Sariawan Bukan Hal Sepele Dan Wajib Anda Tau

Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan, yaitu luka atau peradangan yang muncul di bibir atau mulut yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi saat seseorang makan, minum, berbicara atau menggosok gigi. Penyakit ini biasanya tidak menular dan dapat terjadi pada semua usia, terutama pada anak-anak, remaja dan wanita.

Beberapa orang mengalami sariawan yang bervariasi dalam ukuran dan gejala. Ketika gejala stomatitis sangat menyakitkan dan tidak kunjung hilang, beberapa pasien mengira mereka menderita kanker mulut. Untuk mengetahuinya, mari kita lihat beberapa perbedaan antara stomatitis aphthous dan kanker mulut:

Memahami sariawan dan kanker mulut

Sariawan adalah luka atau peradangan yang terjadi pada bagian dalam pipi dan bibir, gusi atau lidah. Itu bisa bulat atau oval, putih atau kuning dengan tepi merah. Bisul bisa menjadi nomor satu atau lebih dan menyebar melalui mulut. Penyakit ini tidak menular dan biasanya berlalu dalam 1-2 minggu.
Sariawan dapat disebabkan oleh satu atau lebih faktor. Penyebab umum sariawan adalah:

• Cedera karena gigitan atau penyikatan yang tidak benar
• Penyakit autoimun
• Infeksi jamur atau bakteri di mulut atau bagian tubuh lainnya.
• Perubahan hormonal, stres, malnutrisi, merokok, faktor genetik

Sariawan disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jaringan abnormal di dalam mulut. Pertumbuhan abnormal ini dapat terjadi pada jaringan dinding mulut, lidah, bibir, gusi, atau langit-langit mulut. Bahkan dapat terjadi pada jaringan kelenjar ludah dan tenggorokan.
Ulkus ulseratif hanya mempengaruhi selaput lunak (mukosa).

Setelah Anda mempelajari beberapa penyebab stomatitis, Anda perlu mengetahui satu hal lagi – fitur-fiturnya. Bisul biasanya terjadi pada selaput lunak (selaput lendir) seperti pipi, lidah, di bawah lidah, bibir, langit-langit mulut sumbing atau di antara bibir dan gusi. Ulkus jarang muncul pada palatum durum dan gusi karena kedua tempat ini merupakan cangkang keras.
Perbedaan antara stomatitis dan kanker mulut adalah kanker mulut dapat tumbuh dan berkembang baik di jaringan lunak maupun keras. Itu bisa tumbuh di bibir, lidah, dinding mulut, gusi dan langit-langit mulut. Kanker mulut dapat menyebar ke tenggorokan dan kelenjar getah bening.

Baca Juga  Berapa lama idealnya saya menyimpan daging di lemari es?

Berbagai bentuk luka

Perbedaan antara stomatitis dan kanker mulut dapat dilihat dari bentuk lukanya. Bisul bisa berbentuk oval atau bulat dengan tepi merah. Bagian tengahnya berwarna putih, kuning atau abu-abu. Saat lidah disentuh, permukaan luka akan halus saat disentuh.
Ciri khas kanker mulut dini biasanya adalah timbulnya pembengkakan di mulut secara tiba-tiba yang tidak kunjung hilang.

Waspadalah terhadap luka yang tak kunjung sembuh

Bisul dapat muncul di lebih dari satu titik pada satu waktu, biasanya berdekatan, dan secara bertahap menyebar membentuk bisul besar. Bisul dapat sembuh dan kemudian kambuh, setiap saat. Meskipun tidak ada obat untuk penyakit ini, penyakit ini dapat disembuhkan dalam waktu sekitar 1-2 minggu.
Hati-hati jika luka tidak sembuh-sembuh selama berminggu-minggu, luka yang berdarah dan tidak kunjung sembuh, apalagi jika disertai demam dan lemas, karena bisa jadi ini adalah gejala awal kanker mulut. Segera dapatkan saran medis dan perawatan lebih lanjut.

Gejala sariawan mulut

Jika seseorang mengidap kanker mulut, biasanya orang tersebut mengalami beberapa gejala. Simak beberapa ciri kanker mulut yang perlu Anda ketahui, antara lain:

• Munculnya benjolan di mulut yang tiba-tiba dan tidak kunjung hilang
• Timbulnya benjolan di kelenjar getah bening leher secara tiba-tiba dan tidak turun
• Nyeri dan kesulitan menelan
• Suara berubah atau pasien mengalami kesulitan berbicara
• Pendarahan atau mati rasa pada mulut
• Berat badan terus menurun tajam
• Gigi tiba-tiba mengendur dan kemudian rontok. Luka akibat kehilangan gigi yang tidak kunjung sembuh
• Rahang sulit digerakkan
• Muncul bintik-bintik merah dan putih di mulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *