6 Makanan yang harus dihindari saat Sahur

6 Makanan yang harus dihindari saat Sahur

Yogyakarta, Tersurat.com – Pilihlah asupan nutrisi yang tepat saat sahur karena makanan akan mempengaruhi kualitas puasa saat itu. Jika asal memilih asupan yang dimakan, maka bersiaplah cepat merasa lapar dan haus. Beberapa makanan memiliki sifat retensi terhadap air, yang menyebabkan rasa haus lebih cepat daripada makanan yang lainnya. Apa saja makanan yang wajib dihindari saat sahur?

Berikut daftar makanan yang bisa bikin tenggorokan serasa gak aman.

Makanan dengan kandungan yang tinggi sodium

Baca Juga : Jangan lakukan ini saat sahur! Bisa menguras energi saat puasa

Garam membuat makanan lebih enak dan gurih, sehingga nikmat. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi garam juga bisa merugikan mereka yang ingin berpuasa. Kandungan garam yang tinggi lebih banyak menyerap air ke dalam tubuh. Jadi akan merasa ingin banyak minum setelah makan.

Beberapa makanan tinggi garam atau sodium merupakan makanan siap santap, seperti ayam goreng, mie instan, pizza, dan makanan kemasan gurih lainnya. Jika Anda haus setelah imsak, jangan merasa aneh ya.

Makanan berminyak

Selain itu, makanan yang mengandung minyak berlebih membuat rasa haus lebih mudah. Minyak menyebabkan tubuh Anda lebih cepat haus, jadi jika Anda makan menu berminyak saat sahur, Anda perlu menambah asupan air. Makanan yang banyak minyaknya adalah nasi goreng dan gorengan. Salah satu strateginya agar tidak mudah haus adalah memperbanyak sayur mayur dan minum air putih untuk asupan yang seimbang.

Makanan santan

Hal lain yang rasanya enak tapi memiliki efek samping saat berpuasa adalah santan. Minyak dan lemak di dalamnya dapat menyebabkan tubuh kehilangan kelembaban lebih cepat daripada makanan lain. Anda bisa menghindari makanan yang mengandung santan yang terlalu kental saat sahur.

Baca Juga  Ini Dia Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh

Jika sudah punya, tambahkan banyak sayuran dan minum lebih banyak air dari biasanya. Dengan cara ini tubuh Anda bisa lebih mengikat minyak ke air agar tidak menetes ke tubuh saat Anda mulai berpuasa.

Makanan pedas

Makanan pedas ternyata bisa menambah kelezatan rasa yang Anda nikmati di menu sahur Anda. Namun sayang, rasa pedas yang berlebihan bisa menimbulkan rasa haus. Makanan pedas menguras energi Anda dan bisa membuat Anda merasa lebih aktif setelah makan. Selain itu, terlalu banyak panas bisa membuat tubuh Anda banyak berkeringat.

Akibatnya tubuh kehilangan banyak air. Jadi batasi asupan makanan pedas saat sahur agar tidak mudah haus. Selain itu, menghindari makanan pedas dapat membantu mencegah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh efek pedas.

Makanan manis

Setelah menyantap hidangan gurih, biasanya Anda membutuhkan sesuatu yang manis. Sayangnya, makanan manis ini lebih mudah menyebabkan rasa haus daripada tidak mengkonsumsinya. Namun, saat gula darah naik akibat konsumsi makanan, gula masuk ke aliran darah sehingga memungkinkan air dari sel-sel dalam tubuh masuk ke aliran darah dan mengatur keseimbangan air agar tidak terlalu pekat.

Semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin banyak air yang Anda butuhkan untuk mengontrol
keseimbangan darah Anda. Sangat penting untuk memutuskan menu terbaik mana yang cocok dan tidak cocok untuk sahur saat puasa. Jangan sampai salah pilih ya sista.

Roti

Nah, bagi yang sedang diet saat bulan puasa sekarang, makan roti bisa jadi alternatif pengganti nasi. Namun, memakan roti saat sahur membuat Anda cepat lapar. Pada dasarnya roti gandum dan nasi putih merupakan karbohidrat sederhana.

Ciri khasnya, roti gandum lebih banyak diproses dan lebih encer dibandingkan nasi, sehingga karbohidrat yang dikandungnya lebih mudah dicerna menjadi energi dan energi lebih cepat habis.

Baca Juga  Wajib Tau 5 Khasiat Daun Pepaya Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *