7 Cara memulai bisnis bagi pemula yang menguntungkan

7 Cara memulai bisnis bagi pemula yang menguntungkan

Yogyakarta, Tersurat.com – Saat ini ada banyak anak muda sukses dalam dunia bisnis. Banyak dari mereka lebih memilih berbisnis daripada karyawan. Apalagi di kalangan Milenial saat ini, mereka cenderung lebih mudah bosan dalam bekerja. Selain kebosanan, alasan lain untuk lebih memilih berbisnis adalah tidak memakan waktu, bisa dilakukan dimana saja, dan menawarkan penghasilan yang tidak terbatas.

Tips menjadi reseller

Tidak bisa dipungkiri menjalankan bisnis memang tidak mudah, apalagi bagi para pemula yang baru memulai. Ada banyak sekali tantangan yang harus diatasi agar bisa bertahan sampai Anda sukses. Dibutuhkan keterampilan dan langkah yang tepat untuk menjadi sukses. Berikut beberapa tips memulai bisnis yang menguntungkan bagi pemula.

Bisnis pemula untuk anak muda

1. Membangun jiwa kewirausahaan (mindset)
Langkah pertama adalah menciptakan jiwa kewirausahaan di benak Anda. Nama bisnis Anda harus memiliki pro dan kontra. Selain itu, dalam menjalankan bisnis Anda akan dihadapkan pada berbagai kendala dan hambatan yang secara alami Anda siapkan. Padahal, kondisi di lokasi berbeda dengan yang Anda pikirkan, sehingga harus ada mental baja agar bisnis Anda tetap hidup dan tidak gagal di tengah jalan.

2. Niat yang bulat
Jika Anda memulai bisnis tanpa niat yang jelas atau sekedar iseng, maka pencapaian hasil akhirnya tidak maksimal dan lebih mudah menyerah di tengah jalan. Berbeda dengan mereka yang sudah memutuskan berbisnis sejak awal pasti akan memaksimalkan hasil dan tidak mudah menyerah. Dari sini dapat disimpulkan bahwa niat dapat menentukan keberhasilan suatu usaha.

Cara bisnis pemula modal kecil

3. Tujuan komersial
Konsentrasi adalah salah satu kunci sukses bisnis bagi pemula. Karena nanti Anda akan mencurahkan semua tenaga dan pikiran Anda untuk satu bisnis. Salah satu alasan pengusaha startup gagal adalah karena mereka memiliki begitu banyak bisnis sehingga mereka teralihkan oleh bisnis lain. Sebenarnya melakukan banyak bisnis tidak dilarang, tapi perusahaan yang Anda jalankan harus bisa menjalaninya sendiri. Jika Anda dapat menjalankan bisnis sendiri tanpa terlalu terlibat, Anda dapat memulai bisnis baru lainnya.

Baca Juga  Preloved menguntungkan? Berikut tips menjual baju bekas kekinian

4. Apa yang kamu suka
Mulailah bisnis dari apa yang Anda sukai. Dengan memulai bisnis yang Anda sukai, Anda pasti akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dalam dan luar bidang ini. Kalaupun ada kendala di jalan, tidak terlalu sulit untuk diatasi. Misalnya, jika Anda suka memasak, Anda bisa memulai dengan membuka warung makan di rumah, menerima catering, menjual peralatan dapur, dan lain-lain.

5. Lihat peluang bisnis di dekat Anda
Mulailah dengan menemukan peluang bisnis di sekitar Anda. Ada banyak bisnis di sekitar Anda yang mungkin memiliki prospek lebih baik di masa depan. Keuntungan lainnya adalah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jarak dari tempat tinggal Anda dan apa yang mempengaruhi peluang bisnis di sekitar Anda.

6. Bacalah kekuatan pesaing
Jika Anda memiliki modal besar dan belum siap untuk mengalahkan pesaing bisnis Anda, jangan biarkan mereka bersaing dengan perusahaan besar yang sudah memiliki nama dan jaringan bisnis yang kuat. Untuk mengalahkan pesaing besar, Anda perlu memiliki lebih banyak perbedaan dan nilai unik, seperti layanan yang lebih baik, produk unik dan kreatif, serta keunggulan lain yang tidak dimiliki pesaing bisnis Anda.

7. Pilih lokasi yang strategis
Lokasi juga berdampak signifikan dalam berbisnis yang tidak bisa salah. Banyak pengusaha yang telah menanamkan modal yang besar tetapi tidak dapat menjalankan usahanya sesuai rencana. Masalahnya karena pemilihan lokasi yang salah. Jika Anda ingin memulai bisnis laundry misalnya, lokasi yang strategis untuk dipilih adalah lokasi yang dekat dengan kampus, pabrik, atau kantor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *