Simak Definisi Sariawan Dan Beberapa Penyebabnya

Stomatitis aftosa atau sariawan adalah luka atau peradangan pada bibir dan mulut yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Bisul seringkali dianggap sepele, namun bisa mengganggu saat penderita makan, minum atau berbicara.

Sariawan menjadi salah satu gejala Covid-19 setelah sejumlah orang yang terinfeksi mengalami gejala tersebut.
Namun, ciri sariawan pada Covid-19 mungkin berbeda dengan maag yang biasa terjadi. Berikut ciri-ciri aphthae yang menjadi gejala Covid-19.

“Pertama, sariawan memang salah satu gejala Covid-19. Namun, gejala ini terjadi pada beberapa pasien. Sekitar 6-7 persen. Secara keseluruhan, 20 hingga 25 persen memiliki gejala Covid-19 di mulutnya, penyakit dalam Profesor Zubairi. Jorban mengatakan dalam sebuah tweet akhir pekan lalu.

Zubairi kemudian mengungkapkan bahwa tidak semua orang yang menderita sariawan akan terinfeksi Covid-19. Untuk itu, ia menjelaskan ciri-ciri sariawan pada Covid-19.

Menurut dia, sariawan Covid-19 sering disertai demam, batuk kering, diare, kehilangan penciuman, dan konjungtivitis (gejala radang mata). Jika Anda tidak memiliki gejala ini, itu bukan Covid-19.

“Kalau hanya mengeluh sariawan, ada banyak pilihan. Penderita lupus juga sering sariawan. Juga orang yang terlalu lama minum antibiotik, penderita HIV/AIDS digigit saat makan, kekurangan vitamin C dan penyebab lainnya.” sariawan ,” tulis Zubairi di Twitter.

Zubairi kemudian mengatakan gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat. Kemudian batuk kering dan kelelahan yang tak ada habisnya.

Sementara itu, gejala serius yang paling umum adalah sesak napas, nyeri dada, dada sesak, sulit berbicara, dan sulit bangun dari tidur.

Orang yang memiliki gejala Covid-19 diharapkan segera menjalani tes PCR oleh layanan kesehatan untuk ditangani oleh tenaga kesehatan.

Baca Juga  Simak Cara Menyembuhkan Memar Dan Cedera Olahraga Dengan Berbagai Metode

Bisul biasanya tidak menular. Bisul dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada wanita, remaja, dan anak-anak.

Ciri ciri sariawan

Sariawan dapat muncul di mana saja di mulut, mulai dari lidah, bibir, bagian dalam pipi hingga gusi. Bisul bisa berbentuk oval atau bulat, putih atau kuning dengan batas merah dan bervariasi dalam ukuran dan jumlah. Sariawan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 2 minggu.

Penyebab sariawan

Sariawan dapat disebabkan oleh satu atau kombinasi dari kondisi berikut:
Cedera, seperti karena menggigit atau menyikat gigi yang tidak benar.
Infeksi jamur, virus atau bakteri di mulut atau bagian tubuh lainnya.

• Penyakit autoimun seperti lupus
Kondisi tertentu seperti perubahan hormonal, kekurangan nutrisi, stres, merokok dan faktor genetik.
Sariawan juga bisa lebih sering terjadi pada wanita hamil karena perubahan hormonal selama kehamilan.
Terkadang sariawan bisa menjadi tanda pembengkakan atau kanker di mulut dan lidah. Kondisi ini harus dicurigai jika bisul tidak kunjung sembuh.

Cara mengobati stomatitis

Bisul biasanya tidak memerlukan pengobatan dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Anda dapat mengobati sendiri di rumah untuk menghilangkan rasa sakit, seperti mengompres bagian yang sakit dengan es batu.
Selain itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat menyikat gigi dan menghindari makanan atau minuman yang bisa memperparah sakit maag, seperti makanan pedas.

Jika sariawan tidak hilang, dianjurkan untuk menemui dokter. Dokter Anda akan meresepkan pengobatan tergantung pada penyebab sariawan.
Misalnya, jika sariawan disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, dokter akan meresepkan antibiotik dan obat antijamur. Jika perlu, dokter juga akan meresepkan obat penghilang rasa sakit dan obat antiradang untuk mengurangi keluhan.

Baca Juga  Simak Penjelasan Lengkap Tentang Urne Yang Berbusa

Cara mencegah sariawan

Untuk mencegah maag kambuh, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, yaitu:
• Jaga kesehatan gigi dan mulut Anda
• Sikat gigi dengan benar dan hindari penggunaan pasta gigi berbahan sodium laurel sulfate.
• Periksa gigi dan mulut Anda secara teratur ke dokter gigi
• Kepatuhan dengan diet seimbang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *