Susah Tidur, 6 Cara Mengatasi Insomnia Ini Patut Dicoba

Susah Tidur? 6 Cara Mengatasi Insomnia Ini Patut Dicoba

Yogyakarta, Tersurat.comInsomnia, juga dikenal sebagai gangguan tidur di malam hari, bisa sangat mengganggu. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat penting dan perlu dipenuhi. Orang yang menderita insomnia umumnya memiliki kualitas tidur yang semakin sedikit. Kabar buruknya, sulit tidur di malam hari, bisa mengganggu aktivitas sepanjang hari.

Faktanya, waktu yang dibutuhkan untuk tidur dapat berbeda dari orang ke orang, tergantung pada usia gaya hidup mereka serta faktor lingkungan. Namun, secara umum, orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 hingga 8 jam tidur setiap malam. Insomnia ditandai dengan gejala insomnia, sering terbangun di malam hari, dan ketidakmampuan untuk tidur meskipun kamu merasa lelah setelah beraktivitas seharian.

Cara Sederhana Mengatasi Insomnia

Faktor penyebab insomnia bisa bermacam-macam, dari efek gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan, hingga gangguan jiwa, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat. Penting untuk diketahui apa penyebab insomnia agar gangguan tidur ini dapat dengan mudah diatasi. Ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi insomnia yang mungkin bisa kamu coba, di antaranya:

Lakukan relaksasi

Sebagai langkah relaksasi, Kamu bisa melakukan yoga ataupun pilates sebelum kamu tidur. Keduanya menawarkan rasa nyaman dan tenang, sehingga memudahkan Kamu untuk tidur nyenyak. Relaksasi juga bisa dicapai melalui mandi air hangat, mendengarkan musik, drama, atau aktivitas lain yang Kamu suka.

Siapkan rencana tidur

Menyesuaikan jadwal tidur dapat memudahkan tubuh untuk beristirahat sehingga dapat terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak jelas atau sering berubah juga sering menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme harian yang mengatur metabolisme tubuh. Ini juga mempengaruhi siklus tidur dan bangun di pagi hari.

Baca Juga  Manfaat alpukat dapat membantu mencegah berbagai penyakit, termasuk osteoporosis!

Suasana Kamar yang nyaman

Kamu mungkin saja mengalami insomnia karena suasana di dalam kamar Kamu tidak nyaman. Jika insomnia berlanjut, coba ubah pengaturan kamar atau lampu malam untuk membuatnya lebih gelap. Kamu juga bisa mencoba mengatur suhu ruangan agar tubuh terasa lebih hangat. Buatlah kamar kamu senyaman mungkin

Konsumsi makanan sehat

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Ini karena mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung setidaknya 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. Selain kafein, meminum juga alkohol dapat membuat seseorang mudah tertidur, tetapi tidak dapat membuat Kamu sampai terlelap. Sehingga kualitas tiduk kamu juga kurang baik.
Olahraga

Mengatasi insomnia juga bisa dicapai melalui aktivitas fisik secara teratur/Berolahraga. Rutinitas olahraga telah terbukti memberikan manfaat kesehatan yang baik secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh kamu. Olahraga dapat membantu mengatur suasana hati, memberi tubuh lebih banyak energi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur kamu.

Hindari alkohol dan rokok sebelum tidur

Kandungan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan gangguan tidur pada sebagian orang. Selain rokok, Kamu juga perlu menghindari mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein. Banyaknya minuman tersebut akan membuat Kamu tetap terjaga dan membuat Kamu sulit tidur di malam hari. Alih-alih mengonsumsi alkohol dan kafein, Kamu bisa menggantinya dengan susu hangat.
Menghitung

Ini adalah cara lama yang digunakan untuk mengatasi susah tidur dengan cara menghitung mundur dari 100. Ada beberapa alasan mengapa cara ini dianggap cukup efektif untuk membuat seseorang cepat tidur, di antaranya karena aktivitas seperti ini membosankan dan dapat mengacaukan pikiran cemas seseorang

Nah. Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi insomnia kamu
Selamat mencoba!

Baca Juga  Peneliti China Memastikan Obat Antimalaria Dapat Mengatasi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *