manfaat kesehatan dari bersepeda

Ternyata inilah 7 manfaat kesehatan dari bersepeda yang tidak pernah kalian sadari

Ternyata inilah 7 manfaat kesehatan dari bersepeda yang tidak pernah kalian sadari

TerSurat.com Yogyakarta – Aktif secara fisik adalah kunci kebugaran dan kesehatan. Alasannya, aktivitas fisik secara teratur melindungi kita dari risiko penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan artritis.

Anda tidak perlu menyewa pelatih khusus atau mengeluarkan uang untuk pergi ke gym. Kita bisa rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga, termasuk bersepeda, dengan cara yang sederhana dan murah.

Saat memulai halaman Betterhealth, bersepeda rutin menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengurangi efek gaya hidup pasif.

Baca Juga : 8 manfaat bersepeda bagi wanita dan pria setiap hari membuat mereka sehat jasmani dan rohani

Jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh semua kalangan usia ini juga bisa menjadi sarana relaksasi untuk menyegarkan pikiran. Berikut adalah beberapa keuntungan bersepeda dibandingkan aktivitas fisik lainnya:

– Efek samping rendah

Bersepeda menyebabkan lebih sedikit stres dan cedera daripada kebanyakan bentuk aktivitas fisik lainnya.

– Latihan otot yang baik

Bersepeda membuat semua kelompok otot utama bergerak saat kita mengayuh.

– Mudah dilakukan

Tidak seperti kebanyakan olahraga lainnya, bersepeda tidak membutuhkan keterampilan fisik tingkat tinggi.

– Baik untuk Kekuatan dan Daya Tahan

Bersepeda dapat meningkatkan ketahanan, kekuatan dan kebugaran aerobik.

– Menghemat waktu

Bersepeda bukan hanya sebagai salah satu bentuk olah raga, tetapi juga dapat menjadi sarana transportasi saat kita melakukan aktivitas sehari-hari.

Manfaat Bersepeda Selain banyak manfaat, bersepeda menawarkan manfaat kesehatan sebagai berikut:

Mengontrol Berat Badan

Bersepeda merupakan cara yang bagus untuk mengontrol atau mengurangi berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme, membentuk otot, dan membakar lemak tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa satu jam bersepeda membakar 300 kalori. Penelitian dari Inggris juga menunjukkan bahwa bersepeda selama setengah jam sehari membantu membakar lima kilogram lemak dalam setahun.

Menjaga Kesehatan Jantung

Bersepeda memperkuat otot jantung, menurunkan detak jantung istirahat dan menurunkan kadar lemak darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang rutin bersepeda ke tempat kerja dua hingga tiga kali lebih sedikit terpapar polusi dibandingkan orang yang menggunakan mobil, sehingga fungsi paru-parunya meningkat. Penelitian dari Denmar, yang meneliti 30.000 orang berusia antara 20 dan 93, juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur melindungi kita dari penyakit jantung.

Meminimalkan risiko diabetes

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan masyarakat yang serius. Kurangnya aktivitas fisik adalah alasan utama diabetes terus meningkat. Penelitian dari Finlandia menunjukkan bahwa bersepeda selama 30 menit sehari dapat menurunkan risiko diabetes hingga 40 persen. 5

Meningkatkan Kesehatan Mental

Masalah kesehatan mental seperti depresi, stres, dan kecemasan dapat dikurangi dengan bersepeda secara teratur. Ini karena bersepeda memiliki efek yang sama dengan rekreasi, yaitu mendorong dopamin dan menimbulkan perasaan bahagia.

Mencegah resiko tekanan darah tinggi

Bersepeda merupakan aktivitas sehat yang sangat baik dalam mencegah risiko tekanan darah tinggi. Manfaat bersepeda juga dapat mengontrol detak jantung, mengurangi jumlah lemak di tubuh, dan memperkuat otot-otot tubuh terutama kaki.

Mencegah risiko jantung

Manfaat bersepeda tidak hanya dapat mencegah risiko tekanan darah tinggi dengan baik, tetapi juga membantu mencegah risiko jantung. Bersepeda setidaknya 20 menit sehari akan membantu mengontrol detak jantung Anda, menghindari risiko kelelahan, dan menghindari obesitas.

Menurunkan resiko depresi

Bersepeda di pagi atau sore hari dapat membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan. Manfaat bersepeda juga meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *