Ketahui Terapi Depresi Cognitive Untuk Sembuhkan Masalah Kesehatan Mental

Depresi, gangguan kecemasan, fobia, trauma, gangguan bipolar, skizofrenia
Jika Anda masih asing dengan dunia psikologi, Anda pasti pernah mendengar istilah-istilah di atas baik dari percakapan sehari-hari, media massa, atau bacaan Anda.

Masalah psikologis, apa pun bentuknya, sama seringnya dengan mengalami rasa sakit fisik. Nah, seperti halnya pergi ke dokter atau minum obat flu atau penyakit fisik lainnya, pergi ke psikolog/psikiater, menjalani terapi, atau minum obat psikiatri jelas merupakan langkah yang disarankan untuk memperbaiki kondisi mental Anda.

Salah satu terapi psikologis yang paling terkenal adalah terapi perilaku kognitif (CBT) atau terapi kognitif dan perilaku. CBT juga banyak digunakan untuk mengobati depresi karena tingkat keberhasilannya yang baik dan tingkat kekambuhan yang rendah.

Pengertian terapi depresi kognitif

Sebuah studi oleh University of Pennsylvania menemukan bahwa CBT lebih efektif daripada penggunaan antidepresan pada depresi orang dewasa. Studi lain di University of Texas juga mengklaim bahwa pengobatan CBT mengurangi gejala depresi.

Terapi perilaku kognitif (CBT) atau terapi perilaku kognitif adalah jenis psikoterapi. Terapi ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah kejiwaan, termasuk stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Tujuannya adalah untuk melatih pasien dengan keterampilan berpikir atau fungsi kognitif dan perilaku.

Dengan terapi ini diharapkan para penderita gangguan jiwa memiliki cara pandang yang berbeda terhadap setiap masalah yang dihadapinya dan mampu mengajari mereka untuk menyikapi semua masalah tersebut. Tidak hanya terapi ini juga membantu orang dengan masalah kesehatan mental menemukan solusi untuk masalah mereka sendiri.

Baca Juga  Bagi yang suka konsumsi susu, berikut jenis-jenis susu serta khasiatnya yang jarang terekspos

Bagaimana Terapi Perilaku Kognitif Bekerja

Konsep CBT adalah untuk memahami bahwa pikiran, perasaan fisik, emosi, dan tindakan membentuk kesatuan dan berinteraksi satu sama lain. Pikiran dan perasaan negatif dapat membuat Anda terjebak dalam masalah yang sama dan membuat Anda merasa lebih berat.

Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan perubahan dalam cara Anda bertindak, berpikir, dan menyebabkan ketidaknyamanan fisik. Untuk itu, Anda memerlukan terapi perilaku kognitif karena dapat membantu Anda mengubah pikiran dan perasaan negatif menjadi lebih positif dengan cara berikut:

Masalah identifikasi

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang terapi ini adalah menyadari dan menerima jika Anda memiliki masalah. Selanjutnya, Therapist akan membantu Anda mengidentifikasi masalah dan akar masalahnya. Ini karena masalah yang Anda alami mungkin disebabkan oleh masalah lain yang mungkin tidak Anda sadari. Nah, terapis juga akan membantu Anda menemukan akar penyebab pikiran dan perasaan negatif.

Fokus untuk menemukan solusi

Selain membantu terapis Anda mengidentifikasi masalah, ini juga membantu Anda memecah masalah besar menjadi masalah yang lebih kecil, sehingga memudahkan Anda menemukan solusi. Namun, Anda perlu menemukan psikolog yang tepat. Gunakan Halodoc karena kapanpun Anda membutuhkan bantuan, psikolog siap mendengarkan masalah Anda.

Mencari cara paling sederhana untuk memperbaiki pola pikir penderita

Setelah masalah besar dipecah menjadi yang lebih sederhana, Anda akan mulai melihat hubungan antara satu masalah dan dampak dari setiap masalah pada Anda. Tujuannya adalah untuk mengubah cara Anda mengevaluasi masalah yang muncul. Anda juga akan dibantu untuk fokus pada hambatan yang terjadi sekarang, bukan masa lalu atau masa depan.

Membantu mengembangkan kebiasaan positif

Yang terakhir adalah membantu menghilangkan cara berpikir lama dan menjadikannya lebih positif. Setelah beberapa sesi CBT untuk pengobatan gangguan kecemasan umum, terapi mengulangi langkah-langkah ini untuk menentukan apakah metode ini tepat dan berguna untuk Anda sehingga Anda juga bisa mendapatkan solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Baca Juga  Lakukan Beberapa Hal Ini Ketika Hati Terus Gelisah

Selama sesi terapi, disarankan untuk terbuka dan jujur dengan terapis untuk mendapatkan pendekatan terbaik untuk situasi Anda. Selain itu, kerjasama Anda selama terapi dan komitmen kuat Anda untuk mencapai hasil yang maksimal juga diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *