Wajib Tau Manfaat Urang-Aring Untuk Rambut Bukan Hanya Untuk Menghitamkan

Urang-Aring, juga dikenal sebagai bhringaraj dan daisy palsu, adalah ramuan yang telah dikenal sebagai kondisioner rambut selama ratusan tahun. Tanaman ini biasa digunakan dalam pengobatan Ayurveda, Unani dan Siddha.
Di Indonesia, tumbuhan latin yang bernama Eclipta prostrata ini dipercaya mampu menghitamkan rambut. Namun nyatanya, urang-aring masih memiliki manfaat rambut lainnya.

Kandungan Gizi Urang-aring

Urang-Aring mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan rambut agar tetap sehat. Ekstrak tumbuhan ini kaya akan vitamin E dan D.
Urang-Aring juga mengandung magnesium, kalsium dan zat besi. Semuanya diperlukan untuk menjaga kesuburan dan kesehatan batang rambut.

Menggelapkan rambut Anda

Manfaat Urang-aring yang pertama tentu saja menghitamkan rambut. Selama berabad-abad, diyakini bahwa minyak urang-aring dapat membuat rambut lebih gelap dan berkilau. Keunggulan ini juga dapat dibuktikan dengan penelitian.

Selain menghitamkan rambut, urang-aring dapat digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk meningkatkan kesuburan rambut. Menurut sebuah studi 2014, ramuan ini merangsang folikel rambut dan memicu siklus pertumbuhan rambut lebih cepat pada sampel tikus botak.

Meningkatkan kesuburan rambut

Selain menghitamkan rambut, urang-aring dapat digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk meningkatkan kesuburan rambut. Menurut sebuah studi 2014, ramuan ini merangsang folikel rambut dan memicu siklus pertumbuhan rambut lebih cepat pada sampel tikus botak.

Mengatasi ketombe

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Healthline, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa ekstrak urang-aring efektif melawan bakteri dan jamur. Oleh karena itu, urang-aring juga bisa digunakan untuk mengobati ketombe. Urang-aring juga memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dari iritasi.

4. Mencegah kerontokan rambut

Urang-aring dikatakan menghambat kerontokan rambut lebih efektif daripada minoxidil (Rogaine). Sebuah penelitian tahun 2008 pada tikus albino jantan menunjukkan bahwa penggunaan minyak urang-aring secara teratur mampu meningkatkan pertumbuhan folikel rambut.
Selain itu, urang-aring kaya akan vitamin E. Vitamin ini dibutuhkan untuk melawan radikal bebas yang dapat menghambat pertumbuhan rambut normal.

Memperlambat munculnya uban

Penuaan dini pada batang rambut yang ditandai dengan uban dapat ditunda dengan urang-aring. Semua ini berkat kemampuan urang-aring untuk menggelapkan dan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.
Daun urang dapat diperas ke dalam air kemudian digunakan untuk mendinginkan kepala dan menyuburkan rambut. Cairan urang-aring biasanya dioleskan ke kepala bayi agar cepat menghitam.

Dalam dunia medis, ramuan hijau dengan bunga putih ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Dalam pengobatan India, urang-aring diyakini memiliki kualitas umur panjang dan awet muda.

Studi terbaru menunjukkan bahwa urang-aring memiliki kekuatan penyembuhan terhadap masalah hati dan perut.
Saya kutip dari buku J. Kloppenburgh-Versteegh Petunjuk dan Tips Jamu Tradisional Indonesia yang Efektif, berikut manfaat urang-aring untuk kesehatan.

Pengobatan Wasir (Wasir)

Bagi penderita wasir atau ambeien, Anda bisa mencoba ramuan yang terbuat dari urang-aring dan ramuan herbal lainnya.

Ramuan ini terdiri dari tujuh helai daun blenny, tujuh helai daun daum, tujuh akar perkamen cina, tujuh akar urang aring, lima anis, pohon pulosari setengah jari, Timor setengah jari, jamur brama setengah sendok teh dan pohon ules. .

Semua bahan dihaluskan dengan menambahkan segelas air. Kemudian disaring melalui kain dan airnya langsung diminum. Dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan ini setiap hari sampai Anda bisa buang air besar dengan normal. Busa digunakan untuk mengoleskan bagian perut.

Mencuci rambut

Urang-aring dalam air atau minyak kelapa dapat digunakan untuk mencuci rambut. Ramuan ini bisa membuat rambut Anda hitam dan halus.

Mengatasi kram perut atau kram perut

Manfaat urang-aring untuk kesehatan juga dapat digunakan untuk mengatasi kram perut atau kram perut. Lakukan mandi abrasif di perut, itu akan membantu meredakan kram dan kram perut.
Karena itulah, khasiat urang-aring untuk rambut dan kulit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *