Rahasia Di Balik Berndam Air Es Untuk Kesehatan Tubuh

Mandi es memiliki banyak keuntungan
Anda mungkin pernah melihat pertanyaan tentang atlet yang mencelupkan es batu. Anda mungkin akan bertanya mengapa atlet masuk ke es batu. Hal ini biasanya dilakukan oleh para atlet setelah latihan atau latihan.
Ternyata merendam es batu memiliki sejumlah manfaat. Apa pun? Simak ulasan manfaat merendam es batu secara sporty setelah Anda berolahraga.

Bantu tubuh Anda rileks

Berendam dalam es batu ini adalah cryotherapy. Dimana suhu rendah membantu atlet mengurangi rasa sakit atau kelelahan setelah berolahraga. Otot yang tegang rileks pada suhu rendah. Selain itu, proses ini mengurangi pembengkakan yang terjadi pada otot, dan juga membantu melancarkan proses peredaran darah.

Cocok untuk mendinginkan pikiran

Proses ini juga membantu atlet mendinginkan pikiran mereka. Dinginnya es batu akan merangsang saraf stres lainnya dan menimbulkan reaksi baru. Oleh karena itu, jika tubuh dapat beradaptasi dengan baik, ia akan siap menghadapi tantangan ke depan. Ini mungkin tampak menakutkan pada awalnya, tetapi proses ini akan hilang setelah berada di dalam air selama beberapa menit.

Obat alami untuk rasa sakit

Jika Anda mendapatkan memar, ibu kami akan memberi Anda es batu, kan? Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan akibat stroke. Ini juga merupakan metode yang sama dimana es batu adalah obat alami untuk rasa sakit.

Tidak dianjurkan untuk penderita tekanan darah tinggi

Namun tidak semua orang bisa mandi dengan es batu. Orang dengan tekanan darah tinggi dilarang keras. Karena es batu dapat merangsang saraf dan merangsang stres, maka dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Tidak hanya overexposure air es ini menyebabkan hipotermia pada manusia, ketika suhu tubuh turun di bawah rata-rata, akibat ini bisa berakibat fatal. Proses pendinginan ini dilakukan dalam waktu 10-15 menit!

Baca Juga  Cara membesarkan anak agar mudah fokus belajar

Dampak pada kinerja olahraga

Cuaca dapat mempengaruhi kinerja atletik seseorang. Jadi performa bisa terjaga jika bodi bisa menyesuaikan. Proses pendinginan dapat membantu menjaga performa seorang atlet. Dan ini bisa dilakukan dengan menurunkan suhu tubuh sebanyak 1-2 derajat.

Meredakan nyeri otot

Ketika tubuh Anda terkena air dingin, pembuluh darah menyempit dan menyempit.
Saat Anda keluar dari air, perubahan suhu menyebabkan pembuluh darah terbuka kembali, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme otot.

Baik untuk kesehatan mental

Berendam di bak mandi berisi es batu akan membuat tubuh rileks.
Tubuh yang rileks akan membuat pikiran menjadi tenang sekaligus terbebas dari pikiran negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan mental kita.
Para ahli merekomendasikan meditasi dan pernapasan saat berendam dalam es batu untuk mengurangi kecemasan.

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa orang yang sering berenang di air es memiliki sistem kekebalan 30% lebih kuat daripada mereka yang tidak pernah berenang di air es.

Pemulihan cedera

Dan Bowen, NPTI, pemilik Hit Fitness Philadelphia menjelaskan bahwa mandi es dapat menyembuhkan luka lebih cepat.
Air dingin atau es dapat secara efektif meregangkan dan mengembalikan fungsi otot tubuh.
Mempersiapkan tubuh untuk olahraga.
Dan Bowen juga menjelaskan bahwa mandi es dapat menyegarkan tubuh dan mempersiapkan otot untuk kembali berlatih.
Hadirin sekalian, ternyata manfaat berenang di air es sangat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh kita.
Namun, penting untuk diingat bahwa merendam es batu terlalu lama tidak hanya tidak baik untuk tubuh, tetapi juga bisa sangat berbahaya.
Oleh karena itu, sebaiknya tetapkan batas waktu yang dianggap cukup untuk berendam di air es.

Baca Juga  Waspadai Infeksi Virus Varicella Zoster Yang Sebabkan Sakit Herpes Zoster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *