Cara Yang Harus Anda Lakukan Untuk Mencegah Virus Varian Omicron

Varian Omicron telah menyebar ke beberapa negara. Ada beberapa upaya untuk memblokir Omicron. Mengingat potensi ancaman varian Omicron, peneliti merekomendasikan vaksinasi segera dan vaksin booster. Tindakan apa yang perlu dilakukan untuk mencegah varian omicron selain vaksinasi? Ingin tahu? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini!

1. Vaksinasi

Kamu tahu? Vaksinasi adalah perlindungan terbaik terhadap infeksi. Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit dan kematian. Tingkat vaksinasi yang lebih tinggi juga mengurangi kemungkinan penyebaran virus corona baru dan berkembang menjadi varian baru, termasuk Omicron. Jika vaksin booster tersedia, ada baiknya memanfaatkannya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperbarui pedoman injeksi booster pada 29 November 2021. Untuk memastikan bahwa semua orang dewasa yang divaksinasi menerima injeksi booster setidaknya 6 bulan setelah dosis kedua vaksin messenger RNA (mRNA) atau 2 bulan . setelah dosis tunggal vaksin Johnson & Johnson.

Kami belajar dari pengalaman masa lalu, versi Delta. Kekebalan vaksinasi melemah seiring waktu. Namun, dengan dosis efek yang direncanakan, Anda dapat membidik versi aslinya. Harapannya adalah untuk memulihkan perlindungan terhadap variasi baru, termasuk Micron. Meskipun varian baru memiliki kelompok mutasi yang unik, tes harus dilakukan untuk menentukan masalahnya.

2. Ikuti aturan setelah perjalanan

Penting juga untuk mematuhi isolasi setelah perjalanan ke luar negeri atau pada saat kedatangan. Jaga jarak saat keluar dari antrian saat masuk atau keluar dari gerobak. Ikuti pedoman COVID-19 dari otoritas setempat saat tiba di bandara, stasiun, dan pelabuhan.

Jika ada aturan karantina setelah perjalanan Anda, ikuti aturan tersebut. Pedoman terbaru dari rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mempersingkat proses karantina dari 10 hari menjadi 5 hari setelah infeksi COVID-19 tanpa gejala. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan pedoman baru ini, hindari melewatkan karantina setelah perjalanan panjang.

3. Cuci tanganmu

Cara mencegah variasi Omicron lainnya dengan mencuci tangan. Kedengarannya sederhana, tetapi berdampak besar ketika Anda mencuci tangan secara teratur. Selain terhindar dari risiko terkena virus, Anda juga bisa mencegah berbagai penyakit. Mencuci tangan dengan sabun secara teratur dapat membunuh bakteri yang masuk melalui tangan Anda. Anda bisa mencuci tangan dengan sabun dan air. Bilas di bawah air mengalir.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Tak kalah pentingnya, perkuat daya tahan tubuh dengan menjaga pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, memperbanyak buah, sayur dan vitamin, serta berolahraga. Pastikan Anda makan secara teratur dan jangan melewatkan waktu makan.

Sementara itu, aktivitas yang bisa dilakukan secara sederhana, seperti yoga, bersepeda, atau hanya berjalan-jalan di sekitar rumah selama 15 menit. Gaya hidup sehat dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda.

5. Kenakan masker

Manfaat menggunakan masker bukanlah hal baru. Namun, disarankan untuk menggunakan masker N95 dan KN95 selama puncak Omicron. Jika terlihat lebih baik bagi Anda, cobalah. Namun, masker medis juga dapat mencegah infeksi. Yang paling penting adalah memastikan Anda menggunakan masker dengan benar dan menutupi mulut dan hidung Anda.

6. Tingkatkan ventilasi

Tahukah Anda bahwa ruangan tertutup dengan AC dapat meningkatkan penyebaran virus dan bakteri. Oleh karena itu, penting untuk mencegah penyebaran internal COVID-19 selama pandemi ini.

Pastikan ventilasi yang baik untuk memungkinkan sirkulasi udara teratur dan sinar matahari. Anda dapat membuka jendela di setiap ruangan untuk ventilasi yang lebih merata dan optimal. Selain itu, ini meningkatkan ventilasi dan penyaringan udara ke mana pun Anda pergi.

7. Jaga jarak dan hindari keramaian

Jika Anda bepergian, pastikan untuk menjaga jarak dan menghindari keramaian untuk mencegah infeksi. Karena kita tidak tahu apakah seseorang itu sehat atau tidak. Organisasi Kesehatan Dunia juga telah meluncurkan petisi untuk memutus penyebaran COVID-19.

8. Lakukan tes Covid-19

Anda dapat melakukan tes PCR untuk mendeteksi virus COVID-19. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, swab yang dikirim ke lab dari tes PCR dapat menunjukkan apakah varian tersebut dapat menyebabkan infeksi yang terlihat seperti Omicron, Delta, atau apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *