Ketahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

Dengan modal Rp 130.000, Rendi Berpenghasilan Rp 6 juta

Dengan modal Rp 130.000, Rendi Berpenghasilan Rp 6 jutaKetahui 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya

TerSurat.com Yogyakarta -Berdasarkan keseruannya mengoleksi ikan cupang hias, Rendi Aulia, 24 tahun, justru meraup untung sekitar Rp 5 hingga 6 juta per bulan. Padahal, niat hati tersebut hanya untuk melepaskan keinginan hati untuk mengoleksi ikan cupang hias sebagai hobi. Namun, pada akhirnya ia berhasil membudidayakan dan membuka usaha budidaya ikan air tawar ini.

Baca Juga : Budidaya Ikan Hias, Ide Bisnis Menguntungkan untuk Dicoba

Usaha yang dijalankan Rendi di rumahnya di 33 Jalan Parak Gadang Raya di Desa Ganting Parak Gadang, Kabupaten Padang Timur hanya Rs 130.000. Uang ini digunakan untuk membeli gelas yang akan diubah menjadi beberapa akuarium untuk menampung 20 ikan cupang hias dari berbagai spesies dari tangan pedagang kaki lima.

Rendi mengatakan, ide pembukaan toko ikan cupang hias ini karena observasi di lapangan. Ia melihat belum ada pelaku ekonomi di Padang yang berkonsentrasi membesarkan dan menjalankan usaha ikan cupang. Toko ikan hias hanya menjadikan ikan cupang hias sebagai pelengkap.

“beberapa jenis ikan hias yang hanya saya jadikan pajangan ruangan saja. Namun secara khusus menjual ikan bedfish setelah setelah melihat kondisi di lapangan bahwa tidak ada satupun toko ikan hias yang fokus membudidayakan , dan saat itu juga muncul keinginan untuk membudidayakan ikan ini secara khusus dan mengubahnya menjadi peluang usaha ”, Dia kata Rendi kepada Haluan, Rabu (20/4).

Ia mengatakan, membangun toko ikan hias bukanlah hal yang mudah. Selama bertahun-tahun, ia telah belajar memberi makan ikan ini, meskipun ia sering jatuh dan bangun. Hingga saat itu, ribuan akuarium dan ikan cupang hias dari berbagai spesies memenuhi tokonya.

Baca Juga  Bagi Investor baru yang akan memulai peluang bisnis wajib ketahui hal penting ini

“Selama setahun usaha ini dibangun. Alasannya, saya hanya mempelajarinya dari buku pedoman dan observasi. Ikan yang semula 20 ekor ikan dijadikan percobaan untuk usaha ini. Empat kali gagal dan ikan mati. memilih asesoris yang tepat dan mencoba memulai kembali itulah yang saya lakukan, ”terangnya.

Mengembangbiakkan ikan cupang hias ini, kata Rendi, bukanlah hal yang mudah karena ikan ini memiliki sifat ketuhanan saat bertemu dengan ikan cupang hias lainnya. Dia sering tidak bisa membudidayakan ikan.

“Awalnya sulit mengawinkan ikan. Saya harus menontonnya berkali-kali dan membiarkan salah satu ikan mati karena mereka berkelahi. Kalaupun sudah berhasil kawin, Anda harus berhati-hati agar bisa mendapatkan telur tersebut. “Telurnya mungkin tidak menetas,” jelasnya.

Setelah melewati masa-masa sulit, Rendi akhirnya bisa mengembangkan usahanya dengan ikan cupang hias, berhasil masuk pasar dan keluar dari daerah tersebut. Selain Pa¬dang, pesanan datang dari beberapa kota lain seperti Payakumbuh, Bukittinggi, Pariaman, Sawahlunto dan Solok. Dalam sebulan dia bisa menjual sekitar 500-750 ekor ikan dari berbagai spesies.

“ hanya 200 – 500 ekor bibit kemampuan saya menjual ke luar kota . Sisanya dibeli masyarakat di Kota Padang. Biasanya saya bisa jual sekitar 500-750 ekor. Jenis ikan yang diminta kebanyakan jenis sabit,” imbuhnya. . (lereng bukit)

Tips sukses usaha ikan hias modal kecil harus diketahui  pemula yang mencari peluang baru. Bisa dikatakan bisnis ikan hias sendiri memiliki prospek yang cukup riskan. Mengapa? Karena pangsa pasarnya sudah fokus.

Beragamnya pangsa pasar saat ini, jelas pelanggan juga akan datang dari berbagai kalangan sehingga usaha ikan hias sendiri bisa menjadi prospek usaha yang menjanjikan dan tentunya menguntungkan.

Baca Juga  7 Jenis Pekerjaan Pemasaran yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *