang cukup terkenal di masyarakat adalah cupang splendens. Ikan B.splendens merupakan ikan impor yang didatangkan dari Thailand antara tahun 1980-an hingga 1990-an untuk memperkaya jenis ikan hias di Indonesia.

Tidak sulit juga untuk memulai toko ikan hias. Anda bisa memulainya dengan terlebih dahulu mempelajari ciri-ciri ikan yang akan dipelihara. Anda bisa menentukan jenis ikan apa yang dijual dan siapa konsumen potensial. Meski bisnis hobby ini cukup menguntungkan, namun pasar yang tersegmentasi membuat tingkat persaingan cukup tinggi dan kompetitif.Selain keuntungan ekonomi, ada beberapa alasan yang membuat Anda tertarik untuk langsung membudidayakan ikan, seperti yang tertera di Fish Farm Tank:

  • Anda bisa berbisnis dan hobby sekaligus.

Jika Anda menyukai ikan dan memelihara ikan, manfaat ini jelas bagi Anda. Bisnis yang dimulai dengan sesuatu yang Anda sukai atau hobi Anda mengubah pekerjaan yang membosankan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jika Anda terbiasa beternak ikan sebagai hewan peliharaan, Anda pasti sudah memahami kebutuhan dasar memulai usaha budidaya ikan. Anda tidak hanya akan tahu cara meningkatkannya dengan benar, tetapi Anda akan mengerti di mana memasarkannya atau hambatan lain yang mungkin muncul. Oleh karena itu, mengetahui segala sesuatu yang diperlukan untuk membudidayakan ikan dan bahkan mungkin tidak perlu membeli buku hias budidaya ikan sangat mungkin berhasil dalam bisnis ini.

  • Tidak membutuhkan media atau area yang luas.

Ikan yang dipelihara untuk konsumsi manusia biasanya membutuhkan media yang lebih besar untuk dipelihara, tetapi ikan hias berbeda. Dalam budidaya ikan jenis ini, kualitas merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, akuarium sudah cukup sebagai media untuk memulai bisnis ini. Plus, Anda hanya membutuhkan lebih sedikit investasi di muka dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya.

  • Mudah Dibudidayakan

Budidaya ikan hias mungkin merupakan salah satu jenis usaha yang paling mudah dilakukan, mengingat tidak sulit untuk dibudidayakan. Selama Anda tahu tentang biologi dan kebiasaan dasar mereka, Anda dapat membesarkannya dalam kenyamanan taman Anda sendiri.

  • Tidak membutuhkan banyak tenaga Kerja

Budidaya ikan hias tidak membutuhkan tenaga fisik yang berat. Anda hanya membutuhkan satu unit akuarium dan Anda dapat mengatur peternakan ikan Anda sendiri. Satu-satunya saat Anda membutuhkan tenaga fisik adalah saat Anda perlu memindahkan ikan ke tangki lain,

Baca Juga  8 Tips Pemasaran Media Sosial Untuk Membantu Anda Menjalankan Strategi Anda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *