Terapi Depresi Kognitif Untuk Pengobatan Berbagai Masalah Mental

Terapi perilaku kognitif biasanya digunakan untuk mengobati masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi. Selain terapi perilaku kognitif, terapi ini juga dapat digunakan untuk membantu Anda mengatasi masalah yang Anda hadapi setiap hari.

Terapi perilaku kognitif atau CBT (cognitive behavioral therapy) adalah istilah yang lebih umum daripada terapi kognitif dan merupakan bentuk psikoterapi. Tujuan terapi kognitif adalah untuk melatih pemikiran kognitif (tindakan) dan perilaku (perilaku). Untuk alasan ini, terapi kognitif lebih dikenal sebagai terapi perilaku kognitif.

Manfaat kesehatan dari terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif digunakan untuk membantu orang dengan masalah kesehatan mental mengubah persepsi mereka tentang masalah atau situasi sulit dalam hidup mereka dan bagaimana mereka bereaksi terhadap masalah ini.

Selain itu, terapi perilaku kognitif juga dapat dilakukan untuk membantu penderita menemukan pendekatan dan solusi dari masalah yang muncul secara mandiri. Selain kecemasan dan depresi, terapi perilaku kognitif telah terbukti efektif dalam pengobatan gangguan mental lainnya, seperti:

• Fobia
• Masalah makanan
• Kesulitan tidur
• Penyalahgunaan alkohol
• Gangguan panik
• Disfungsi seksual
• Gangguan bipolar
• Skizofrenia
• Gangguan Obsesif Kompulsif (OCD)
• Gangguan stres pascatrauma (PTSD)
• Kleptomania

Selain gangguan mental, terapi perilaku kognitif dapat digunakan sebagai pengobatan untuk kondisi fisik yang berkaitan dengan tingkat stres atau kondisi mental, seperti irritable bowel syndrome (IBS).

Bagaimana Terapi Perilaku Kognitif Bekerja

Konsep terapi perilaku kognitif adalah bahwa pikiran, perasaan, perasaan fisik, dan tindakan Anda terkait dan berinteraksi. Pikiran dan perasaan negatif dapat mengunci Anda ke dalam “lingkaran setan” masalah yang tampaknya lebih serius.

Baca Juga  Bintitan Dan Kalizion Sama Sama Menunjukan Benjolan Di Kelopak Mata

Ini kemudian dapat mengubah cara Anda berpikir, berperilaku, dan bahkan menyebabkan ketidaknyamanan fisik. Terapi perilaku kognitif dapat membantu Anda mengatasi pikiran dan perasaan negatif ini. Terapi ini akan membantu Anda:

1. Identifikasi masalahnya
Langkah pertama yang paling penting dalam terapi perilaku kognitif adalah mengidentifikasi dan menerima masalahnya. Terapis akan membantu Anda mengidentifikasi masalah serta akar masalahnya.
Masalah dalam kehidupan seseorang dapat disebabkan oleh masalah lain yang bahkan tidak dia sadari. Terapis juga akan membantu Anda menemukan akar penyebab perasaan negatif atau pola destruktif Anda.

2. Fokus mencari solusi.
Terapi perilaku kognitif membantu Anda memecah masalah besar menjadi masalah kecil yang dapat Anda selesaikan satu per satu dan perlahan-lahan untuk membuatnya terasa ringan.

3. Carilah cara-cara praktis yang dapat meningkatkan cara berpikir Anda setiap hari
Setelah membantu menyederhanakan masalah Anda, Terapis akan mulai membimbing Anda untuk mempelajari bagaimana satu masalah berhubungan dengan masalah lain dan apa pengaruh setiap masalah terhadap Anda.
Ini dilakukan untuk mengubah cara Anda melihat masalah dan bereaksi terhadapnya.

Meskipun sederhana, ini dapat berdampak besar pada keterampilan pemecahan masalah Anda dan mengarah pada sikap yang lebih positif.
Selain itu, Anda akan dibantu untuk fokus pada masalah yang ada sekarang, bukan pada masa lalu atau yang mungkin ada di masa depan.

4. Dorong diri Anda untuk berlatih dan mempraktikkan kebiasaan positif
Jika Anda dapat mengidentifikasi, menerima, menyederhanakan, dan sepenuhnya memahami masalah Anda, langkah selanjutnya adalah membuang cara lama Anda yang merusak dalam menanggapi masalah. Terapis Anda akan membantu Anda mempelajari dan mempraktikkan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk merespons secara positif masalah Anda tanpa terbebani.

Baca Juga  Simak Penjelasan Lengkap Tentang Apa Itu Zigot

Setelah beberapa sesi, Terapis menjalani langkah-langkah terapi perilaku kognitif. Tujuannya adalah untuk melihat apakah metode yang Anda terapkan dapat bermanfaat bagi Anda. Hal ini dilakukan untuk menemukan cara terbaik yang dapat Anda terapkan dalam hidup Anda.

Faktanya, terapi perilaku kognitif dapat digunakan untuk mengelola masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan tindakan. Namun, terapi ini mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *