Antisipasi Perjalanan Jauh Jika Anda Alami Mabuk Perjalanan

Siapkan dalam kotak P3K keluarga Anda untuk perjalanan yang mulus dan nyaman.
Sebentar lagi Lebaran. Bagi para ibu yang berencana pulang kampung bersama keluarga, tentunya harus banyak mempersiapkan diri, termasuk kemungkinan mabuk perjalanan yang dialami anaknya.

Mabuk laut adalah mabuk perjalanan yang terjadi ketika seseorang berada di dalam kendaraan. Hal ini terjadi karena anak banyak bergerak di dalam kendaraan yang bergerak. Biasanya ditandai dengan mual, keringat dingin, pucat, yang kemudian berakhir dengan muntah. Situasi ini tentu akan membuat anak merasa gelisah dan tidak nyaman.

Agar perjalanan Anda lebih nyaman, Anda bisa memberikan obat mabuk perjalanan kepada anak Anda untuk mencegah mabuk perjalanan saat bepergian.
Apakah Anda meragukan pilihan obat yang tepat? Simak rekomendasi Popmama.com di bawah ini.

1. Antimo

Antimo adalah salah satu obat mabuk yang sering digunakan untuk mengobati berbagai gejala mabuk perjalanan. Antimo mengandung dimenhydrinate, yang bertindak sebagai antihistamin untuk meredakan mual, muntah, dan pusing.

Ibu bisa memberi anak Antimo Anak dalam bentuk sirup sebelum perjalanan. Meskipun sirup memiliki dua rasa, jeruk dan stroberi, dijual bebas di pasaran, tetapi anak-anak dengan penyakit hati, hipokalemia, hipersensitivitas terhadap antihistamin, retensi urin, glaukoma harus berkonsultasi dengan dokter sebelum digunakan.

2. Dramamine

Dramamine adalah obat yang mengandung dimenhydrinate 50 mg. Obat tablet ini merupakan antihistamin yang berguna untuk meredakan dan mencegah gejala mabuk perjalanan, seperti mual, muntah, dan pusing. Obat ini, yang hanya tersedia dengan resep dokter, dapat diberikan kepada anak-anak setidaknya 30 menit sebelum perjalanan.

Untuk takarannya, dokter biasanya menganjurkan menggunakan seperempat hingga 1 tablet 2-3 kali sehari, tergantung usia anak. Hindari konsumsi berlebihan, terutama pada penderita diabetes tipe 1, gagal jantung berat dan riwayat kanker kandung kemih.

3. Driminate

Mirip dengan dramamine, diminat, yang merupakan antihistamin, dapat digunakan untuk mengobati atau mencegah mual, muntah, dan pusing yang berhubungan dengan mabuk perjalanan. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter, terutama bagi mereka yang menderita penyakit hati atau ginjal, penyakit jantung, penyakit saluran cerna, penderita asma dan anak di bawah 2 tahun.
Untuk hasil terbaik, minumlah Dryminat 30-60 menit sebelum bepergian atau sebelum aktivitas apa pun yang dapat menyebabkan mabuk perjalanan.

4. Omedrinate

Omedrinate adalah obat yang ditujukan untuk pengobatan mual dan muntah yang disebabkan oleh pusing. Selain itu, obat ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati gejala yang terjadi akibat mabuk perjalanan. Meski bisa dibeli tanpa resep, P.T. Mutifa industri farmasi ini tetap harus digunakan sesuai dosis yang tertera pada kemasan.

Anak usia 2-5 tahun dapat diberikan obat ini hingga 12,5-25 mg setiap enam sampai delapan jam. Dosis harian maksimum adalah 75 gram per hari. Sementara itu, anak usia 6-2 tahun dapat mengonsumsi 25-50 mg setiap enam hingga delapan jam, hingga maksimal 100 gram per hari.
Penting untuk dicatat bahwa tidak semua orang dapat menggunakan obat ini. Pasien yang diketahui memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap bahan obat ini sebaiknya tidak menggunakannya.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi obat mabuk perjalanan yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengatasi gejala mabuk perjalanan pada anak. Meski obat-obatan ini cukup membantu menenangkan Anda saat bepergian, kebanyakan dari mereka menimbulkan efek samping seperti rasa kantuk yang berlebihan serta mulut dan hidung yang kering. Karena itu, bacalah dengan cermat petunjuk pada kemasan agar perjalanan keluarga berlalu dengan lancar dan tanpa mabuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *