Beli BBM Wajib Gunakan Aplikasi MyPertamina

PT Pertamina (Persero) akan menerapkan sistem untuk setiap pembelian BBM yang didukung dengan MyPertamina. Cara baru membeli bensin ini berlaku untuk bahan bakar jenis solar dan Pertalite.

Tujuan di berlakukanya aturan baru

Menurut Alfert Nasution, CEO Pertamina Father Niaga, metode baru ini diperkenalkan untuk memastikan BBM bersubsidi dapat diperoleh dari konsumen yang memenuhi syarat.

“Ini yang kami harapkan dapat diidentifikasi Pertamina sebagai konsumen Pertalith dan Solar, sehingga terus menjadi acuan dalam pengembangan program atau kebijakan subsidi energi dengan pemerintah,” kata Alfian dalam keterangan resmi. hari ini Selasa 28/6 2022.
Untuk pembelian BBM Supported melalui aplikasi MyPertamina, Anda harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu dari Google PlayStore dan AppStore.

Setelah diunduh, pengguna harus mendaftar dan menautkan akun LinkAja mereka ke MyPertamina.
Selain LinkAja, pengguna juga dapat menambahkan metode pembayaran lainnya, seperti kartu debit. Caranya pilih menu Account, lalu Payment Method dan klik Debit Card Add and Register Debit Card.

Aplikasi MyPertamina

Orang yang membeli Pertalite dan Bahan Bakar Minyak (BBM) harus menggunakan aplikasi MyPertamina atau mendaftar melalui situs resmi Pertamina.
Ketentuan ini berlaku mulai 1 Juli 2022. Awalnya, PT Pertamina (Persero) akan memperkenalkannya di lima provinsi.

“Sebagai unit bisnis yang menjual Pertalite dan Solar, kita harus patuh, tepat sasaran dan memiliki kuota yang tepat untuk pendistribusian BBM bersubsidi negara,” kata Alfian Nasution, CEO dan CEO Pertamina Father Niaga, dalam keterangannya kemarin, Juni. 27, 2022.

Daerah daerah yang menjadi uji coba

Kelima provinsi tersebut antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sistem pembelian khusus bagi konsumen yang terdaftar di Sumatera Barat telah diterapkan di kota Bukit Tingg, Padang Panjang dan Tanah Datar.

Baca Juga  Heboh Aktor Internasional Will Smith Menampar Seseorang Di Atas Panggung

Kemudian di Kalimantan Selatan praktek tersebut diterapkan di kota Banjarmasin. Untuk Jawa Barat, praktik ini akan diperkenalkan di Kota Bandung, Tasikmalaya, Kota Sukabumi dan Kabupaten Ciamis.
Selain itu, di Sulut, aturan yang sama juga berlaku di Kota Manado. Sedangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta, aplikasi ini berlaku di kota Jogjakarta.

Dalam tes ini, masyarakat diberikan banyak pilihan untuk melakukan sesuatu. Salah satunya adalah pembelian Pertalite secara tunai.

“Jadi kalau soal pembayaran masih seperti business as usual. Masyarakat punya banyak pilihan, mulai dari pembayaran tunai (cash), kartu kredit/debit atau opsi nontunai lainnya, tidak hanya MyPertamina,” tambah Eko.

Eko meminta masyarakat yang tinggal di empat wilayah tersebut tidak perlu khawatir jika tidak mengunduh aplikasi MyPertamina. Hal ini karena pendaftaran dapat dilakukan di subsiditepat.mypertamina.id.

Ia juga menjelaskan, jika identitas kendaraan dan komunitasnya dikonfirmasi dan didaftarkan, maka pengguna akan mendapatkan kode QR unik yang dapat digunakan dengan aplikasi MyPertamina baik yang dicetak maupun disimpan di galeri ponsel.

Nantinya, QR code tersebut akan sesuai dengan informasi SPBU sebelum petugas melayani pembelian Pertalite dan Solar. Pengujian di daerah lain akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan sistem.

masyarakat yang berwenang menggunakan Pertalite dan Solaria dapat mendaftarkan informasinya melalui Subsiditepat.mypertamina.id jika belum memiliki My Pertamina.
Pengguna yang telah mendaftarkan kendaraan dan identitasnya akan menerima notifikasi melalui email yang terdaftar.

Pengguna terdaftar akan menerima kode QR khusus untuk menunjukkan bahwa informasi mereka kompatibel dan dapat dibeli dari Pertaliti dan Solar.
“Kuncinya pastikan menjadi pengguna terdaftar di website MyPertamina, jika semua informasi cocok, konsumen bisa berbelanja di SPBU dan semua transaksi tercatat secara digital,” kata Alfian.

Baca Juga  Simak Daftar Negara Dengan Kekayaan Tinggi Selama Masa Pandemi

Berikut tata cara pembelian Pertalite menggunakan MyPertamina

1. Siapkan dokumen yang diperlukan yaitu KTP, STNK, foto kendaraan dan dokumen lainnya
2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
3. Tinjau informasi untuk memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti petunjuk di situs web
6. Harapkan informasi yang cocok dalam waktu maksimal tujuh hari kerja di alamat email atau cek yang terdaftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *