Bersepeda terlalu padat, pemula waspadai risiko serangan jantung

Bersepeda terlalu padat, pemula waspadai risiko serangan jantung

Bersepeda terlalu padat, pemula waspadai risiko serangan jantung

Bersepeda terlalu padat, pemula waspadai risiko serangan jantung

TerSurat.com Yogyakarta – Pandemi virus corona telah menyadarkan banyak orang akan pentingnya kesehatan. Hal tersebut terlihat pada munculnya orang-orang yang melakukan olahraga setiap pagi dan sore hari, seperti bersepeda. Selain baik untuk kesehatan, olahraga juga membutuhkan persiapan agar tidak buruk.

Baca Juga : Sudahkah tau Caranya Bersepeda yang baik dan tepat??

Azrul Ananda, pendiri Mainscycle.com, mengaku akhir-akhir ini banyak orang yang sadar akan pentingnya olahraga.Itu bisa dilihat ketika lebih banyak orang mengendarai sepeda di jalan daripada sebelumnya. “Sekarang banyak yang sadar akan pentingnya olahraga dan punya banyak waktu karena aktivitasnya di rumah,” kata Azrul dalam talk show di akun YouTube BNPB Indonesia, Minggu (6 Juli 2020).

Pengetahuan tentang bersepeda, namun menurut Azrul, jumlah orang yang terlibat dalam olah raga belum diimbangi dengan pengetahuan yang baik. Meskipun pendidikan tentang etika bersepeda aman sangat penting bagi para pemula, di saat banyak orang mulai berolahraga. Untuk pemula yang baru memulai olahraga, ada langkah-langkah tertentu yang perlu diperhatikan.

Seolah-olah Anda tidak memaksakan diri selama sesi latihan pertama. Karena jika Anda berusaha terlalu keras, kesehatan Anda berisiko. “Risikonya bisa serangan jantung dan resikonya. Sudah banyak kasus seperti itu,” ucapnya. Selain itu, faktor etika dan perlindungan diri seperti helm juga sangat penting.

Ini untuk menghindari kondisi parah saat terjadi kecelakaan. “Jadi jangan sampai terhindar dari korona, ke rumah sakit karena terkena serangan jantung atau kecelakaan saja, bukan virusnya,” ucapnya.

Pembatasan kelompok putra yang juga Presiden Klub Persebaya Surabaya ini juga menjelaskan pentingnya keselamatan bersepeda saat pandemi Covid-19 hari ini. Ini seperti mempersempit sekelompok sepeda hanya dengan mereka yang sudah mengenal satu sama lain.

Baca Juga  Cabang olahraga Hockey: Jenis, peralatan, dan peraturan Hockey

Ini juga berfungsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Sebaiknya kita mengenal lingkungan sehari-hari dengan teman-teman yang kita kenal. Itu artinya saling melindungi, saling percaya,” ucapnya.

Selain itu, saat Anda mengemudi, seseorang yang sudah saling mengenal bisa memahami formasi di jalan.

Ini melibatkan menjaga jarak aman seperti 2-2 dengan berdiri di samping satu sama lain. “Enggak usah ngomong, bisa pakai kode tangan. Itulah pentingnya bersepeda dengan mereka yang saling mengenal dan menghafal,” terangnya.

Menggunakan buff lebih nyaman. Kemudian protokol kesehatan seperti memakai masker atau buff juga penting untuk menghindari penularan virus. Azrul menyarankan agar buff lebih nyaman digunakan, karena bisa menutupi hidung dan mulut, tapi juga telinga. Selain itu, udara dan air bisa keluar ke bawah.

Bisa jadi lebih pengap saat menggunakan masker. “Agak lebih nyaman pakai buff, tapi masih belum normal. Pakai masker di jalan yang ramai. Kalau jalanan sepi di pegunungan terbuka, tidak apa-apa,” jelasnya. Sedangkan di lampu merah dan banyak sepeda motor,

menurutnya penting untuk menjaga jarak. “Jangan buat mereka ikutan. Lebih jauh ke belakang lebih baik agar tidak ikut keramaian,” ucapnya.

“Setelah berolahraga butuh waktu untuk mendinginkan dan mengeringkan keringat. Karena setelah luka bakar ada yang terbakar. Saat olah raga selesai, badan masih hangat dan ini terkadang membuat sulit untuk tidur.”Ada penelitian yang menunjukkan interval pendek antara tidur dan gerakan tidur yang tidak sehat.

Setidaknya 2 jam, suhu turun, jantung turun, baru bisa tidur nyenyak.”Andhika berpesan jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan jaga kebersihan.

“Kamu tidak harus sendirian jika takut pada dua atau tiga orang di antaranya. Jangan biasakan datang dan berlatih dan nongkrong; datang, latihan, dan pulang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *