Baca ini! Jangan meremehkan manfaat air putih di bulan puasa

Baca ini! Jangan meremehkan manfaat air putih di bulan puasa

Yogyakarta, Tersurat.com – Seperti yang diyakini banyak orang, manfaat minum air bukanlah hal yang sepele. Beberapa manfaat minum air putih adalah mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan persendian.

Jenis minuman lain seperti soft drink termasuk tinggi gula dan kalori, sehingga bisa menambah berat badan. Minuman energi, yang sering kali menjadi sumber air, juga mengandung gula dan kafein dan harus dipertimbangkan. Seperti halnya jus buah kemasan, selalu perhatikan label produk sebelum mengkonsumsinya.

Penting Minum Air Putih

Air putih tergolong bebas kalori dan bebas gula sebagai pilihan paling sehat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap terhindar terhidrasi dan mengatasi rasa haus setiap saat. Selain itu, manfaat air putih juga dapat berkhasiat untuk berbagai fungsi fisik, antara lain:

    1. Penting untuk menjaga kadar cairan atau mencegah dehidrasi, menghindarkan tubuh dari gangguan fungsi pencernaan (sembelit), penyerapan makanan, peredaran darah, dan ginjal, serta menjaga suhu tubuh agar tetap normal.
    2. Mengaktifkan otot dan membantu menjaga kehalusan dan kekenyalan sendi. Ketidakseimbangan cairan dapat menyebabkan ketegangan otot.
    3. Membantu mengontrol asupan kalori dalam tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah penambahan berat badan daripada minuman berkalori tinggi.
    4. Menjaga keremajaan kulit dengan mengecilkannya, melembabkannya dan meningkatkan konsistensinya.
    5. Melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya di dalam tubuh.
    6. Membantu menghilangkan sisa makanan dan minuman dari keringat, urin, dan tinja. Minum banyak air juga dapat digunakan sebagai pengencer darah untuk infeksi saluran kemih ringan dan batu saluran kemih kecil.
Baca Juga  Apakah perlu memenuhi suntikan Vitamin C?

Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda. Untuk orang dewasa, asupan air yang disarankan adalah kurang lebih 8.230 ml gelas per hari, atau total 2 liter. Selain minuman, makanan juga bisa menghidrasi tubuh berkisar 20%. Cairan makanan diperoleh terutama dari buah-buahan dan sayuran. Misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Sangat mudah untuk mengetahui apakah tubuh Anda mengalami dehidrasi. Tanda pertama seseorang biasanya merasa dehidrasi adalah rasa haus dan urin berwarna lebih gelap dari biasanya.

Gejala lain yang dapat dirasakan bahkan ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik termasuk pusing, sakit kepala, mulut kering, bibir dan mata, buang air kecil dalam jumlah yang jarang, parah, kurang energi, dan rasa lelah.

Tambahan lainnya yang tidak kalah penting adalah Anda memang perlu memperhatikan beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang mengharuskan tubuh Anda untuk minum lebih banyak cairan dari biasanya.

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Jika Anda mengalami demam, diare, atau muntah.
  • Cuaca panas.
  • Wanita hamil dan menyusui. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi sekitar 2,4 liter air per hari, sedangkan ibu menyusui disarankan mengonsumsi sekitar 3,1 liter air per hari.

Tips untuk memenuhi kebutuhan air harian di kala puasa

Seperti yang kami sebutkan di atas, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat dari air minum:

    1. Biasakan minum air setiap kali makan atau ngemil ketika sudah buka puasa.
    2. Minum segelas air saat mengawali buka puasa, menjelang akhir sahur, dan saat akan tidur.
    3. Anda bisa menambahkan rasa ke air biasa untuk meningkatkan rasa. Termasuk menambahkan irisan buah pada minuman air yang direndam dan sejenisnya.
    4. Jika Anda bosan dengan air biasa, cobalah air soda. Pastikan air soda Anda bebas dari asam sitrat, natrium, gula, dan pemanis buatan.
Baca Juga  Segudang khasiat Vitamin B bagi kecantikan

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terdapat beberapa peraturan mengenai air minum yang aman. Air yang tidak memiliki rasa, bau, warna, bakteri, atau bahan kimia yang tidak dapat diterima dalam kategori air bebas kalori.

Untuk menghindari penyakit akibat meminum air yang terkontaminasi, ingat juga untuk memastikan bahwa air minum Anda layak untuk dikonsumsi dan memenuhi standar higienis. Nikmati manfaat kesehatan dari air minum dengan meminum air secara teratur setiap hari dan melengkapinya dengan gaya hidup sehat yang teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *