Makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan, apa saja

Makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan, apa saja?

Yogyakarta, Tersurat.com – Makanan berlemak sering kali dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Lemak seringkali dikaitkan dengan penyebab terjadinya atau munculnya penyakit. Kandungan lemak yang tinggi pada makanan bisa menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam jenis penyakit. Tak asing bila sering terdengar kalimat pernyataan mengenai lemak yang bisa bikin kolesterol.

Daftar makanan berlemak tinggi

Namun, siapa sangka ternyata ada juga makanan berlemak yang menyehatkan bagi tubuh kita. Tidak hanya baik untuk diet Anda karena memberi Anda perasaan kenyang, tetapi makanan tinggi lemak juga dapat membantu penambahan berat badan bagi orang yang ingin gemuk. ingin tahu? Berikut terlampir daftar makanan berlemak tinggi.

Makanan berlemak tinggi bagi kesehatan

1. Kacang-kacangan
Memilih kacang sebagai cemilan adalah pilihan yang tepat! Meski dikenal tinggi kalori, kacang kaya akan nutrisi sehat. Sebanyak 100 gram kacang tanah mengandung 49,2 gram lemak, 8,5 gram serat, 8,3 mg vitamin E, 92 mg kalsium, 705 mg kalium dan masih banyak lagi kandungan lainnya di dalam kacang.

Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi makanan sehat, termasuk kacang-kacangan, dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi peradangan terkait jantung, dan mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian.

2. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang sangat kaya serat, karbohidrat, kalori, dan lemak. Menurut data gizi, 100 gram buah alpukat mengandung 160 kalori, 8,5 gram karbohidrat, 14,7 gram lemak, dan 6,7 gram lemak, sehingga Anda bisa mengisinya dengan satu buah buah alpukat saja.

Alpukat biasanya digunakan sebagai alternatif makanan. Namun, makan makanan dalam jumlah besar setiap hari dengan alpukat dapat membantu penambahan berat badan. Selain itu kandungan nutrisi buah alpukat cukup lengkap yang baik untuk kesehatan anda.

Baca Juga  Ketahui 5 manfaat rumput laut bagi kesehatan fisik, kandungannya sangat baik

3. Keju
Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang tinggi kalori dan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kandungan dalam keju sebanyak 100 gram mengandung hingga 403 kalori dan 33,1 lemak. Namun, keju juga merupakan sumber protein, kalsium, vitamin, dan lemak yang baik.

Keju yang terbuat dari 100% susu hewani kaya akan nutrisi dan mengandung omega-3 dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, jika Anda memiliki intoleransi laktosa, sebaiknya batasi asupan keju dan produk olahan susu lainnya.

4. Telur
Telur mengandung vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh Anda. Meski kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, namun telur utuh tetap enak dikonsumsi dan baik dikonsumsi.

Menurut sebuah laporan di jurnal Biology and Nutrition, beberapa orang memiliki efek menguntungkan dari makan telur sebagai makanan biasa, dan mereka tidak berisiko terkena penyakit jantung meski kolesterol meningkat. Oleh karena itu, telur masuk sebagai salah satu kategori makanan sehat berlemak tinggi.

5. Salmon
Salmon populer sebagai makanan yang lezat. Setengah potong ikan salmon mengandung setidaknya 238 kalori dan 7,5 gram lemak, yang membantu meningkatkan nutrisi untuk energi tubuh. Makan ikan laut yang tinggi protein, vitamin A, dan vitamin D dapat memberikan banyak khasiat bagi tubuh Anda.

Selain itu, salmon kaya akan omega-3. melansir laporan dalam jurnal European Neuropsychopharmacology, omega-3 dapat memperbaiki penyakit dalam jangka pendek dan dapat ditoleransi dengan baik oleh orang yang mengalami depresi. Ikan salmon sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda walaupun termasuk dalam kategori makanan berlemak tinggi.

Bagaimana? Apakah kalian masih takut untuk memakan makanan berlemak? Asalkan makanan berlemak yang dikonsumsi memenuhi kadar gizi dalam tubuh dan tidak dikonsumsi berlebihan, tentunya tidak menjadi masalah. Pilih makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga  Kemungkinan manfaat daun kemangi, sayuran sehat yang tidak perlu dimasak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *