Ketahui Pengobatan Sakit Mata Yang Aman Secara Alami Dan Pencegahannya

Sakit mata biasanya disebabkan oleh alergi, infeksi, atau kekurangan cairan di mata, yang menyebabkan mata kering dan sakit mata. Konsentrasi berlebihan atau melihat berlebihan dan jarang mengedipkan mata juga dapat menyebabkan mata kering sehingga menimbulkan rasa perih. Ini biasanya terjadi jika Anda terlalu lama duduk di depan komputer, bermain game, dan menonton TV sehingga Anda lupa untuk berkedip.

Cara mencegah sakit mata

Orang dengan sakit mata dapat menularkan penyakit ini kepada orang-orang di sekitar mereka. Sakit mata dapat ditularkan melalui sentuhan yang tidak disengaja atau menggunakan benda-benda yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi. Selain itu, kontak langsung dengan air mata, kebocoran mata, atau cairan saluran napas yang terinfeksi dapat menginfeksi orang lain.
Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut cara mencegahnya agar tidak menyebar:

1. Cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata dan wajah.
2. Cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan obat mata dan lensa kontak.
3. Hindari penggunaan kosmetik mata seperti eyeshadow, kulit di sekitar mata, dan sebagainya yang dimiliki orang lain.
4. Hindari juga penggunaan kosmetik pada kulit sekitar mata selama infeksi.
5. Hapus riasan dari area mata hingga bersih sebelum tidur.

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dengan Aman

Kompres mata Anda dengan air hangat

Pengobatan sakit mata secara alami, cukup mudah dilakukan sendiri di rumah, yaitu dengan memerasnya dengan air hangat. Anda bisa melakukan cara ini jika mengalami sakit mata dan nyeri. Yang harus Anda lakukan adalah meremas area mata yang sakit dengan air hangat. Ini akan membantu menenangkan area tersebut dan mengurangi rasa sakit.
Perawatan untuk sakit mata ini menenangkan dan mengurangi peradangan, jadi Anda masih perlu minum obat lain dan meremas mata Anda jika perlu.

Baca Juga  Sering dianggap sama, berikut 6 perbedaan antara akuarium biasa dan aquascape

Air mawar

Cara mengobati sakit mata secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan air mawar. Cara mengobatinya dengan air mawar adalah dengan memasukkan bunga mawar ke dalam air dan bersihkan mata Anda dengan air mawar.
Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengobati sakit mata tiga kali sehari. Selain mudah untuk mengobati sakit mata, sangat sederhana dan efektif.

Ketimun

Cara mengobati sakit mata selanjutnya adalah dengan menggunakan tenggorokan. Bahan ini memiliki sifat anti-iritasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak di sekitar mata. Cara menggunakan bahan ini untuk menyembuhkan sakit mata, mengiris tenggorokan dan menempatkan irisan di virtual.
Kesegaran tenggorokan ini dapat memberikan rasa tenang dan nyaman pada mata yang perih.
Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dengan Aman

Susu murni

Manfaat susu bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Begitu pula saat digunakan untuk mengobati sakit mata. Susu murni ini dapat membantu Anda mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh alergi atau iritasi debu.
Cara mengobati sakit mata dengan susu bersih, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam susu bersih dan peras kapas tersebut ke area yang sakit di sekitar mata. Diamkan beberapa saat dan lakukan cara ini secara rutin untuk mengurangi tanda-tanda sakit mata.

Daun sirih

Cara alami lain untuk mengobati sakit mata adalah dengan menggunakan daun sirih. Menggunakan Daun Bethel untuk mengobati sakit mata cukup mudah. Caranya cukup dengan membuat beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih lalu direbus dengan sedikit garam hingga mendidih.
Angkat setelah masak dan biarkan dingin. Saring campuran sampai Anda hanya mendapatkan air. Kemudian gunakan air saringan tersebut untuk membasuh mata yang sakit tiga kali sehari. Lakukan perawatan dengan cara ini dengan rajin.

Baca Juga  Manfaat Dan Bahaya Konsumsi Kecubung Yang Wajib Diketahui

Kurangi penggunaan obat tetes mata

Kebutuhan untuk mengurangi penggunaan obat tetes mata. Ya, obat tetes mata bisa digunakan untuk mengobati mata merah, tapi hanya sesekali saja. Penggunaan obat tetes mata yang berlebihan dapat merusak kesehatan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *