Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Kebiasaan Mendekur Saat Tidur

Kebiasaan mendengkur atau mendengkur dalam tidur merupakan masalah umum yang sering terjadi. Bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan gaya hidup, aktivitas, bahkan kondisi kesehatan. Jika Anda mengalami hal ini dan sangat prihatin, ada cara menghilangkan kebiasaan mendengkur secara alami dan mudah dengan berolahraga.

Meski kebiasaan mendengkur tidak dianggap sebagai masalah serius, namun seringkali mengganggu tidur Anda, bahkan untuk orang tersayang. Penyebabnya mungkin karena suara keras yang terjadi saat mendengkur.
Tips menolak kebiasaan mendengkur secara alami bisa menjadi alternatif memerangi mendengkur saat Anda tidur. Ini, tentu saja, mendorong tidur yang baik. Nah langsung saja simak ulasannya tentang cara menghilangkan kebiasaan mendengkur secara alami berikut ini yang dirangkum Kapanlagi.com dari berbagai sumber.

Penyebab mendengkur saat tidur

Sebelum mengetahui cara menghentikan kebiasaan mendengkur, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab mendengkur saat tidur? Oleh karena itu, mengetahui penyebab mendengkur saat tidur bisa dijadikan panduan untuk Anda. Mendengkur saat tidur bisa terjadi karena jaringan tertentu di area tenggorokan yang rileks bergetar saat tidur.

– Obesitas atau kelebihan berat badan meningkatkan risiko mendengkur saat tidur.
– Postur tubuh yang tidak tepat saat tidur, misalnya terlentang.
– Jangan cukup tidur.
– Umum pada pria.
– Kondisi medis tertentu seperti alergi, pilek, atau apnea tidur obstruktif.
– Efek samping minum alkohol.
– Beberapa efek obat.

Kendalikan berat badan Anda – Berolahragalah secara teratur

Setelah kita mengetahui penyebab mendengkur saat tidur, berikut ini adalah ikhtisar cara menghilangkan kebiasaan mendengkur. Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur cukup mudah untuk dipraktikkan dengan rutin berolahraga. Adapun cara menghilangkan kebiasaan mendengkur sebagai berikut.

1. Kontrol berat badan

Seperti pada ulasan sebelumnya, obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab mendengkur saat tidur. Oleh karena itu, cara termudah untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur yang pertama adalah dengan mengontrol berat badan Anda. Jika Anda termasuk dalam kategori kelebihan berat badan, disarankan agar Anda mencoba menurunkan berat badan untuk mencegah mendengkur saat Anda tidur.

2. Berolahraga secara teratur

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang alami selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Olahraga juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mencegah masalah obesitas.

3. Sesuaikan posisi tidur lateral Anda – tegakkan kepala saat Anda tidur

Anda bisa mempelajari cara menghilangkan kebiasaan mendengkur secara alami, dari ulasan di bawah ini. Jadi beberapa link berikut mungkin tips mendengkur termudah yang pernah ada.

4. Atur posisi tidur ke samping

Jika mendengkur disebabkan oleh posisi tidur yang salah, seperti berbaring telentang, Anda bisa mengatasinya dengan mengubah posisi tidur. Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur dengan mengubah posisi tidur, Anda bisa mencoba tidur miring. Tidur miring dipercaya dapat meningkatkan ventilasi.

5. Angkat kepala Anda saat Anda tidur

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur selanjutnya adalah dengan mengangkat kepala saat tidur. Karena dengan cara ini dapat meningkatkan aliran udara di area tenggorokan dan mencegah dengkuran.
Namun perlu diperhatikan, atur posisi kepala tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, agar benar-benar efektif menangani dengkuran saat tidur.

6. Bersihkan lubang hidung Anda – jangan merokok

Membersihkan saluran hidung yang tersumbat dan berhenti merokok bisa dijadikan panduan untuk menghilangkan dengkuran saat Anda tidur. Anda bisa membaca ulasannya pada ulasan di bawah ini.

7. Membersihkan lubang hidung

Menghilangkan dengkuran secara alami dengan membersihkan saluran hidung dapat membantu mencegah dengkuran. Kondisi ini biasanya terjadi saat Anda mengalami masalah kesehatan, seperti pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Karena hidung tersumbat memaksa Anda untuk bernapas melalui mulut, akhirnya bisa menyebabkan mendengkur.

8. Hindari merokok

Untuk mencegah mendengkur saat Anda tidur, cara menghilangkannya secara alami selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Karena merokok seringkali meningkatkan potensi risiko gangguan kesehatan pada tubuh, termasuk kerusakan pada saluran pernapasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *