Bersepeda yang baik dan tepat??

Sudahkah tau Caranya Bersepeda yang baik dan tepat??

Sudahkah tau Caranya Bersepeda yang baik dan tepat??Bersepeda yang baik dan tepat??

Dalam beberapa tahun terakhir dan mungkin ke depan, bersepeda menjadi trend bagi banyak orang. Apalagi pada masyarakat perkotaan yang pernah mengalami kebosanan dengan berbagai jenis polusi dan kemacetan lalu lintas di jalan raya. Tak heran jika semakin banyak terbentuk klub atau komunitas bersepeda dengan aliran yang berbeda-beda, antara lain balap sepeda, sepeda fixie, BMX, Ontel, MTB dan lain sebagainya.

Meskipun kelihatannya mudah untuk mengendarai sepeda, ada hal-hal berbeda secara teknis dan medis yang perlu diwaspadai oleh pengendara sepeda untuk mendapatkan manfaat dari bersepeda dan untuk merasa aman dan nyaman saat bersepeda.

Baca Juga : Inilah 6 otot tubuh yang bekerja saat bersepeda!

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi yang dibuat oleh sejumlah ahli sebelum dan selama bersepeda. Rekomendasi ini meliputi:

  • Usahakan minum sebelum bersepeda atau saat bersepeda. Minum diperlukan untuk menebus kekurangan cairan atau yang keluar dalam bentuk keringat. Hindari minuman ringan. Minum air jauh lebih baik.
  • Bersepeda tidak instan, melainkan melalui proses dan pelatihan yang berkesinambungan. Bersepeda untuk hasil yang baik harus dilakukan secara bertahap, intens, dan teratur. Dan jangan lupa untuk beradaptasi dengan kemampuan Anda sendiri.
  • Untuk menghindari kelelahan yang berlebihan saat bersepeda, usahakan untuk tidak melakukan olahraga berlebihan yang berdampak pada penurunan kekuatan fisik.
  • Jarak yang disarankan untuk keperluan fitnes kurang dari 15 kilometer. Jarak ideal dalam satu siklus sekarang adalah 40 km. Untuk pengendara sepeda berusia 40 tahun ke atas, kecepatan idealnya adalah 22-27 km / jam. Semakin muda seseorang, semakin cepat kecepatannya, dan Anda disarankan untuk melakukan ini tidak lebih dari tiga kali seminggu.
  • Sebelum bersepeda, lebih baik memulai pemanasan.
  • Dalam bersepeda, keadaan tubuh dalam keadaan bugar, keadaan tubuh yang bugar dijaga dengan istirahat atau tidur yang cukup.
  • Usahakan posisikan posisi atau pelana lebih tinggi dari setir agar otot tangan tidak terlalu tegang saat memegang roda sepeda dan pengendara sepeda dapat bermanuver dengan leluasa.
  • Gunakan ujung kaki Anda sebagai tumpuan saat mengayuh untuk performa maksimal.
  • Kepala harus tegak lurus ke depan dan harus bisa melihat ke depan dengan jelas, meski badan dalam posisi agak menekuk.
  • Selalu gunakan alat pelindung diri seperti helm, kacamata safety, sarung tangan, dll saat bersepeda.
  • Tetaplah sehat selama bersepeda dan semoga apa yang telah dikatakan di atas dapat bermanfaat bagi para pecinta bersepeda.
Baca Juga  Gaya renang manakah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan?

 

  • Kepala harus tegak lurus ke depan dan harus bisa melihat ke depan dengan jelas, meski badan dalam posisi agak menekuk.
  • Selalu gunakan alat pelindung diri seperti helm, kacamata safety, sarung tangan, dll saat bersepeda.
  • Tetaplah sehat selama bersepeda dan semoga apa yang telah dikatakan di atas dapat bermanfaat bagi para penyuka bersepeda.

Berbicara tentang gaya hidup sehat, bersepeda merupakan salah satu olahraga mudah yang dapat menyehatkan tubuh. Olah raga yang menyenangkan, tidak memakan waktu lama, itu mudah, tetapi memiliki banyak sekali keuntungan. Pasalnya, bersepeda diharapkan dapat mencegah segala macam penyakit.

Bersepeda merupakan salah satu olahraga aerobik yang memiliki banyak manfaat. Kesehatan bersepeda yang menjanjikan bagi tubuh antara lain menjaga bentuk tubuh ideal, kekuatan kaki, melatih otot inti, meningkatkan kesehatan mental, mengurangi risiko kanker, menjaga metabolisme tubuh, mencegah penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan meningkatkan keseimbangan. dan banyak lagi.

Selain banyak manfaatnya, intensitas wahana juga bervariasi sehingga cocok untuk semua level. Mereka bahkan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, untuk kegiatan rekreasi atau untuk usaha kompetitif yang intens seperti perlombaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *