Ketahui Beberapa Daerah Penghasil Aspal Terbesar Indonesia

Aspal adalah mineral yang digunakan cukup luas untuk keperluan infrastruktur. Aspal merupakan bahan pengikat yang digunakan sebagai permukaan jalan. Komposisinya kental seperti cairan dan mengeras pada suhu kamar. Berikut adalah beberapa daerah produksi aspal terbesar di Indonesia.

Daerah produksi aspal terbaik dan terbesar di Indonesia

1. Pulau Buton

Produksi aspal di pulau ini diperkirakan mencapai 650 juta ton aspal alam. Sumber daya alam pulau ini telah ditemukan sejak tahun 1924 di bawah kepemimpinan pemerintah Belanda W.H. Hetzel. Perusahaan ini membawahi penambangan aspal di Pulau Buton hingga secara resmi diambil alih oleh PT pada tahun 1984. Struktur pekerjaan.

Kualitas aspal Buton saat ini sedang dikaji untuk dimasukkan dalam penyulingan minyak yang dikelola Pertamina dengan tujuan untuk mengurangi jumlah impor aspal yang masuk ke Indonesia. Uji kualitas dilakukan oleh WIKA Bitumen.
Siapa sangka pulau kecil yang terletak persis di sebelah kanan pulau Sulawesi ini merupakan pulau dengan sumber aspal alam terbanyak di dunia.

80 persen dari total cadangan aspal alam dunia berada di Pulau Buton, sisanya di Tinidad dan negara lainnya.
Buton termasuk dalam wilayah administratif Sulawesi Tenggara. Pulau yang luasnya 4.408 kilometer persegi ini terbagi menjadi empat wilayah Tingkat II: Kabupaten Buton, Kota Baubau, Kabupaten Buton Selatan, dan Kabupaten Buton Utara.

2. Wonokromo

Produsen aspal terbesar di pulau Jawa berasal dari Surabaya, hanya Wonokromo. Kualitas aspal Wonokromo memang tidak sebaik di Pulau Buton, namun masih cukup baik untuk digunakan sebagai aspal jalan. Beberapa perusahaan pertambangan telah menemukan bahwa di Wonokromo, potensi produksi aspal diubah menjadi berbagai produk aspal.

Baca Juga  Berikut Berisi informasi lengkap tentang bisnis. Tahukah Anda apa itu alat penjualan

Sebagian besar produksi aspal di daerah ini didistribusikan dan digunakan untuk berbagai pembangunan jalan di Indonesia. Selama ini pengembangan produksi dan pengolahan aspal di Wonochrom terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan aspal di Indonesia.

3. Cilacap

Cilacap merupakan salah satu daerah produksi aspal terbesar di Indonesia. Aspal yang dihasilkan di daerah ini sedikit berbeda dengan aspal di daerah lain. Aspal yang dihasilkan larut dalam larutan karbon disulfida dan memiliki sifat perekat dan anti air. Meski aspal masih ada, tapi digunakan untuk membangun jalan.
Jalan yang dihasilkan aspal Cilacap lebih berkualitas, sehingga aspal yang dihasilkan lebih halus namun tidak menyebabkan ban selip.

Beberapa kegunaan dari aspal kualitas tinggi ini adalah aspal yang digunakan di bandar udara sebagai landasan pesawat terbang.
Beberapa dari produk aspal ini juga dapat berupa insulasi suara, insulasi getaran atau suara, dan material insulasi karat. Aspal ini juga dijual dalam tong berisi 155 kg aspal dengan kisaran harga Rs 900.000 hingga Rp 1.250.000.

4. Sumatera Selatan

Kota di Sumatera Selatan ini juga memiliki tambang aspal yang besar. Di kawasan ini, aspal tidak hanya disulap menjadi material paving, tetapi juga menjadi berbagai produk yang unik dan berkualitas. Produksi karet juga melimpah di daerah ini, sehingga beberapa pabrik membuat variasi baru dari aspal dan kompon karet.

Pabrik aspal lateks mulai beroperasi pada tahun 2020. Kelenturan aspal yang dihasilkan diharapkan jauh lebih tinggi dibandingkan aspal pada umumnya, sehingga tidak mudah terurai dan lebih tahan lama saat digunakan di berbagai medan di Indonesia.

5. Dumai

Daerah ini juga merupakan daerah produksi aspal terbesar di Indonesia. Penggalian aspal di Riaussa dikelola langsung oleh PT. pertamin. Penggalian aspal Dumai memiliki kualitas yang sangat tinggi. Aspal ini telah diakui oleh Kementerian PUPR sebagai standar aspal yang baik.

Baca Juga  Kambing perah Bisnis yang sangat menggiurkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *