Waspadai Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Dan Gejala Penyakit Ini

“Aktivitas ketat seperti itu tidak mengherankan jika membuat tubuh cepat lelah. Sakit dan nyeri di berbagai bagian tubuh adalah kondisi normal, termasuk di area pinggang. Jika terlalu lama duduk, pinggang bisa terasa kaku.”

Jika sakit pinggang lebih sering terjadi tetapi hanya dirasakan di sisi kiri tubuh, mungkin sudah saatnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Karena sakit pinggang sebelah kiri bisa jadi merupakan gejala dari penyakit tertentu. Bisa juga dikatakan bahwa penyakit yang ada pada gejala ini ringan, tapi bisa juga sebaliknya.

Masalah dengan sistem reproduksi?

Sakit pinggang sebelah kiri sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Keluhan tunggal ini juga bisa menjadi pertanda berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah gangguan pada sistem reproduksi wanita.
Menurut National Institutes of Health (NIH) dan sumber lain, nyeri punggung atau nyeri sisi kiri mungkin merupakan tanda penyakit ginekologis seperti endometriosis dan fibroid rahim.

Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang membentuk lapisan lapisan rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Endometrium ini dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh, seperti saluran tuba, ovarium, usus, vagina, atau rektum.
Menurut UK National Health Service, salah satu gejala endometriosis adalah nyeri di perut bagian bawah, panggul atau punggung bawah, yang biasanya bertambah parah saat menstruasi. Ingatlah bahwa endometriosis yang tidak diobati dapat menyebabkan kemandulan atau masalah kesuburan.

Pada saat yang sama, nyeri sisi kiri juga merupakan tanda masalah fibroid rahim. Fibroid atau mioma adalah tumor jinak di dalam atau di luar rahim yang tidak ganas atau bersifat kanker. Seperti endometriosis, fibroid yang tidak diobati dapat menyebabkan kemandulan pada wanita.
Perlu ditekankan bahwa nyeri punggung kiri juga dapat disebabkan oleh masalah reproduksi lain atau masalah kesehatan di luar sistem reproduksi wanita.

Baca Juga  Simak Cara Menghilangkan Garis Hitam Pada Kuku Secara Alami

Misalnya, kista ovarium, kanker ovarium, infeksi ginjal, batu ginjal, pankreatitis, kolitis ulserativa, kram otot, linu panggul, masalah kelengkungan pada tulang belakang, bahkan kanker.
Waspadai sakit pinggang sebelah kiri yang merupakan pertanda adanya masalah kesehatan ini
Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti mengangkat beban berat, duduk lama, dan kurang minum. Sayangnya, sedikit orang yang menyukai hal sepele ini, tak heran jika sering terjadi terlambat dalam kepemimpinan. Padahal, sakit pinggang sebelah kiri tentu tidak boleh dianggap remeh.

Kondisi ini bisa menjadi tanda atau gejala dari beberapa masalah kesehatan, antara lain:

Peradangan sendi panggul

Waspadai nyeri punggung kiri, yang merupakan gejala radang sendi di daerah panggul. Masalah kesehatan ini biasanya terjadi pada jaringan yang menghubungkan tulang-tulang di daerah tersebut. Selain itu, nyeri juga bisa terjadi karena robekan pada jaringan panggul. Efeknya adalah persendian kaku dan bengkak sehingga sulit untuk digerakkan.

Masalah kesehatan pada sistem reproduksi

Nyeri di pinggang kiri juga bisa menjadi gejala yang mengarah ke sistem reproduksi. Gangguan ini lebih sering terjadi pada wanita dengan endometriosis atau fibroid. Sayangnya, kedua masalah kesehatan ini berkaitan erat dengan rahim.

Peradangan usus buntu

Apendisitis atau radang usus buntu ditandai dengan banyak gejala, salah satunya adalah nyeri punggung kiri yang tiba-tiba. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko kematian jika tidak segera ditangani. Usus buntu sebenarnya terletak di sisi kanan perut, namun bukan tidak mungkin rasa sakit yang muncul bisa menjalar ke pinggang kiri.

Batu ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang gejala khasnya adalah sakit pinggang sebelah kiri. Rasa sakit dapat meluas ke belakang jika batu berjalan ke ginjal melalui ureter. Selain sakit punggung, gejala lain yang terkait dengan batu ginjal termasuk rasa sakit pada urin dan adanya darah dalam urin.

Baca Juga  Pentingnya Hilangkan Komedo Hitam Di Hidung Untuk Wajah Lebih Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *