Mau Buka Usaha Tanpa Modal di Bulan Puasa

Mau Buka Usaha Tanpa Modal di Bulan Puasa? Begini Caranya

TerSurat.com Yogyakarta –  Demi kantong te

Mau Buka Usaha Tanpa Modal di Bulan Puasa? Begini CaranyaMau Buka Usaha Tanpa Modal di Bulan Puasa

Usaha sampingan di bulan puasa menjadi langkah yang tepat. Tapi, bagaimana kalau terbentur modal yang tidak memadai? Zaman sekarang sebenarnya memulai usaha dengan niat saja cukup.

Perencana Keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto membeberkan bahwa mereka yang tidak punya modal tapi ingin memiliki usaha sampingan di bulan puasa, bisa menjadi reseller ataupun drop shipper.

Baca Juga : Berapa Banyak Peluang Bisnis Fashion Bulan Puasa Yang Perlu Anda Ketahui?

“Sekarang modal nggak harus menjadi hal penting karena kan sistemnya sudah berbeda ya. Modal mereka sekarang pulsa pun cukup sebenarnya karena ada reseller, ada drop shipper, itu kan nggak perlu modal sama sekali kecuali pulsa mereka sama katalog lah yang mereka bisa minta ke pemilik barang,”

Mau Buka Usaha Tanpa Modal di Bulan Puasa
Mau Buka Usaha Tanpa Modal di Bulan Puasa

Kalaupun mau membuat produk sendiri, misalnya saja makanan atau minuman untuk berbuka puasa, menurutnya itu tidak membutuhkan modal besar. Cukup siapkan uang kurang dari Rp 1 juta. Apalagi sekarang tidak perlu sewa tempat, dari rumah pun sudah bisa berjualan.

“Sekarang tempat nggak menjadi isu lagi, terus barang-barang sekarang nggak harus ke pasar mereka tinggal nunggu, tinggal pesan di online kan banyak ya. Jadi sebenarnya nggak harus yang berat lagi lah modal,” sebutnya.

Dihubungi terpisah, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho juga berpendapat reseller atau drop shipper bisa menjadi pilihan usaha tanpa modal di bulan puasa.

Misalnya saja bekerja sama dengan produsen kue kering untuk lebaran. Kita tinggal mengiklankannya di media sosial. Begitu ada yang berminat membeli, kita tinggal order ke si pembuat kue.Mau Buka Usaha Tanpa Modal di Bulan Puasa

Baca Juga  Jenis Strategi Pemasaran Offline Yang Masih Digunakan Perusahaan

“Begitu ada orderan, dia tinggal ambil barangnya dan dia cuma modal ngomong doang atau posting di sosial media doang,” sebutnya.

Jikapun mau membuat produk sendiri, misalnya takjil untuk dijual jelang berbuka puasa, menurut dia modal Rp 100 ribu sudah sangat cukup.

“Teman saya itu pernah sekitar Rp100 ribu lah dia sudah bisa waktu itu jual kue-kue basah untuk takjil. Dia modalnya Rp 100 ribu, dia keuntungannya sekitar 30% lah sudah bersih,” tambahnya

Jika Anda antusias untuk menemukan cara memulai usaha tanpa modal, Anda juga harus siap melakukan apapun untuk mencapainya. Karena otomatis kalau Anda tidak mempunyai modal, persaingan bisnis bisa semakin ketat. Makanya, demi menghemat biaya, Anda harus rela melakukan semuanya sendiri.

Menjalani bisnis sendiri sudah pasti akan melelahkan. Namun perlu diingat, bahwa semua hasil dari jerih payah ini akan ada hasilnya untuk Anda. Apalagi, dengan melakukan semua sendiri, Anda bisa menguasai banyak fungsi bisnis dengan lebih mendalam. Mau Buka Usaha Tanpa Modal di Bulan Puasa

Mengandalkan sistem online akan sangat berguna khususnya bagi sebuah bisnis yang baru saja merintis. Ada banyak cara memulai bisnis online tanpa modal, salah satunya ialah dengan membangun website.

Menjalankan sebuah bisnis yang sukses, tentu dimulai dari  bagaimana Anda memanfaatkan sumber daya yang tersedia saat ini. Hal tersebut bisa diterapkan di awal langkah Anda,

Bahkan, dengan mengandalkan berbagai kompetensi dasar (basic skill) saja sudah bisa menjadi bekal untuk cara memulai bisnis tanpa modal sepeserpun. Termasuk dengan memanfaatkan aset-aset kecil seperti laptop dan internet. Pokoknya, semakin Anda mencari tahu apa saja yang bisa diandalkan, maka semakin banyak pula sumber daya yang bisa Anda gunakan untuk membangun bisnis.

Baca Juga  Sebelum memulai bisnis, ketahui 4 perbedaan utama antara reseller dan dropship

Contohnya, jika Anda seseorang yang tertarik di bidang seni, Anda bisa mengawalinya dengan membuka jasa layanan desain atau mengerjakan proyek tertentu yang berkaitan dengan seni. Atau bisa juga kalau Anda memiliki bakat menyanyi, Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnis Event Organizer (EO) untuk mengisi berbagai acara tertentu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *