Pengusaha Wajib Tau Cara Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia

Dengan globalisasi dan perkembangan Internet, tidak dapat disangkal bahwa ia memiliki dampak positif dan negatif pada pasar lokal. Akhir-akhir ini banyak #myyykillumkm, karena produk luar negeri dikatakan semakin mengancam produk dalam negeri. Jangan jadikan hal ini sebagai penghambat kemajuan bisnis Anda, berikut 5 cara meningkatkan daya saing produk Indonesia dan membuat bisnis Anda tetap bertahan di tengah persaingan yang ketat.

Target pasar Lebih kecil lebih baik

Agar produksi dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri, dimungkinkan untuk membidik pasar tertentu.
Ini adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan baik pemula maupun pebisnis berpengalaman. Mereka ingin mendapatkan penjualan sebanyak-banyaknya, sehingga membidik target pasar yang luas.

Masalahnya adalah bahwa ini adalah strategi yang sembrono dan biasanya “malas”. Semakin luas target pasar Anda, semakin banyak pesaing yang Anda miliki. Lebih buruk lagi, pesaing Anda adalah orang-orang yang sudah berspesialisasi dalam target pasar itu.
Oleh karena itu, lebih baik Anda fokus pada target pasar tertentu, sekecil apapun itu, selama Anda bisa menjadi merek paling terkenal di pasar tersebut.

Namun, pastikan juga bahwa target pasar Anda cukup besar untuk tetap menghasilkan keuntungan.
Contoh brand yang menggunakan strategi ini adalah Apple yang melayani masyarakat kelas menengah ke atas dengan produk-produk premiumnya dan memberikan kesan kelas atas.

Pengoptimalan konten pemasaran

Cara meningkatkan daya saing produk Indonesia selanjutnya adalah dengan mengetahui bagaimana Anda ingin “mengemas” produk Anda ke dalam setiap saluran pemasaran yang ada.
Pilih pesan yang berbeda dari pesaing Anda dan membuat Anda istimewa dan khas.

Baca Juga  6 Strategi Bisnis Dropshipping yang Sukses agar Jualan Laris Manis

Untuk membuat konten pemasaran yang berfungsi dengan baik, Anda dapat membuat apa yang disebut “Kerangka Perpesanan” yang menjelaskan merek, produk, dan nilai perusahaan Anda.

Secara umum Messaging Framework memiliki 4 bagian, yaitu:

• Pemberitahuan niat
Kalimat pendek yang menjelaskan dan mendeskripsikan merek Anda.

• Slogan
Kata-kata pendek dan mudah diingat yang akan menjadi identitas merek dan produk Anda.

• Proposisi nilai
Manfaat atau nilai dari merek atau produk Anda memberikan yang tidak dapat diberikan oleh pesaing lain.

Karena tidak ada produk seperti Apple

Setiap produk iPhone yang kami buat didasarkan pada keyakinan yang sama bahwa ponsel harus lebih dari sekadar kumpulan fitur. Ponsel harus sederhana, bergaya dan terasa magis saat digunakan.
Dengan proposisi nilai ini, Apple dapat bersaing dengan ribuan produk yang menang saat itu dan bertahan hingga hari ini.

• Pilar merek
Tak kalah pentingnya adalah meningkatkan daya saing produk Indonesia yang menjadi pilar brand.
Agar produksi dalam negeri dapat bersaing dengan produk luar, hal ini dapat dilakukan dengan menentukan dampak positif apa yang dapat ditimbulkan oleh merek Anda dan pengguna produk mana yang akan merasakannya secara langsung.

Fokus pada nilai uang

Akhir-akhir ini Anda mungkin tidak asing lagi dengan istilah predatory pricing, yaitu strategi menjual produk dengan harga yang sangat murah, bahkan di bawah biaya produksi. Tujuannya untuk menyingkirkan pesaing, dalam hal ini merek lokal.

Ketika pesaing hilang, predator harga menjadi komoditas yang dominan dan dapat menaikkan harga bagaimanapun mereka ingin mencapai keuntungan yang maksimal.
Cara meningkatkan daya saing produk Indonesia dan mengatasi perilaku ini bukanlah dengan menurunkan harga produk Anda, tetapi fokus pada nilai dan manfaat yang dapat diberikan produk Anda.
Sudah menjadi dasar umum bahwa harga harus diperhitungkan oleh konsumen saat membeli barang.

Baca Juga  Tips Dan Resep Jualan Takoyaki Anti Gagal

Namun, jika Anda menggunakan metode “harga bakar”, konsumen hanya akan menjadi konsumen, bukan pelanggan Anda.
Agar produksi dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri, hal ini dapat dilakukan dengan menonjolkan pesan-pesan pemasaran mulai dari keunggulan produk sendiri, kegunaan, fitur canggih, variasi produk yang berbeda, dan sebagainya, yang tidak dapat ditiru. kompetitif. Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *